Pendaftaran Sekolah Pramugari, Tips Menyiapkan Dokumen Untuk Pendaftaran Sekolah Pramugari

Pendaftaran sekolah pramugari sudah dibuka lagi, kini saatnya Anda bergabung menjadi siswa sekolah pramugari dan wujudkan impian Anda berkarir di dunia penerbangan. Seorang pramugari memiliki image  profesional, berkelas, serta ramah dan anggun. Bagaimana tidak? Itu memang sudah menjadi tuntutan kerja. Sehingga, para pramugari banyak sekali disukai masyarakat terlebih tugas dan tanggungjawabnya yang mulia, mengantarkan penumpang ke tempat tujuan dengan aman dan nyaman.

Pendaftaran Sekolah Pramugari, Tips Menyiapkan Dokumen Untuk Pendaftaran Sekolah Pramugari

Tips Menyiapkan Dokumen Pendaftaran Sekolah Pramugari

Lalu apa saja syarat-syarat umum menjadi seorang pramugari? Berikut ini beberapa syaratnya;

  • Wanita
  • Pendidikan minimal SMA/sederajat
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berpenampilan menarik
  • Tinggi badan minimal 160 cm
  • Memiliki bentuk tubuh yang proporsional
  • Memiliki berat badan yang ideal
  • Bisa berkomunikasi dengan baik
  • Belum pernah menikah

Jika saat ini Anda sedang berencana untuk mengikuti pendaftaran sekolah pramugari, berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan saat sedang mempersiapkan persyaratan, semoga membantu!

Catat Dokumen Apa Saja Yang Harus Disertakan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah catat dokumen apa saja yang harus disertakan. Pastikan tidak ada satu dokumen pun yang terlewat, jika tidak, bisa fatal akibatnya. Catatan sangatlah membantu, buatlah ceklis dokumen apa saja yang sudah siap dan belum siap. Sehingga, Anda bisa dengan mudah mempersiapkan semua dokumen yang hendak digunakan untuk pendaftaran sekolah pramugari. Berikut ini beberapa dokumen yang umumnya harus dipersiapkan untuk mendaftar sekolah pramugari.

  • Curiculum vitae (asli)
  • Fc kartu tkamu pengenal (KTP)
  • Fc SKCK
  • Fc akta kelahiran
  • Fc kartu keluarga
  • Fc ijazah pendidikan terakhir
  • Foto berwarna yang memiliki background merah (1 lembar foto seluruh badan dengan ukuran postcard, serta 1 lembar foto ukuran 3 x 4)
Baca  Ingin Menjadi Pramugari Garuda? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Fotokopi Setiap Dokumen Minimal 3 Rangkap

Penting juga bagi Anda untuk membaca secara teliti apa saja dokumen yang harus disertakan. Ada yang perlu dua atau tiga rangkap, ada yang cukup satu rangkap saja, jangan sampai salah! Maka dari itu, sebagai persiapan, sebaiknya gandakan dokumen penting anda minimal tiga rangkap. Hal ini memudahkan Anda untuk mengantisipasi jika ada beberapa dokumen yang diminta lebih dari satu rangkap.

Siapkan Amplop File Berkualitas

Hal pertama yang dilihat panitia pendaftaran sekolah pramugari saat menerima dokumen anda adalah amplopnya. Belilah amplop file yang berkualitas, dan pastikan tetap rapi hingga tiba di tangan panitia pendaftaran. Hal ini tampak sepele, tapi tentu saja mencerminkan sejauh mana kualitas diri Anda. Ada banyak pilihan amplop file di toko buku, pilihlah yang paling baik kualitasnya. Jangan lupa juga untuk memberikan keterangan identitas pada amplop serapi mungkin, bisa dengan tulisan tangan atau dicetak di kertas.

Siapkan Minimal Dua Rangkap Berkas, Satu Sebagai Cadangan

Ada banyak hal yang mungkin terjadi saat proses pendaftaran, bukan? Maka dari itu, sebagai bentuk antisipasi, siapkanlah dua rangkap berkas. Hal ini mungkin terdengar agak ribet, tapi tentu jauh lebih baik ketimbang harus pulang lagi ke rumah dan mempersiapkan berkas dari awal karena berkas hilang atau rusak.

Susun Berkas di Dalam Amplop Serapi Mungkin

Hal berikut yang sangat penting untuk dilakukan adalah menyusun berkas pendaftaran sekolah pramugari serapi mungkin. Jangan tumpuk menumpuk, apalagi dilipat-lipat tak beraturan. Susunlah berkas dari yang paling besar ke yang paling kecil. Kemudian, satukan dengan paper clip agar berkas tidak berceceran. Hal ini juga memudahkan panitia pendaftaran sekolah pramugari saat mempelajari berkas anda.

Baca  7 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Pramugari

Berkas pendaftaran adalah gerbang awal diterima atau tidaknya Anda di sekolah pramugari favorit. Maka dari itu, siapkan berkas sematang mungkin, sehingga peluang Anda diterima di sekolah pramugari akan lebih besar. Terima kasih sudah membaca.

 

error: Content is protected !!
WhatsApp chat