Bekerja dalam sebuah perusahaan penerbangan adalah mimpi banyak orang. Selain menjadi pilot, bidang pekerjaan di dunia penerbangan yang banyak diminati adalah menjadi awak kabin salah satunya pramugara.

Pekerjaannya yang terkesan elegan dengan penampilan rapi dan tertata, tentunya memikat para kawula muda. Tak hanya itu bahkan, gaji yang ditawarkan untuk seorang pramugara juga sudah cukup lumayan menggiurkan untuk seorang anak muda.

Nah, pada kesempatan ini, kita akan coba mengulik dan membuka seluk beluk syarat jadi pramugara.

Kita akan coba memberikan gambaran pada kamu terkait dengan seorang pramugara. Mungkin saja kamu masih menyimpan pertanyaan seputar syarat jadi pramugara? Atau justru kamu yang ingin menjadi pramugara? Banyak fakta yang sebenarnya mitos, bahkan ada mitos yang dianggap fakta. Mari kita kupas, tuntas.

Apa saja tugas pramugara?

Tugas utama pramugara sebagai awak kabin diantaranya melihat bagaimana kondisi penumpang, melakukan pertolongan pada penumpang yang membutuhkan, melaporkan bagaimana situasi penumpang dalam pesawat kepada awak kokpit atau pilot hingga melaporkan setiap hal malfungsi yang terjadi.

Jadi intinya, setiap pramugara dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik. Mampu memberikan pelayanan terbaik dan kepedulian pada penumpang baik saat pesawat di darat ataupun saat mengudara.

Kenapa harus jadi pramugara?

Pertanyaannya kurang greget. Bila kamu seorang pria yang gentle, kamu harus coba jadi pramugara. Pria gentle itu yang bisa melayani orang dengan baik. Tutur kata yang sopan dan santun akan menjadi sorotan bagi para penumpang khususnya wanita.

jadi pramugara

pramugara salah satu profesi yang layak diperjuangkan

Siapa yang ga mau dilirik banyak cewek? Penampilan pramugara biasanya terlihat cool dengan sentuhan senyuman untuk setiap penumpang. Melayani penumpang dengan kepedulian dan bidik mata yang tulus. Siapa coba yang ga tertarik?

Belum lagi kalau disuruh buka dompet. Tidak masalah bila tipis dompetnya tapi tebal saldo kartu debitnya. Ya, gaji pramugara cukup menggiurkan loh, nanti kita akan bahas ya mengenai gaji pramugara

Apakah menjadi pramugara harus ganteng?

Ketampanan itu relatif, setiap orang punya penilaian tersendiri untuk ketampananmu. Termasuk para rekruter maskapai penerbangan yang akan menilai sendiri bagaimana kamu.

pramugara ganteng

pramugara tidak harus ganteng kok

Jadi, menjadi ganteng bukan keharusan ataupun syarat untuk menjadi pramugara. Silahkan gejolakkan rasa percaya diri kamu saja. Semuanya akan baik-baik saja.

Pramugara harus tinggi, apa benar?

Kebanyakan maskapai penerbangan mensyaratkan tinggi badan seorang pramugara minimal 170 cm.  Bila kamu merasa belum setinggi itu, jangan berkecil hati. Silahkan olahraga dan minum suplemen peninggi badan, setidaknya ada perjuangan yang dibuat.

pramugara harus tinggi

jadi pramugara tidak harus tinggi

Kamu juga tidak perlu takut untuk syarat yang satu ini. Biasanya syarat tinggi badan ini harus juga didukung dengan berat badan yang proporsional.

Bila saja tinggimu 168 cm namun berat badanmu sudah proporsional, itu akan sangat dipertimbangkan dengan kandidat lain yang punya tinggi badan 180 cm namun berat badan tidak proporsional.

Para maskapai penerbangan lebih memilih tubuh yang ideal. Kamu bisa mengetahui apakah kamu sudah ideal dengan tinggi dan berat badan sekian. Banyak metode perhitungan untuk mengetahui ideal atau tidak tubuh seseorang. Secara umum, maskapai penerbangan mengetahui tubuh ideal seseorang berdasarkan Body Mass Index (BMI).

Masih gugup kalau bicara di depan banyak orang, apa bisa jadi pramugara?

 Tugas utama seorang pramugara adalah melayani dan memberi ketenangan pada penumpang, hal ini mengharuskannya untuk bisa berkomunikasi dengan baik pada orang lain. Seorang pramugara harus mampu berbicara didepan banyak orang.

komunikasi pramugara

pramugara harus dapat berkomunikasi dengan banyak orang termasuk rekan kerja

Sehingga, semua maskapai penerbangan akan menjadikan hal ini sebagai syarat umum untuk menjadi seorang pramugara.

Hal bagus bila kamu bisa menilai kekuranganmu. Lantas bagaimana solusinya? Satu-satunya cara, kamu harus banyak belajar dan membiasakan diri untuk berani bicara di depan banyak orang. Ketika dibiasakan dan belajar sungguh, pasti gugupmu akan hilang.

Untuk masalah yang satu ini, kita punya solusi untuk mempercepat kamu menghilangkan rasa gugupmu. Tenang, diakhir tulisan ini akan kita beri tahu.

Badan tidak berotot, apa ada peluang?

Kamu harus berotot, badannya tegap dan six pack, mungkin itu syarat kalau kamu mau jadi model. Bahkan seorang petinjupun yang notabenenya bekerja dengan kemampuan kekuatannya tidak harus berotot kan? Apalagi seorang pramugara.

otot pramugara

menjadi pramugara tidak perlu berotot

Sehingga tidak ada maskapai manapun yang menjadikan ini sebagai syarat untuk menjadi seorang pramugara. Tenanglah, kamu cukup menjaga pola tubuhmu aja biar tetap sehat dan ideal. Sebab, maskapai penerbangan lebih memperhatikan kesehatan dan ideal tubuh pramugara.

Perokok, apa bisa jadi pramugara?

Satu hal yang perlu diingat, kesehatan awak pesawat termasuk pramugara akan tetap menjadi prioritas dari setiap maskapai penerbangan. Maka, hal yang perlu digaris bawahi adalah untuk tetap menjaga kesehatan tubuh secara jasmani dan rohani.

Walaupun hal di atas tidak termasuk syarat jadi pramugara ya namun menjaga kesehatan tetap saja penting.

pramugara merokok

perokok di perbolehkan menjadi pramugara. namun alangkah lebih baik di kurangi dan merubah pola hidup

Sebenarnya untuk syarat yang satu ini, tidak ada larangan. Bagi kamu seorang perokok masih bisa menjadi seorang pramugara. Tidak ada batasan khusus untuk hal ini. Tapi, kembali lagi pada kesehatan tubuh. Semakin kamu mengurangi rokok saat akan melamar menjadi pramugara, semakin besar peluangmu memenuhi syarat sehat jasmani.

Tenang, kalau sudah menjadi pramugara, tetap tidak ada larangan untuk merokok. Hanya saja kamu harus patuhi aturan yang diberlakukan di area penerbangan. Kamu harus merokok diarea yang telah disediakan. Tentunya tidak diperkenankan merokok saat berada dalam pesawat.

Tertanjur tatoan, apa masih bisa jadi pramugara?

Zaman ini, sudah banyak orang yang menganggap tato sebagai perilaku seni di badan dan bukan lagi menunjukkan sebuah kriminalitas. Namun, tetap masih ada orang yang menganggapnya sebagai tindakan kriminalitas.

pramugara bertato

kalau tatonya kaya gini jelas ga boleh jadi pramugara

Sebenarnya dari kementerian sendiri tidak ada aturan yang mengharuskan seorang pramugara untuk tidak bertato. Namun, untuk mengantisipasi pandangan penumpang pada pramugara yang juga akan berdampak pada reputasi maskapai, biasanya maskapai penerbangan tetap memperbolehkan pramugara memiliki tato yang tidak nampak secara langsung sebenarnya.

Nah, kamu yang terlanjut buat tato dibagian yang tidak terlihat oleh orang lain, masih punya peluang kok untuk menjadi pramugara. Semangat ya.

Bahasa inggris masih level standar, gimana?

 Seorang pramugara yang memiliki keahlian dalam berbahasa asing terutama bahasa inggris akan sangat diprioritaskan. Hal ini untuk mengantisipasi apabila ada penumpang yang berasal dari luar negeri. Sehingga komunikasi harus dilakukan dengan bahasa inggris.

Beberapa maskapai tidak menuliskan bahwa kemahiran dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris adalah sebuah keharusan. Namun, biasanya kamu yang bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris akan punya nilai lebih.

Jadi, bila kamu masih punya level standar dalam bahasa inggris, silahkan daftar saja untuk menjadi pramugara. Kamu bisa terus belajar mengasah bahasa inggrismu. Kita juga punya solusi untuk membantumu dalam mengatasi hal ini. Tunggu diakhir tulisan ya hehe.

Ingin menikah, bagaimana karir seorang pramugara?

Bila kamu ingin menikah, silahkan. Tidak ada larangan ataupun batasan bagi seorang pramugara untuk menikah. Seorang pramugara bisa menikah bahkan saat sudah diterima dalam sebuah maskapai penerbangan.

pramugara nikah

jadi pramugara boleh nikah, siapa bilang ga boleh?

Satu hal yang perlu diingat, pramugara yang telah menikah harus bersedia meninggalkan pasangannya dalam tempo beberapa hari selama menjalankan tugas. Sebab, tidak ada tiket khusus untuk mengajak pasangan untuk ikut dalam penugasan seorang pramugra.

Mata minus 1, apa boleh melamar jadi pramugara?

Pekerjaan pramugara sebagai awak kabin memiliki tugas yang banyak. Seperti yang telah disebutkan diatas, seorang pramugara harus sigap dan santun dalam melayani penumpang. Seorang pramugara harus gagah dalam menghadapi masalah darurat.

Sebab, menjadi pramugara adalah garda terdepan untuk menenangkan dan memberikan pertolongan segera pada penumpang dalam kondisi apapun, termasuk kondisi darurat.

Begitu pentingnya tugas pramugara, sehingga membutuhkan kondisi penglihatan yang prima. Pramugara yang tidak rabun mata biasanya akan menjadi prioritas maskapai penerbangan karena akan mempermudah pramugara dalam menjalankan tugasnya.

Ada kekhawatiran apabila seorang pramugara rabun dan menggunakan kacamata ataupun softlens. Kinerja pramugara akan berkurang, terutama bila kaca-mata dan softlens yang dikenakan tidak bisa berfungsi dengan baik.

Namun tenang, ada beberapa penerbangan yang masih memperbolehkan pramugara untuk menggunakan kaca-mata atau softlens dengan syarat rabun maksimum minus -3 dan silindris C-100. Maka, rajinlah menjaga pola makan.

Buta warna ga bisa jadi pramugara ya?

Berbeda dengan rabun yang masih ada kompensasinya, kamu yang buta warna tidak diperkenankan untuk menjadi seorang pramugara. Syarat ini sangat diperhatikan oleh pihak maskapai dalam merekrut pramugara karena berkenaan dengan tugas kompleks yang diemban pramugara nantinya.

pramugara buta warna

pramugara ga boleh buta warna

Sebelum daftar, kamu bisa tes buta warna secara mandiri di situs-situs penyedia tes buta warna di internet. Semoga hasilnya baik ya.

Apa bisa menjadi pramugara bila punya riwayat penyakit?

Kalau untuk masalah yang ini, tergantung apa penyakit yang dulu pernah atau masih diderita. Biasanya maskapai dan dinas perhubungan akan memberikan keringanan bila sakit yang dialami masih tergolong ringan dan bisa diatasi dengan mudah saat kambuh.

pramugara sehat

pramugara harus sehat jasmani & rohani

Namun, apabila punya riwayat penyakit yang memang sudah akut, biasanya akan lebih susah untuk menjadi pramugara. Bisa saja seleksi pada maskapai penerbangannya lulus, tapi saat medical examination di dinas perhubungan justru tidak lulus. Biasanya kategori penyakit akut pada calon pramugara yang tidak bisa diterima misalnya TBC, hati, ginjal dan paru-paru.

Bagaimana bila pernah kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang?

pramugara patah tulang

selama patah tulangnya sudah dinyatakan sembuh oleh dokter, maka bisa menjadi pramugara

Setiap maskapai penerbangan menginginkan pramugara tampil menarik dan ideal. Salah satu caranya adalah memiliki tubuh yang bebas dari kecacatan apapun yang terlihat. Sehingga syarat yang satu ini cukup menjadi perhatian khusus bagi tim seleksinya.

Contoh, ada salah satu jarimu yang pernah diamputasi, maka kamu tidak disarankan untuk melamar menjadi seorang pramugara. Tapi bila kamu memiliki kekurangan fisik yang tidak tampak, misalnya ada bekas luka jahitan di daerah perutmu. Kamu tetap dipersilahkan untuk melamar menjadi seorang pramugara.

Harus bebas dari obat-obatan terlarang ya!

Tidak hanya pramugara, bahkan ada pelarangan dalam mengkonsumsi obat-obatan terlarang bagi siapapun secara bebas. Apalagi untuk orang-orang yang bekerja pada perusahaan yang memiliki prinsip utama keselamatan. Pengaruh obat-obatan terlarang pasti  sangatlah berdampak bagi keselamatan penerbangan.

pramugara narkoba

jadi pramugara harus bebas obat terlarang

Seluruh awak pesawat dilarang untuk mengkonsumsi obat-obatan terlarang baik sebelum penerbangan ataupun setelah penerbangan. Keselamatan adalah nomor 1. Prioritas dari setiap maskapai penerbangan.

Selain obat-obatan terlarang, pramugara dan awak pesawat lain juga dilarang untuk mengkonsumsi alkohol sebelum penerbangan dilakukan. Tentunya untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekolah pramugara emang penting ya?

Biasanya sekolah pramugara akan memberikan sertifikat setelah masa studinya. Nah, sertifikat pramugara inilah yang biasanya dijadikan poin plus bagi calon pramugara untuk melamar pada maskapai penerbangan manapun.

sertifikat sekolah pramugara

pentingnya sertifikat sekolah pramugara untuk melamar ke maskapai

Kalau kamu punya sertifikat pramugara, itu akan menunjukkan bahwa kamu memiliki pengetahuan tentang dunia penerbangan terutama menjadi pramugara karena telah mengikuti pendidikan pramugara.

Walaupun sebenarnya pengalaman dan sertifikat pramugara bukanlah sebuah keharusan yang dimiliki calon pramugara, tapi ini bisa membuat kamu terlihat lebih lebih unggul dengan kandidat yang tidak pernah sekolah pramugara.

Pemahaman dan pendidikan yang diperoleh dari sekolah pramugara akan membekali kamu menjadi kandidat pramugara yang kuat. Jadi, sekolah pramugara itu penting, bila kamu memang benar-benar ingin menjadi seorang pramugara.

Memilih sekolah pramugara?

Pertanyaannya bagus ya. Zaman sekarang memang sangat banyak sekali sekolah pramugara yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Tentunya tidak semua sekolah pramugara bisa menjamin dan membantu siswanya untuk mencapai mimpinya sebagai pramugara professional.

Oleh karena itu, kamu harus pintar memilih sekolah pramugara, biar tidak ada penyesalan. Karena menyesal itu sungguh tidak mengenakkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sekolah pramugara diantaranya alumni, apakah alumni dari sekolah itu sudah ada? Apabila sudah ada, apakah telah banyak yang bekerja di maskapai penerbangan?

Kemudian hal lain yang perlu diperhatikan adalah sejarah pendirian sekolah pramugaranya, apakah didirikan oleh orang-orang professional dibidangnya atau bukan. Ini sangat mempengaruhi keprofesionalan sekolah dalam mendidik siswanya.

Java Aviation Academy,  sebagai solusi kamu.

Java Aviation Academy adalah salah satu sekolah pramugara yang ada di Indonesia. Kita hadir sebagai solusi kamu untuk memenuhi syarat yang menjadi masalah kamu untuk menjadi seorang pramugara.

Java Aviation Academy didirikan oleh orang-orang professional di bidang penerbangan, sehingga kita akan menawarkan berbagai program yang akan sangat membantu kamu memenuhi kualifikasi seorang pramugara.

Kita telah lama berdiri dan terbukti nyata membentuk pramugara yang professional. Alumni kita sudah tersebar di berbagai maskapai penerbangan di Indonesia.  Sehingga kita memiliki networking dan relasi yang sangat baik. Kita akan selalu membantu dan menjembatani siswa kita untuk sampai pada mimpinya menjadi pramugara.

Syarat-syarat menjadi seorang pramugara tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kamu hanya butuh pendidikan pramugara untuk menjadikan kamu kandidat pramugara yang lebih kuat. Kamu butuh pendidikan untuk membentuk skills yang menjadi kualifikasi seorang pramugara professional . Kita siap menjembatani kamu menjadi pramugara yang sesungguhnya.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat