Menjadi Pramugara ataupun pramugari maskapai Air Asia adalah salah satu profesi yang menjadi primadona bagi kebanyakan orang.

sebab banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menjadi seorang Pramugara atau pramugari.

Sebut saja gaji yang cukup menggiurkan, popularitas di lingkungan pertemanan yang dapat meningkatkan gaya hidup, dan hal-hal lain yang sudah menjadi paket yang didapat dengan menjadi flight attendant.

Salah satu maskapai yang paling menjajikan untuk para flight attendant-nya adalah  Air Asia Indonesia.

Namun, taukah kamu bahwa maskapai AirAsia hanya mengoperasikan pramugara ke Aceh dan tidak disertai dengan pramugari?

pramugara air asia selalu dipakai dalam penerbangana aceh
pramugara selalu dipakai dalam penerbangan aceh

Hal ini dikarenakan adanya peraturan mengenai pramugari berjilbab bagi seluruh maskapai yang mendarat di Aceh.

Peraturan mengenai kewajiban untuk mengenakan hijab ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah Aceh bagi seluruh maskapai yang memiliki penerbangan ke aceh.

Supaya tidak penasaran, baca artikel ini sampai selesai ya.

Mengenal Maskapai AirAsia

Pesawat Air Asia di Bandar Udara International Kuala Lumpur
Pesawat Air Asia di Bandar Udara International Kuala Lumpur

AirAsia, atau nama lainnya Air Asia Berhad merupakan salah satu maskapai penerbangan yang menawarkan pelayanan maksimal dengan harga yang terjangkau asal Malaysia.

Malaysia memang memiliki beberapa maskapai yang memiliki jalur penerbangan di beberapa provinsi di Indonesia. Diantaranya adalah AirAsia dan Firefly.

Maskapai ini memiliki rute penerbangan domestik dan internasional yang terjadwal dengan lebih dari 156 tujuan penerbangan di 25 negara.

Pesawat air asia standar adalah pesawat Airbus A320 untuk penerbangan jarak pendek dan pesawat Airbus A330 untuk penerbangan jarak jauh.

Terdapat beberapa bandara yang menjadi markas dari maskapai AirAsia, diantaranya Bandara Soekarno Hatta di Jakarta, bandara internasional Kuala Lumpur di Malaysia, bandara internasional Don Mueang Bangkok, hingga bandara internasional Kempegowda di India.

Kepopuleran AirAsia sebagai salah satu maskapai unggulan di Asia sudah tidak perlu diragukan.

Pasalnya pada tahun 2007, salah satu media ternama asal Amerika Serikat, New York Time memberikan predikat pionir perjalanan murah dan berkualitas di Asia kepada maskapai AirAsia.

Selain itu, AirAsia juga beberapa kali didapuk menjadi sponsor event-event besar seperti Official Partner Sea Games dan Asean Para Games 2017, sponsor utama klub Manchester United, dan beberapa klub besar lainnya seperti Quens Park Ranger.

Aturan Mengenai Pramugari Berhijab Dan Jawaban Air Asia

Pada tahun 2018, Aturan pramugari wajib berhijab diterapkan oleh Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Kini, setiap maskapai penerbangan yang singgah atau transit di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, harus memperhatikan busana pramugarinya.

Sebelumnya, pemerintah setempat menerbitkan surat edaran mengenai kewajiban memakai busana muslimat atau keharusan bagi pramugari wanita muslim untuk mengenakan hijab bagi tiap maskapai penerbangan.

Aturan yang dikeluarkan salah satu provinsi di indonesia yang mayoritas penduduknya adalah umat islam ini adalah aturan mengenai pramugari wajib berhijab dan tertulis pada surat bernomor 451/65/2018.

Surat ini ditandatangani Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, dan diterbitkan pada Kamis, 18 Januari 2018.

Dalam surat tertulis himbauwan bagi seluruh maskapai agar menghormati syariat Islam yang berlaku di Aceh.

Bupati aceh menghimbau seluruh pramugari wanita muslim  untuk mengenakan hijab selama di bandara maupun di pesawat.

Penerbangan Aceh Wajib Mengikuti Syariat Islam

Selanjutnya, Qanun Aceh Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam di Bidang Aqidah, Ibadah, dan Syiar Islam, dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh.

Oleh karena itu, dimintakan kepada seluruh maskapai penerbangan yang memasuki wilayah Aceh Besar agar melakukan hal-hal tersebut. Seperti menaati segala peraturan dan UU Syariat Islam,” demikian bunyi salah satu poin dalam surat edaran tersebut.

Surat ini diedarkan untuk seluruh maskapai yang memiliki jalur penerbangan ke provinsi Banda Aceh. Pemerintah Banda Aceh berharap agar dengan adanya peraturan pramugari berhijab ini, akan menjaga dan menegakan syariat islam

Baik itu untuk maskapai dalam negeri seperti Garuda indonesia, dan juga untuk maskapai luar negeri seperti AirAsia dan Firefly.

Untuk menjawab permintaan ini, maskapai Air Asia menyatakan bahwa untuk sementara semua penerbangan AirAsia dari dan ke Aceh akan dioperasikan oleh awak kabin lakilaki.

AirAsia mengakui peraturan yang diberlakukan oleh otoritas wilayah Aceh. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa operasi kami sesuai dengan itu,” ujar seorang pejabat di AirAsia dalam pernyataan yang dikutip The Star.

penerbangan aceh
Air Asia Mengakui Peraturan yang diberlakukan oleh otoritas wilayah Aceh Dengan Mengirimkan Pramugara Untuk Penerbangan Ke Aceh

Hal ini akan tentunya menjadi peluang bagi para pemuda yang ingin menjadi pramugara dan ingin berkarir di maskapai AirAsia.

Karena pastinya, AirAsia memerlukan banyak pria untuk memenuhi kuota pramugara untuk penerbangan ke Aceh

Tampilan Pramugari dan Pramugara Air Asia

seragam air asia
Tampilan Pramugari dan Pramugara Untuk Penerbangan Internasional Air Asia

Berseragam rapih tentu saja menjadi kewajiban bagi semua awak kabin penerbangan. Hal ini pula yang dilakukan kru dari maskapai penerbangan Air Asia.

Sebagai info, ada 3 varian seragam untuk awak kabin  AirAsia yaitu seragam pramugari dan seragam pramugara standard, seragam akhir pekan, serta yang paling baru adalah seragam untuk mencegah penyebaran pandemi Corona atau COVID-19.

Untuk seragam pramugari standard, AirAsia memadukan antara kemeja, blazer merah sepanjang siku dan rok yang membuat penampilan para pramugari Air Asia terlihat rapi, elegan dan modis.

Sementara untuk para pramugara, menggunakan kemeja hitam yang disempurnakan dengan celana berwarna senada.

Seragam Pramugari dan Pramugara Air Asia
Seragam Pramugari dan Pramugara Air Asia

Untuk seragam akhir pekan, maskapai AirAsia memadukan antara kemeja merah dan celana jeans agar membuat seragam pramugari Air Asia terlihat lebih kasual dan santai.

Sementara untuk para pramugara, menggunakan kemeja hitam dan jeans.

Dan yang terbaru, untuk mencegah penyebaran wabah Corona atau COVID-19, para pramugara dan pramugarinya menggenakan seragam yang terinspirasi dari APD (Alat Pelindung Diri) yang diberlakukan oleh otoritas pusat AirAsia.

Hal ini juga dikarenakan AirAsia Indonesia sangat menjaga agar pramugari dan pramugaranya tidak positif Corona selama melaksanakan tugasnya. Jika terindikasi positif Corona, para pramugara dan pramugari airasia akan langsung dibawa ke rumah sakit rujukan COVID19 untuk menjalani perawatan.

air asia covid19
Seragam Pramugari dan Pramugara Air Asia Dalam Mencegah Penyebaran Virus COVID-19

Untuk maskapai AirAsia, ada sedikt pemandangan yang berbeda dengan perusahaan penerbangan lain seperti maskapai Garuda Indonesia, dan lain sebaginya dalam segi penampilan para awak kabinnya.

Misalnya untuk pramugari maskapai Garuda IIndonesia, pramugari Sriwijaya air dan pramugari Citilink, pasti memiliki penampilan dengan gaya rambut yang dicepol dan tidak boleh digerai.

perbandingan pramugari
Perbandingan antara pramugari garuda indonesia, pramugari lion air, pramugari sriwijaya air, dan pramugari AirAsia

Namun, hal ini berbeda dengan pramugari Air Asia. Di AirAsia Indonesia, pramugarinya diijinkan untuk menggerai rambutnya asalkan tetap terlihat rapih.

Keuntungan Menjadi Pramugara dan pramugari Air Asia

Perkembangan Air Asia Indonesia bisa dibilang sudah sangat baik.

Ramainya penumpang yang menggunakan AirAsia sebagai maskapai untuk melakukan perjalanan domestik maupun mancanegara menyebabkan Air Asia Indonesia membuka fasilitas Auto Bag Drop di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Nah, berikut kita akan membahasa beberapa keuntungan menjadi pramugara dan pramugari maskapai Air Asia

Gaji Yang Menggiurkan

Untuk urusan gaji, peraturan dari masing – masing maskapai tentunya berbeda. Gaji antara pramugari Garuda Indonesia dengan pramugari Citilink tentu saja berbeda. Sama halnya dengan pramugari Air Asia dengan pramugari Lion Air

Maskapai Air Asia sendiri memberikan gaji kepada para pramugara yang bertugas di pesawat Air Asia sesuai dengan jenjang karir masing – masing.

Pramugara Junior yang memiliki jam terbang serta waktu bekerja yang masih sedikit tentunya memiliki gaji yang berbeda dengan para pramugara senior yang memiliki jam kerja lebih banyak.

Untuk gaji pokok dari para pramugari dan pramugara junior di maskapai AirAsia sendiri adalah sekitar Rp. 3.000.000 per bulannya.

Akan tetapi, itu hanya gaji pokok. Belum juga ditambah tunjangan per jam, bonus, dan lain –  lain yang akan diterima para pramugara AirAsia.

Perusahaan AirAsia sendiri menganut konsep FATA (flight allowance and travel allowance). Dimana para pramugara junior akan dibayarkan sesuai jam kerjanya.

Dari hanya hitungan jam kerja seorang pramugara, kita sudah bisa mengetahui kisaran penghasilan dari seorang pramugara AirAsia.

Bayangkan saja, jika dalam 1 hari seorang pramugara dan pramugari maskapai Air Asia memiiki 6 jam kerja. Ditambah dengan bayaran untuk waktu tunggu selama dibandara, uang makan, uang kerajinan, uang landing, uang RON (Remain Over Night), uang  hotel, dan beberapa bonus lainnya.

Jika kita hitung-hitung, dalam satu bulan, seorang pramugara junior dari maskapai AirAsia sudah dapat mengantongi 8 juta hingga 12 juta per bulan.

Tentu nominal tersebut sangat menggiurkan, bukan? 

Pekerjaan Prestigious

Menjadi seorang pramugara merupakan salah satu pekerjaan yang bergengsi dikalangan anak muda dan masyarakat. Bisa dikatakan bahwa menjadi pramugara merupakan Dream Job  bagi sebagian besar anak muda.

Image pramugara yang seksi, maskulin, dan berwibawa ini menyebabkan banyak orang mengagumi pekerjaan yang satu ini.

Dengan mengenakan seragam yang rapih selama jam kerja, akan menaikan rasa percaya diri kamu dan juga kesan Cool.

Bayangkan saja, jika kamu menjadi seorang pramugara, kamu bukan hanya mendapatkan gaji yang fantastis tapi juga menjadikan kamu pusat perhatian di kalangan para Ladies loh, Guys!

Sudah menjadi hak paten bahwa seorang pramugara pasti digandrungi oleh banyak wanita cantik.

Besar kemungkinan kamu akan menemukan jodoh yang sejawat seperti seorang pramugari maskapai AirAsia. Sangat menarik bukan?

Fasilitas – Fasilitas Yang Fantastis Bagi Pramugari dan Pramugara Air Asia

Ada banyak fasilitas yang akan kamu dapatkan dengan menjadi seorang pramugara AirAsia.

salah satu yang selalu menjadi fasilitas yang diutamakan adalah asuransi kesehatan yang mengakomodir segala kebutuhan dari pramugara dan pramugari AirAsia.

Apalagi ditengah pandemi Corona seperti saat ini. Keselamatan seluruh awak kabin maskapai penerbangan AirAsia tentunya sangat diperhatikan. ha ini dimaksudkan agar tidak ada awak kabin yang sakit selama menjalankan tugasnya

Selain itu ada banyak fasilitas lain seperti, peluang untuk mendapatkan karir yang lebih tinggi di masa depan, mendapatkan kupon untuk terbang gratis setiap tahun, asuransi kesehatan beserta tunjangan jika sakit, cuti untuk liburan, dan lainnya.

Selain mendapat fassilitas, seorang pramugara AirAsia juga akan mendapatkan penghargaan loyalitas bagi pra pramugara yang berprestasi.

Ada juga THR tiap tahun yang nominalnya sudah pasti besar, asuransi kecelakaan, subsidi makan dan minum serta beberapa bonus menarik lainnya bagi para pramugara yang memiliki kualitas serta jam terbang yang tinggi.

Masa Kontrak Kerja Yang Panjang

Ini merupakan salah satu keunggulan dari maskapai AirAsia. Dengan menjadi pramugara di maskapai AirAsia, kamu akan memiliki masa kerja yang terbilang lebih lama dibandingkan dengan maskapai lainnya.

Maskapai AirAsia memberikan kesempatan untuk pramugara yang usianya sudah di atas 35 tahun untuk menyambung karirnya.

Tentu saja sangat menguntungkan sekali bagi kamu yang ingin berlama-lama menjadi pramugara. Karena, maskapai – maskapai lain memiliki masa kontrak kerja yang terbilang cukup sebentar sebagai flight attendant.

Tips Untuk Menjadi Seorang Pramugari / Pramugara Air Asia

Dengan berbagai keuntungan yang kamu dapatkan jika menjadi seorang pramugara di maskapai AirAsia, apakah kamu tertarik untuk bergabung?

Jika jawabanya adalah ya, kamu harus tau beberapa tips agar kamu dapat lolos di seleksi Pramugara dan pramugari AirAsia.

Memiliki Keberanian

Dalam setiap pekerjaan, pasti ada resiko yang harus ditanggung oleh para pekerjanya.

Jika berbicara tentang resiko menjadi seorang pramugara, sudah menjadi umum bahwa pekerjaan yang satu ini memiliki resiko yang sebanding dengan segala keuntungan yang diterima.

Menjadi seorang pramugara yang profesional berarti kamu harus rela meluangkan waktu lebih banyak diatas pesawat dibandingkan dirumah.

Selain itu, resiko menjadi seorang flight attendant juga sangat besar hingga beresiko kehilangan nyawa sementara bertugas.

Maka dari itu, untuk menjadi seorang pramugara maskapai penerbangan harus memiliki keberanian yang besar.

Pramugara Harus Ceria

Ceria merupakan salah satu kewajiban yang harus dimiliki oleh para pramugara dari seluruh maskapai penerbangan. Apalagi untuk maskapai sekelas AirAsia.

Alasanya adalah karena para pramugara harus memperlihatkan kenyamanan dan kecerian selama penerbangan bagi para penumpangnya.

Karena berdasarkan banyak penelitian, sifat seseorang dapat mempengaruhi mood serta kinerja bagi orang yang ada disekitarnya.Jika seorang pramugara menunjukan bahwa ia sedang ada dalam masalah, maka ini bisa mempengaruhi kinerja dari para pramugara lainnya.

Selain itu dengan menunjukan keramah-tamahan bagi para penumpang, ini dapat menjadikan penerbangan terasa menyenangkan dan lebih aman.

Jadi, kalau kamu adalah tipe orang yang ceria, maka menjadi seorang pramugara cocok dengan kamu.

Memiliki Tekad Yang Kuat

Untuk menjadi seorang pramugara, kamu harus memiliki tekad yang kuat. Karena untuk berhasil menjadi pramugara yang profesional di maskapai AirAsia, kamu nantinya akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang dari berbagai penjuru daerah.

Karena banyak peminatnya, seleksi untuk pramugara AirAsia tentunya akan sangat ketat. Maka dari itu, kamu harus memiliki tekad yang kuat, ya. Agar mimpi kamu menjadi seorang pramugara AirAsia dapat terwujud.

Memiliki Kepribadian yang Menarik

Tentunya untuk menjadi seorang pramugara dari maskapai sekelas AirAsia, kamu harus memiliki kepribadian yang menarik. Mulai dari ramah, ceria, pantang menyerah adalah keharusan yang dimiliki oleh seorang pramugara. Tentunya seorang pramugara juga harus memiliki tampilan yang menarik.

Hal ini bukan berarti harus memiliki wajah yang tampan, tubuh yang tinggi hingga 190 Cm, ya.

Akan tetapi, kamu harus menunjukan bahwa kamu itu rapih.

Dari cara berpakaian, cara berbicara, hingga cara berjalan kamu harus menunjukan bahwa kamu adalah kandidat yang sangat cocok untuk menjadi seorang pramugara.

Memiliki kemampuan berbahasa asing

Menjadi seorang pramugara di AirAsia, kamu dituntut agar bisa berbicara dalam bahasa asing. Tidak perlu banyak-banyak, kok.

Cukup dengan fasih berbahasa inggris saja sudah menjadi standard. Akan tetapi, jika kamu mampu lebih dari 1 bahasa asing.

Pastinya akan menjadi poin lebih.Karena setelah lulus seleksi nanti, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang tentunya bukan hanya berasal dari Indonesia. Apalagi jika kamu memiliki rute penerbangan internasional. 

Bocoran Seleksi Untuk Menjadi Pramugara Air Asia

Nah, kali ini akan kita berikan sedikit bocoran untuk seleksi pramugara AirAsia. Ini merupakan salah satu topik yang paling sering dicari banyak pemint pramugara dan pramugari.

Selain dari menyiapkan surat lamaran dan menyiapkan diri, kami juga akan memberikan bocoran mengenai apa saja seleksi untuk masuk menjadi pramugara dan pramugari AirAsia tersebut.

Pengukuran Tinggi Badan Dan Berat Badan

Setelah melakukan registrasi, tes awal untuk menjadi pramugara AirAsia adalah pengukuran tinggi dan berat badan.

Dilansir dari website resmi beberapa maskapai dan juga lowongan-lowongan menjadi pramugara maskapai penerbangan AirAsia, standard tinggi badan minimalnya adalah 170 cm.

Selain itu, kamu juga harus memiliki berat badan yang ideal dengan tinggi badan.

Salah satu cara umum yang digunakan adalah dengan menghitung index massa tubuh. Jadi jangan sampai kamu memiliki berat badan yang overweigth atau underweight, ya. 

Interview

Setelah lulus tes pertama, tes selanjutnya adalah interview. Biasanya untuk tes interview, kamu akan dites mengenai kemampuan kamu dalam menerangkan sesuatu, pengetahuan umum, bahasa asing, serta alasan untuk menjadi seorang pramugara.

Biasanya dalam interiew, kaian akan diminta untuk memperkenalkan diri kamu dengan bahasa asing yang kamu kuasai, menjawab pertanyaan seputar dunia penerbangan, dan lain sebagainya.

Sedikit tips, pastikan kamu menunjukan kesan ramah dan percaya diri dalam menjalani tes interview ini agar menjadi poin lebih untuk kamu. 

Tes Bahasa Inggris

Jika kamu lulus tes interview, akan ada undangan di email ataupun dihubungi langsung dari pihak maskapai AirAsia untuk lanjut ke tes berikutnya.

Dalam tes bahasa inggris, kamu akan berhadapan dengan tes TOEIC. Durasi waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes ini adalah kurang lebih 1 jam.

Namun, jangan terlalu takut dalam menghadapi tes yang satu ini. Karena tesnya sama seperti tes bahasa inggris dasar. 

Akan tetapi, lebih baik kamu coba cari informasi mengenai tes TOEIC dan contoh soalnya di internet terlebih dahulu. Agar lebih siap untuk menghadapi tes Bahasa inggris ini 

Psikotest

Tes berikutnya adalah test psikologi atau yang lebih dikenal dengan pskiotest. Dalam tes ini tidak ada jawaban yang benar maupun salah. Semua pertanyaan yang diberikan akan menilai kepribadian kamu.

Jadi isi dengan jujur dan tetap tenang ya. 

Pantukhir

Jika kamu lolos di tes sebelumnya, akan ada tes terakhir yang menentukan apakah kamu akan diterima menjadi seorang pramugara dari maskapai AirAsia.

Biasanya, dalam pantukhir, akan dibagi menjadi dua sesi. Yaitu pengcekan grooming serta yang paling utama, interview langsung bersama jajaran direksi.

Di sesi pengecekan grooming ini, kamu akan dinilai cara berpakaian, hingga kerapihan pribadi kamu. Sedikit tips, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri serapih dan sebaik mungkin sebelum ikut tes ini.

Setelah sesi cek grooming, akan diadakan sesi interview bersama 4 orang direksi AirAsia. Dalam interview ini, kamu harus mempersiapkan diri dan knowledge kamu dengan baik.

Biasanya interview akan dilakukan dengan menggunakan bahasa inggris. dan jangan lupa untuk tetap senyum serta jangan grogi, ya.

Solusi Pasti Menjadi Pramugari / Pramugara Air Asia

Pramugara Air Asia
Pramugara dan Pramugari AirAsia

Setelah membaca sebuah artikel mengenai pramugara dan pramugari, biasanya akan ada sebuah pertanyaan. yaitu

“Bagaimana caranya menjadi pramugara dan pramugari?”

“Apakah ada sekolah atau lembaga pelatihan yang bisa membantu mewujudkan mimpi saya untuk menjadi seorang awak kabin profesional?”

Jika pertanyaan itu terbesit dalam pikiranmu, kami memiliki informasi menarik untuk kamu.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk dapat masuk ke maskapai AirAsia sebagai pramugari dan pramugara. Misalnya dengan mengikuti seleksi langsung dan lewat job fair yang sering diadakan.

Selain itu, ada salah satu institusi yang dapat membantu kamu untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjadi pramugara dari maskapai AirAsia. Yaitu dengan bergabung dengan sekolah pramugari dan pramugaria seperti Java Aviation Academy.

Java Aviation Academy Dapat “Membantu” Menjadi Pramugara

Java Aviation Academy adalah sekolah pramugari dan pramugara yang sudah memiliki kiprah yang baik serta segudang pengalaman dalam dunia penerbangan.

alumni java aviation academy
alumni java aviation academy

Alumni java aviation bersama tim pengajar java aviation sudah memiliki pengalaman lebih dari 20th di dunia penerbangan yang tentunya akan membantu kamu agar menjadi seorang pramugara yang berkualitas.

Java Aviation Academy telah lama berdiri dan juga telah banyak meluluskan alumni yang kini bekerja di berbagai maskapai penerbangan Indonesia seperti Maskapai Garuda Indonesia, maskapai penerbangan AirAsia, dan masih banyak lagi.

Selain membantumu dalam membekalimu akan pengetahuan untuk menjadi bagian dari maskapai AirAsia Indonesia.

Java Aviation Acdemy akan mengasah kemampuanmu dalam bidang flight attendat.

Penutup

Tentunya, dengan pembahasan diatas, kalian pasti sudah paham alasan kenapa Pesawat Air Asia hanya dioperasikan oleh awak kabin lakilaki atau pramugara untuk penerbangan Ke Banda Aceh?

Selain itu, diatas kami juga sudah menjelaskan beberapa tips dan bocoran tes agar kamu dapat menjadi seorang pramugara yang profesional.

Dengan mengetahui beberapa tips diatas, diharapkan agar kamu tetap semangat dalam menggapai mimpimu untuk menjadi seorangpramugari atau pramugara di maskapai AirAsia

Java Aviation Academy akan membantumu semakin dekat untuk menjadi seorang awak kabin di pesawat AirAsia bersama sekolah pramugari dan pramugara terbaik.

sekedar mengingatkan, selain mempersiapkan surat lamaran serta segala berkas-berkasnya, pastikan kamu juga mempersiapkan diri dengan baik ya.

Mulai dengan menjaga kebugaran tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat dan berolahraga, dan juga belajar mengenai basic-basic pengetahuan dunia penerbangan.

jika masih belum yakin, hubungi kami. ya!

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat