Sebelum bahas tentang pramugari nge-vlog, yuk bahas dulu soal vlogging itu sendiri.

Ngevlog atau Vlogging menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Berbagi video dan live streaming jadi dua kegiatan utama vlog.

Selain buat “eksis”, nge-vlog juga bisa buat “cari duit”, “kumpulin fans”, atau bahkan “panjat sosial”.

Ada banyak cara buat ngevlog, umumnya melalui Youtube atau Instagram. Tapi banyak juga sih orang yang vlognya di aplikasi-aplikasi streaming live yang lagi hits, seperti Ome TV, Nimo TV, Cube TV.

Kenapa Pramugari Nge-Vlog?

Nah, kalau ada pramugari ngevlog, kira-kira tujuannya buat apa ya?

  • Buat cari duit? (Emangnya gaji pramugari kurang, ya?)
  • Buat kumpulin fans? (Apa pramugari itu artis?)
  • Buat panjat sosial? (Nggak penting juga, lingkungan sosial bukan pohon Pinang buat dipanjatin)
  • Buat berbagi tips dan ngajakin masuk ke maskapai? (Haloo… pramugari kan cuma karyawan, mana bisa?)
  • Buat menyalurkan hobi di bidang eksistensi (Ya… siapa tahu selain jadi pramugari, ternyata dianya gamer moba atau beauty vlogger?)

Guys, buat kalian para pramugari yang pernah nge-vlog atau sukanya nge-vlog. Waspada aja ya, soalnya kegiatan eksis di medsos itu memerlukan etika dan tanggungjawab profesi juga.

Sekadar menceritakan pengalaman hidup sebagai pramugari boleh aja sih. Tapi kalau sampai live streaming pas masih pakai seragam kerja, ini sih kocak banget dan gak etis karena terkesan show off.

Apalagi sampai sok-sok-an jadi pahlawan wonder woman ngasih tahu cara menjadi pramugari?

Ngajakin teman-temannya masuk ke maskapai dengan bantuan dirinya. Padahal sendirinya dulu dibantuin sama pihak sekolah pramugari, biar bisa tembus Airlines.

Dampak Buruk Nge-Vlog Bagi Karir Pramugari

Vlog Pramugari, Pramugari Nge-Vlog

Pramugari Nge-Vlog

Java Aviation Academy nggak ngelarang kalian buat jadi selebriti Youtube dan Instagram. Atau eksis cuit-cuit di Twitter.
Tapi kalian mesti tahu nih dampak buruk nge-vlog bagi karir pramugari:

Rawan Menjadi Korban Fitnah dan Skandal

Menjadi orang terkenal dengan banyak followers di media sosial itu efeknya berat. Bisa sering difitnah, memiliki hater meski fans banyak. Dan dijebak agar punya skandal.

Biasanya skandal yang menjerat para pramugari semi selebriti yaitu skandal seks, politik dan terorisme. Seram banget, ya?

Blacklist Dunia Penerbangan

Kalau udah kena skandal ini, jangan harap karir bisa selamat karena pihak maskapai pun enggan mengurusi.

Nggak ada hukum yang bakal melindungi dan memihak seorang pramugari kondang yang terlibat skandal.

Dia akan terblacklist sendirinya dari dunia penerbangan. Tergantung kasus yang menjeratnya.

Kalau namanya sudah di-blow-up ke aneka media pemberitaan gara-gara skandalnya. Maka ini sama saja blacklist permanen.

Apa yang mem-blacklist-nya? Jelas rasa malu dan perundungan sosial. Ditambah teguran dari perusahaan maskapai penerbangan.

Ditegur Pilot dan Crew Lainnya

Di dalam pesawat, pilot itu ibarat bapak. Sedangkan crew lainnya ibarat abang-abangnya. Pramugari ini seperti adik bungsunya mereka.

Melihat sang adik asyik selfie, life streaming terus… Tunggu aja deh pasti bakal ditegur. Apalagi kalau nge-vlognya pas jam kerja.

Paling parah kalau konten vlognya ngaco. Misalnya memberikan tips cara menjadi pramugari lewat dirinya. Udah kayak calo penumpang bus aja?

Dihukum Pihak Maskapai

Sanksi dari pihak maskapai bisa saja terjadi dalam bentuk peringatan, skorsing atau penurunan jumlah gaji.

Ini semua gara-gara ngevlognya viral dan terlalu mencatut nama perusahaan maskapainya. Misalnya si pramugari curhat tentang keburukan maskapai atau hal-hal yang nggak dia senangi.

Ya tunggu aja deh surat panggilannya. Kalau beruntung masih selamat karirnya. Kalau nggak beruntung, berarti sayonara aja deh sama maskapainya.

Dipecat

Pemecatan pramugari terbanyak dilandasi faktor attitude yang buruk. Memang karakter, sikap, kepribadian dan etos kerja pramugari menjadi yang paling utama.

Kegiatan ngevlog bisa membuat seorang pramugari lupa semua ilmu tentang attitude. Dia bisa keasikan bicara sampai keceplosan jadi menyinggung hal-hal yang nggak mestinya.

Kalau sudah begini, siap-siap aja deh dipecat. Semoga saja masih ada maskapai yang mau nerimanya setelah hengkang dari maskapai lama dan jadi viral di mana-mana.

Kecanduan

Orang kalau sudah kecanduan susah berhentinya. Tadinya sih ngevlog buat ngisi kehidupan aja di sela-sela pekerjaan sebagai pramugari. Lama-lama malah jadi sering bolos.

Ada jadwal terbang diabaikan dengan berbagai alasan.

Lagi bertugas dan mesti transit lama, malah keasikan belanja dan jalan-jalan sambil syuting langsung vlognya? Sampai lari-larian kembali ke airport.

Ini sih benar-benar tanda kecanduan. Kalau udah begini sembuhnya susah loh. Bisa-bisa malah bikin ga fokus kerja dan depresi.

Ujung-ujungnya nyalahin kalau pekerjaan sebagai pramugari itu kayak penjara. Hidupnya diatur sama jam terbang. Duh, ini pemikiran yang sempit banget.

Tips Nge-Vlog yang Aman untuk Pramugari

Pramugari Java Aviation Academy, Pramugari Cantik

Siswa-Siswi Java Aviation Academy

Meskipun dampak buruknya banyak, Java Aviation Academy nggak bakal terlalu nge-judge para pramugari yang ngevlog. Karena kami sebenarnya sudah nggak ada ikatan lagi dengan para alumni, apalagi yang lulusan sekolah pramugari lain.

Tapi kami merasa punya ikatan batin untuk mengingatkan dan memberikan gambaran mengenai kemungkinan-kemungkinan buruk ngevlog bagi seorang pramugari.

Buat yang masih menikmati popularitas ngevlog di balik seragam kerja pramugari, ini tipsnya biar kalian hidup nyaman dan selamat:

1. Jangan Nge-vlog di Kala Pakai Uniform

Yach, Uniform atau seragam pramugari sih emang kebanggaan banget. Justru ini nilai jualnya buat menggenjot viewers.

Tapi terlalu sering nge-vlog pakai seragam kerja juga nggak baik. Nanti dikira cewek pansos? Diusilin orang? Diculik? Dijadikan sasaran kejahatan gimana? Mengerikan deh.

2. Jangan Nge-vlog di Jam Kerja

Yang biasanya bikin abang-abang pilot, copilot, pramugara dan teknisi pesawat suka risih itu kalau ada pramugari lagi jam kerja malah asik live streaming rame-rame atau sendirian.

Ini tingkahnya kayak ABG-ABG yang nggak pernah sekolah pramugari aja. Daripada nge-vlog kan banyak hal yang bisa dilakukan sebelum terbang.

3. Bikin Konten Positif

Konten yang positif adalah sebuah konten yang nggak bakal memicu skandal atau ujaran kebencian kepada pihak tertentu.

Patuhi etika komunikasi siber dan massa, biar nggak jadi sorotan publik karena kelakuan buruknya.

4. Jangan Membuat Review Maskapai Tempatnya Kerja

Jangan nge-bahas atau nge-review soal maskapai tempatnya bekerja karena ini nanti bakal merepotkan kalau reviewnya justru nggak menguntungkan pihak maskapai.

Melihat berbagai uraian cerita dan hipotesa di atas, kira-kira kenapa pramugari nge-vlog? Apa kurang gajinya? Atau lagi pansos aja?

Buat adek-adek yang baru mau daftar sekolah pramugari, semoga informasi ini juga bermanfaat buat kalian, ya!

Intinya ini cuma sekadar mengingatkan aja tentang kemungkinan bahaya nge-vlog.

Mereka yang baru mau daftar sekolah di Java Aviation Academy juga harus hati-hati kalau ada tawaran masuk ke maskapai lewat para vlogger pramugari ini.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat