Seorang pramugari yang bertugas melayani penumpang, selalu dituntut memiliki penampilan yang menarik. Oleh karenanya, seragam pramugari sangat berpengaruh dan merupakan hal yang penting.

Masing-masing maskapai penerbangan memiliki aturan dan tata cara berpakaian khusus untuk setiap pramugarinya. Seragam pramugari bisa menjadi ciri khas dari maskapai penerbangan.

Seragam pramugari memang dirancang unik dan menarik. Selain mudah diingat, baju pramugari yang unik dan menarik akan memberikan kesan tersendiri untuk maskapai penerbangannya.

Nah, tidak hanya untuk terlihat menarik saja loh. Seragam awak kabin wanita juga dirancang untuk kenyamanan dari setiap pramugarinya. Sebab, kenyamanan pramugari dalam berpakaian akan mempengaruhi kinerja dari pramugari.

Awak kabin yang harus lincah, cepat dan tanggap membutuhkan seragam yang nyaman dikenakan. Sehingga tidak mengganggu ruang gerak dari pramugari.

Berikut ini adalah beberapa seragam pramugari Indonesia yang sangat menarik.

Seragam Pramugari Lion Air

Lion Air merupakan salah satu maskapai yang memberikan seragam unik untuk pramugarinya. Nah, seragam pramugari Lion Air ini mengusung konsep Cheongsam. Cheongsam merupakan dress khas china yang terlihat elegan.

seragam pramugari lion air
lion air

Kombinasi warna seragam pramugari Lion Air didominasi warna merah, biru dan putih. Tentunya, warna-warna yang dibubuhkan dalam seragam mereka sangat  berkaitan dengan logo Lion Air.

Uniknya, seragam pramugari Lion Air ini dirancang  sendiri oleh pendirinya, tanpa campur tangan perancanng busana loh.

Seragam Khas Batik Air

Walaupun merupakan anak perusahaan dari Lion Group. Seragam pramugari Batik Air dengan Lion Air juga sangat berbeda.

Pramugari Batik Air akan mengenakan kebaya bewarna putih untuk atasannya. Ada dua macam model kebaya yang digunakan, yang pertama adalah kebaya encim berkerah V, sementara satu lagi kebaya berkerah bulat.

seragam pramugari batik air
batik air

Model kebaya yang dikenakan pramugari Batik Air hampir sama dengan dress model Cheongsam ala Lion Air.

Sementara itu, bagian bawahnya, pramugari Batik Air mengenakan songket panjang. Uniknya, awak kabin cantik Batik Air ini mengenakan songket manado atau biasa disebut Kaeng Manado. Songket ala pramugari Batik Air ini didominasi oleh warna ungu.

Seragam Anggun Sriwijaya Air

Sriwijaya Air merupakan salah satu maskapai penerbangan Indonesia yang juga memiliki seragam khas yang unik. Seragam pramugari pesawat Sriwijaya ada dua macam, yang pertama adalah dress bewarna merah dengan ornamen garis warna oranye.  Satu lagi dress berwarna ungu dengan ornamen garis warna hijau.

seragam pramugari sriwijaya air
sriwijaya air

Pramugari Sriwijaya Air dipercantik dengan dress yang memiliki potongan lengan 3/4 serta kerah V. Sementara bawahannya mengenakan rok panjang dengan belahan dan lipatan sampai lutut kaki untuk memudahkan geraknya. Ditambah dengan hijab bewarna biru bagi pramugari Sriwijaya Air yang berhijab.

Seragam pramugari Sriwijaya juga diberikan aksen dengan Motif Batik mirip Truntum, Sementara itu pada bagian garis kerah dan rok dihiasi dengan batik bermotif lambang Sriwijaya Air.

Seragam Pramugari NAM Air

Awak kabin wanita NAM Air memiliki seragam unik berupa kaus polos lengan pendek yang berwarna biru cerah dengan celana panjang warna biru dongker.

Untuk membuatnya terlihat semakin menarik, awak kabin cantik milik NAM Air akan menggunakan luaran berupa blazer bewarna biru dongker senada dengan warna celananya. Blazer yagn dikenakan memiliki aksen garis biru yang cerah.

seragam pramugari nam air
nam air

Uniknya, pakaian pramugari pesawat NAM Air dilengkapi dengan topi yang berbentuk seperti peci dengan aksesoris berupa logo sayap. Tidak hanya itu, untuk membuat pramugari NAM Air semakin modis, mereka menggunakan scraft bermotif batik.

Bagaimana baju seragam pramugari NAM Air yang berhijab? Sedikit berbeda dengan pramugari yang tidak berhijab, untuk pramugari berhijab mengenakan baju lengan panjang ditambah jilbab bewarna biru. Walau begitu, topi ala pramugari NAM Air tetap dikenakan.

Seragam Pramugari Wings Air

Seragam pramugari maskapai Wings Air cukup berbeda dari maskapai lainnya.

Awak kabin wanita Wings Air akan mengenakan seragam berupa dress berpotongan lengan pendek ditambah dengan kerah model boat neck.

wings air
wings air

Pramugari Wings Air semakin cantik dan menarik mengenakan legging atau stocking hitam yang juga membuatnya terlihat lebih sopan.

Uniknya, pakaian khas Wings Air ini dilengkapi dengan aksesoris berupa aksen belt hitam besar yang melingkari pinggang. Sehingga membuat kostum ala mugari Wings Air ini semakin modis dan stylish loh.

Seragam Pramugari Air Asia

Pramugari Air Asia sederhana saja namun tetap menarik. Pramugari Air Asia mengenakan kemeja bewarna putih dibalut dengan blazer merah sepanjang siku.

airasia
airasia

Untuk bawahannya, pramugari dari maskapai yang identik dengan warna merah ini mengenakan rok sepanjang lutut yang juga bewarna merah. Tentunya, dengan penampilan yang sederhana itu, pramugari Air Asia tetap terlihat rapi, elegan namun tetap modis.

Seragam Pramugari Citilink

Maskapai Citilink juga memperhatikan seragam pramugarinya. Pramugari maskapai Citilink memiliki 2 macam pakaian dengan warna berbeda yaitu hijau tua dan hijau cerah.

Ternyata perbedaan warna seragam pramugari Citilink ini memiliki arti.

Warna hijau tua akan dipakai pramugari senior, sementara itu warna hijau muda dikenakan oleh pramugari junior.

citilink
citilink

Pramugari Citilink dipercantik dengan blazer dan rok span yang mereka kenakan. Ditambah dengan aksen ikat pinggang atau belt yang membuat penampilan mereka semakin modis.

Uniknya lagi, seragam pramugari Citilink ini memiliki motif Gurdo Aji yang memiliki makna anak burung garuda yang terbang. Hal ini dibuat berkenaan dengan profil maskapai Citilink yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia.

Sementara itu, pramugari Citilink yang mengenakan hijab memiliki sedikit perbedaan. Selain mengenakan hijab khas hijau muda dengan anak hijab bewarna hijau tua, pramugari Citilink mengenakan baju setelan lengan panjang dan menggunakan celana panjang.

Seragam Pramugari Garuda Indonesia

Seragam Garuda Indonesia tentunya tidak kalah menarik. Maskapai Indonesia yang termasuk dalam penerbangan bintang lima ini menunjukkan identitas dari Garuda Indonesia.

Pramugari Garuda Indonesia menggunakan kebaya bermotif batik yang disebut Lereng Garuda. Motif Batik Lorong Garuda ini mirip dengan corak Parang Gondosuli. Seragam pramugari ini memberikan kesan yang anggun dan elegan bagi pramugarinya sesuai dengan filosofi dari corak Parang Gondosuli yaitu sinar kehidupan yang harum.

garuda indonesia
garuda indonesia

Sebagai informasi, seragam pramugari Garuda Indonesia yang anggun ini didesain oleh desainer ternama yaitu Obin. Eits.

Baju pramugari Garuda Indonesia dibedakan menjadi 4 macam warna yaitu biru, hijau toska, jingga dan ungu. Uniknya, keempat warna ini diadopsi dari warna alam yaitu laut, langit, kayu dan tanah.

Tentunya, perbedaan warna seragam pramugari Garuda memiliki filosofi tersendiri loh. Apa saja itu?

Seragam berwarna biru melambangkan karakter yang mantap, langgeng dan terpercaya. Warna hijau toska dipilih sebagai pelambang nuansa tropis yang segar dan identik dengan warna Garuda Indonesia. Warna jingga adalah warna yang  menunjukkan kehangatan dan keramahan khas Indonesia. Sedangkan warna ungu menandakan keanggunan dan kedewasaan dari seorang figur wanita Indonesia.

Tidak hanya itu, perbedaan warna ini dipakai sesuai dengan jabatannya loh. Seragam warna biru akan dipakai oleh Flight Service Manager, sementara itu warna hijau, ungu dan jingga dipakai oleh mugari yang bertugas saat itu.

Nah, itu seragam pramugari dari beberapa maskapai penerbangan terkenal di Indonensia. Pakaian flight attendant dari beberapa penerbangan luar negeri juga menarik misalnya Hawaiian Airlines, Air France, Air New Zealand dan lain-lain.

Walaupun memiliki seragam yang berbeda-beda.  Semua awak kabin wanita akan terlihat cantik dan menarik mengenakan seragam khas maskapainya masing—masing. Ditambah lagi sikapnya yang dituntut untuk santun, tentunya akan menarik perhatian setiap mata.

Ini nih 7 Syarat Utama Menjadi Pramugari. Kamu harus baca.

Bagaimana? Apa kamu tertarik dengan seragam pramugari khas maskapai-maskapai di atas? Ingin merasakan sensasi berjalan dengan anggun menggunakan seragam yang elok di gang pesawat terbang? Tentu bisa.

Bersama Kami, Java Aviation  Academy

Kami adalah sekolah pramugari Indonesia yang telah banyak melahirkan pramugari profesional yang bekerja di berbagai maskapai Indonesia, termasuk beberapa maskapai di atas.

java aviation academy terbukti
java aviation academy terbukti menjembatani siswa-siswi ke airlines

Kami akan memberikan pendidikan pramugari terbaik sebagai bekalmu untuk menepati posisi sebagai pramugari . Kamu akan memperoleh berbagai program dan fasilitas yang akan mendukung kompetensi dan skillmu dalam dunia penerbangan.

Bila telah bergabung bersama kami, maka kamu bebas memilih seragam pramugari khas maskapai mana yang kamu sukai. Sebab, kami siap menjembatanimu untuk menjadi pramugari dari maskapai impianmu itu.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat