Sekolah pramugari banyak gimana memilihnya? Eits… nanti dulu, sebelum bahas tentang itu, kita bahas sebentar yuk tentang fakta di balik profesi pramugari ini!

Nggak bisa dipungkiri profesi di dunia penerbangan sejak dulu banyak diincar kawula muda. Terutama oleh mereka yang punya impian bisa keliling Indonesia dan dunia gratis. Sambil kerja, bisa sambil jalan-jalan, siapa yang nggak pengin?

Salah satu profesi yang diidam-idamkan perempuan remaja, terutama mereka yang suka bekerja dengan prinsip aktif, mapan, rapi, cantik dan cerdas adalah pramugari.

Ya, pramugari memang pekerjaan yang membutuhkan prinsip-prinsip tersebut, di samping keahlian lain yang hanya bisa dipelajari di sekolah pramugari.

Pramugari bukan pemandu wisata para penumpang pesawat. Bukan waitress yang memberi makanan dan minuman. Namun di dalam pesawat, mereka bisa memiliki wawasan dan keterampilan itu semua.

Namun tentu saja, tugas mereka lebih dari sekadar memandu para manifest dan melayani urusan mereka selama flight.

sekolah pramugari banyak gimana memilihnya, tips memilih sekolah pramugari, java aviation academy

Kalau boleh dikata, pramugari adalah profesi segala profesi. Tugas mereka aslinya kompleks banget. Seleksinya juga ketat karena itu butuh pendidikan khusus yang mampu memberikan pelatihan-pelatihan yang tepat , terampil dan tangguh.

Memang benar sih, sekolah pramugari banyak gimana memilihnya? Pastinya langkah pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah soal biayanya.

Untuk biaya sekolah pramugari di Java Aviation Academy sangat terjangkau loh. Cek di sini aja.

Sejak dulu rumor mengatakan biaya sekolah jadi pramugari itu mahal, kecuali kalau kamu mau mencoba program cicilan seperti yang ditawarkan oleh JAA. Itu loh, sekolah pramugari dan pramugara terkenal di Jakarta.

Jadi di Java Aviation Academy , kamu bisa nyicil biaya pendidikan selama 3 kali. Selisihnya dengan bayar cash cuma 2 jutaan aja, loh! Lumayan hemat lah, selagi kamu membujuk orang tua agar luluh hatinya untuk percaya padamu.

Percaya bahwa kamu benar-benar pengin banget jadi pramugari. Nah, berhubung sekolah pramugari banyak gimana memilihnya? Langsung aja deh, simak 6 tipsnya biar nggak kecewa:

1. Pilihlah Sekolah yang Udah Punya Alumni

Merebaknya sekolah pramugari membuat jadi bingung pilih sekolah yang mana. Sebenarnya gampang aja kok, tinggal lihat aja alumninya. Apakah sudah ada alumni?

2. Para Alumni Sudah Diterima Kerja di Maskapai Penerbangan Idaman

Sebagai calon pramugari maka impianmu adalah bisa kerja di maskapai idaman. Maka kamu harus melihat para alumnus itu, apakah di antara mereka benar-benar sukses semua dalam airlines job recruitment?

Jika ya, artinya sekolah pramugari ini sukses menjembatani proses pencarian kerja ini. Biar bagaimana pun, sebuah maskapai juga akan mempertimbangkan almamater dan jaringan alumnus ini saat menerimamu kerja kelak.

3. Kurikulum Pendidikan Praktek dan Teoritis yang Seimbang

Sekolah pramugari tidak seperti perkuliahan pada umumnya yang lebih banyak di kelas. Harusnya justru memberikan materi pelajaran melalui praktek langsung di lapangan.

Program visit dan magang bandara, table manners, beauty class seperti yang ditawarkan Java Aviation Academy tentu sangat bagus sebagai latihan praktek kerja nyata.

4. Sekolah yang Memiliki Standar dan Kualifikasi Peserta Didik

Memang benar, sekolah pramugari banyak gimana memilihnya? Sudah nggak perlu bingung-bingung. Kamu mesti ingat bahwa sekolah yang bermutu tinggi pasti memiliki standar.

Bukan standar kurikulumnya saja, melainkan juga standar peserta didiknya. Jadi nggak semua orang yang daftar bakal diterima. Sekolah pramugari yang baik mesti menerapkan sistem seleksi murid, terutama melalui walk in interview.

5. Mengapa Walk in Interview?

Proses interview secara langsung ini menandakan bahwa pihak sekolah pramugari menginginkan proses rekrutmen siswa-siswa unggulan secara langsung.

Menjadi pramugari bukan kisah tentang memiliki banyak uang buat sekolah. Tapi tentang memiliki bakat, minat dan kondisi diri yang sesuai untuk pekerjaaan sesulit pramugari ini.

6. Menjadi Pramugari Sulit karena Banyak Persyaratan

Kamu tidak hanya butuh uang saja buat sekolah. Tidak hanya butuh kecantikan dan tinggi badan saja buat diterima kerja. Namun kamu juga harus memiliki jasmani dan rohani yang sehat.

Selain itu mentalmu juga kudu kuat. Kerja di atas ketinggian awan, jauh dari orang tua. Dan mesti disiplin pula soal waktu. Itu semua kan butuh mental kuat. Di sekolah pramugari, mentalmu akan dilatih agar sekuat baja.

Selain itu, seorang pramugari harus bisa berenang, berbahasa asing (minimal bahasa Inggris), mengangkat beban berat (untuk membantu angkat bagasi kabin atau membuka pintu pesawat) dan tentu harus bisa memiliki jiwa melayani dan ramah kepada orang tak dikenal.

Dengan begitu, kamu membutuhkan sebuah sekolah yang memang bisa melihat potensi kamu untuk melakukan itu semua. Sekolah yang tidak sekadar mengajari, namun mengarahkan kamu di jalan yang paling lancar.

Nah, melihat tips di atas, kamu jangan lagi bertanya sekolah pramugari banyak gimana memilihnya, ya? Tapi tanyalah, apakah aku sudah siap mengemban profesi pramugari di masa depan?

Jika sudah, ijinkan JAA memandu jalanmu mewujudkan cita-cita. Cara daftar sekolah pramugari di JAA cek di sini aja.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat