Menjadi seorang pramugari maskapai PT Citilink Indonesia dengan website resmi https://www.citilink.co.id/en adalah hal yang dimimpikan banyak wanita Indonesia. Profesi sebagai pramugari dianggap sebagai profesi yang mulia, gaji pramugari citilink pun tidak main-main. Pramugari maskapai citilink harus bersedia melayani dan menjaga penumpang saat berada di pesawat.

pramugari citilink

para pramugari supergreen

Salah satu maskapai penerbangan Indonesia yang terkenal adalah Citilink, merupakan anak perusahaan dari garuda indonesia. Hingga tidak jarang banyak sekali wanita yang menginginkan untuk menjadi pramugari supergreen ini.

Menjadi seorang pramugari supergreen tentunya memiliki keuntungan tersendiri bila dibandingkan dengan maskapai penerbangan lion air asia sriwijaya air

Nah, ternyata ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dari seorang pramugari supergreenloh. Pramugari pada setiap maskapai penerbangan akan berbeda-beda, termasuk pramugari supergreen.

Ada beberapa hal terkait pramugari supergreen yang tidak bisa kamu temui di maskapai penerbangan lain. Apa saja itu? Mari disimak.

Pakaian Pramugari Citilink Junior dan Senior, kok beda?

Citilink menetapkan tata cara berpakaian pada pramugarinya. Pakaian pramugari supergreen junior akan berbeda dengan pramugari supergreen senior. Kenapa? Tenang, hal ini dilakukan pihak Citilink dengan tujuan tertentu, bukan semata-mata untuk mendiskriminasikan satu pihak.

Pembedaan pakaian ini diberlakukan pihak Citilink sebagai alat komunikasi antara pramugari dan penumpang. Penumpang akan mengetahui kepada siapa dia meminta pertolongan jika mengalami masalah yang lebih berat.

Tentunya pramugari senior lebih memiliki pengalaman, sehingga penumpang bisa tau yang mana pramugari senior dan yang mana pramugari junior.

pramugari citilink senior junior

foto pramugari supergreen senior junior

Nah, untuk membedakannya, pihak Citilink memberikan perbedaan pada pakaian pramugari junior dan senior. Seorang pramugari supergreen senior akan menggunakan pakaian yang bewarna hijau tua.

Sementara itu, pramugari junior akan mengguanakan seragam baru pramugari supergreen bewarnah hijau muda.

Nah, jadi tujuannya bukan untuk diskriminasi, melainkan untuk kepentingan bersama terutama pelayanan pada penumpang. Jadi jangan berfikir negatif ya, mengenai berita terkait negatif.

Pramugari Citilink boleh berhijab!

Kabar gembira nih buat kamu yang kesehariannya telah menggunakan jilbab. Banyak wanita berjilbab yang juga memiliki keinginan untuk menjadi pramugari.

Tapi banyak juga wanita yang harus mengurungkan niatnya menjadi pramugari karena penampilannya yang menggunakan hijab. Dengan warna seragam pramugari yang menarik loh

Kamu tidak perlu risau. Silahkan mencoba melamar untuk menjadi pramugari supergreen. Citilink tidak membatasi calon pramugarinya untuk menggunakan hijab. Bahkan, kesempatanmu untuk terbang lebih banyak.

Misalnya penerbangan umrah, Citilink akan meminta pramugarinya yang menggunakan hijab untuk bertugas menjadi awak kabin.

pramugari citilink

pramugari supergreen boleh pakai hijab

Bagi kamu yang sempat mengurungkan niat menjadi pramugari karena berhijab, cobalah kumpulkan dan bulatkan kembali niatmu untuk mengejar mimpimu. Kamu bisa mencoba untuk menjadi pramugari supergreen

Itu beberapa hal seputar pramugari supergreen atau flight attendant yang tidak kamu jumpai di maskapai penerbangan lain.

Nah, sebelum melangkah lebih jauh, ada lagi beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar pramugari supergreen. Selain memberikan pengetahuan dan informasi, artikel ini juga akan memotivasimu untuk terus berjuang untuk menjadi seorang pramugari supergreen.

Tidak hanya itu, diakhir artikel kamu bisa tau bocoran untuk menjadi pramugari supergreen juga loh.

Untuk membuatmu semakin bersemangat dan termotivasi, kamu harus tau hal yang satu ini.

Gaji Pramugari Maskapai Citilink

Nah, standar gaji yang diperoleh merupakan salah satu hal yang menyebabkan banyaknya minat untuk menjadi pramugari supergreen di banding staff penerbangan atau staff airlines.

Kenapa? Ya, gaji yang akan diterima pramugari supergreen setelah bergabung bersama maskapai tidak bisa dibilang sedikit. Bahkan gaji yang diberikan sangat menggiurkan karena sama dengan pramugari garuda indonesia. Apa saja itu?

Pramugari Punya Gaji Pokok

Sama dengan pekerjaan lain, menjadi seorang pramugari supergreen juga akan menerima gaji pokok. Gaji ini akan diberikan tiap bulannya melalui rekening masing-masing pramugari. Citilink sendiri membedakan besaran gaji pokok yang diberikan untuk pramugari junior dan pramugari seniornya.

Gaji pokok ini tidak bergantung pada rajin atau tidaknya pramugari supergreenbekerja. Sama seperti gaji pokok pada perusahaan lainnya, gaji ini akan diberikan setiap bulannya, selama seorang pramugari supergreen masih memiliki ikatan pekerjaan dengan maskapai.

cabin crew citilink

pramugari supergreen yang cantik

Tentunya, gaji yang diterima pramugari senior lebih besar dibandingkan pramugari junior. Namun begitu, gaji pokok pramugari junior Citilink sudah memenuhi UMR kok.

Karena Citilink yang base nya di Jakarta, jadi gaji yang diterima oleh pramugari supergreen juga disetarakan dengan UMR Jakarta yaitu sekitar 4 juta rupiah. Beda dengan pramugari supergreen senior yang tentunya akan menerima gaji pokok lebih besar loh ya.

Ada Gaji FATA (Flight Allowance and Travel Allowance) juga!

Tenang, tidak hanya menerima gaji pokok yang lumayan besar itu. Pramugari supergreen juga akan menerima yang namanya gaji FATA. Sesuai dengan namanya FATA (Flight Allowance and Travel Allowance) yaitu gaji adanya perizinan terbang dan perizinan perjalanan.

Gaji FATA ini terdiri dari beberapa komponen tunjangan untuk pramugari Citilink diantaranya uang terbang, uang landing, uang RON hingga uang tunjangan kerajinan .

Uang Terbang

Nah, uang terbang yang diberikan untuk pramugari Citilink akan bervariasi. Variasi besaran jam terbang untuk setiap pramugari Citilink disesuaikan dengan jam terbang yang dilakukannya.

pramugari citilink terbang

uang terbang pramugari citilink cukup tinggi

Biasanya, gaji terbang akan dihitung perjamnya. Misalnya dalam satu hari seorang pramugari Citilink melakukan terbang berjumlah 6 jam, maka besran gaji terbang yang akan diterima cukup dikalikan dengan besar gaji terbang perjamnya.

Uang landing dan uang makan

Saat setelah landing, seorang pramugari Citilink akan menerima gaji juga berupa uang landing. Uang landing dan uang makan yang diberikan pada pramugari Citilink akan bervariasi sesuai dengan lokasi dan lamanya.

Uang RON

Biasanya ada penerbangan yang mengharuskan seorang pramugari Citilink untuk menginap semalam di kota tujuan. RON yang memiliki kepanjangan Remain over Night akan diberikan kepada pramugari Citilink termasuk diberikan kunci kamar untuk menginap di hotel berkelas.

Uang tunjangan kerajinan

Uang ini akan diberikan pada pramugari Citilink apabila pramugari bekerja dengan baik tanpa melakukan kesalahan setiap bulannya. Selain itu, uang tunjangan kerajinan akan diberikan pada pramugari yang rajin masuk kerja tidak terkecuali saat sakit ringan.

Nah, itu tadi gaji yang diterima seorang pramugari Citilink. Selain gaji pokok yang cukup besar, seorang pramugari juga bisa menambah pundi-pundi rupiahnya dari berbagai macam tunjangan dan gaji yang diberikan. Bagaimana? Apakah kamu Semakin tertarik?

Gaijnya yang menggiurkan itu tentunya akan sebanding dengan sulitnya seleksi untuk bisa bergabung menjadi pramugari Citilink. Pihak Citilink akan membuat serangkaian tahap seleksi untuk memperoleh kandidat pramugarinya yang tebraik.

Apa saja itu? Berikut ini merupakan serangkaian tahapan seleksi untuk menjadi seorang pramugari Citilink. Mari disimak.

Syarat Menjadi Pramugari

Syarat menjadi pramugari citilink apa ya? Sekedar informasi Citilink Indonesia tidak membuka lowongan untuk pramugari secara rutin.

pramugari cantik

pramugari cantik citilink

Jadi, kamu yang harus rutin dan sering mencari informasi tentang pembukaan lowongan untuk menjadi pramugari Citilink. Namun jangan khawatir jika kamu masuk sekolah pramugari java aviation academy semuanya akan di informasikan khusus untuk para alumni & siswa-siswinya.

Biasanya, perekrutan pramugari Citilink dilakukan dengan proses tes wawancara. Dimana kamu harus datang langsung ke tempat yang telah ditentukan untuk melakukan serangkaian tahapan seleksi. Kamu hanya perlu mempersiapkan kelengkapan dokumen yang diminta.

Berbeda dengan psikotes dan bahasa inggris tentunya ya..

Tidak hanya itu, kamu sebaiknya berpakaian rapi. Biasanya Citilink menentukan pakaian ataupun dress code standar yang mereka cantumkan pada pengumuman lowongan kerja.

Citilink merupakan maskapai penerbangan yang merupakan anak dari Garuda Indonesia. Sehingga, biasanya Citilink akan mengadakan walk in interview di Garuda Indonesia Training Center (GITC).

Sebelum kamu melakukan walk in interview, kamu harus mengunduh aplikasi lamaran di website resminya langsung dan mengisi kelengkapan data.

Tahap Pengukuran Tinggi dan Berat Badan

Kemudian, tahapan seleksi dalam perekrutan pramugari Citilink ini yaitu tes jasmani atau pengukuran tinggi dan berat badan. Tinggi badan minimal untuk menjadi pramugari Citilink adalah 160 cm dan maksimal 175 cm. Tinggi badan yang telah memenuhi syarat harus didukung dengan berat badan ideal.

Bila tinggi badanmu adalah 161 cm, maka berat badanmu sebaiknya 51 kg untuk mendapatkan tubuh yang proporsional.

Sangat banyak calon pramugari Citilink yang harus dinyatakan gugur setelah mengikuti tes tahap awal ini. Kebanyakan mereka yang gagal karena overweight ataupun bahkan underweight.

Pengukuran tinggi dan berat badan yang ideal dan proporsional untuk menjadi seorang pramugari Citilink sangat ketat. Bahkan, Citilink hanya bisa menolerir calon pramugarinya yang memiliki overweight ataupun underweight sebesar 1 kg saja.

Lanjut ke Tes Performance

Tahap selanjutnya apabila telah dinyatakan lulus dari tahap pengukuran tinggi dan berat badan adalah tahap performance test. Sesuai dengan namanya, pada tahapan ini kamu akan diminta untuk memperlihatkan penampilanmu.

pramugari citilnk

menjadi pramugari citilnk tidak perlu cantik namun harus menarik

Pada tahap performance ini, tata cara berjalanmu akan dilihat dan dinilai. Tidak hanya itu, kondisi kulit, postur badan dan lain sebagainya juga akan dicek. Sebaiknya kamu terus menunjukkan emosi yang bahagia.

Tersenyumlah sewajarnya, karena itu akan menjadi penilaian juga.

Tes penampilan akan diselingi dengan tes interview singkat mengenai latar belakang dan kepribadian kamu. Tidak perlu menunggu lama, usai tes ini dilakukan, kamu akan langsung diberitahu apakah kamu lolos di tahap ini atau tidak.

Psikotes dan Berbahasa Inggris adalah tes selanjutnya

Selanjutnya, kamu akan berhadapan dengan psikotes dan tes kemampuan bahasa inggris. Psikotes untuk menjadi pramugari Citilink sedikit berbeda dengan psikotes dalam seleksi kerja biasa yang umumnya diminta untuk berhitung secara rumit dan kompleks.

Psikotes ini dilakukan untuk mengukur dan mengetahui kepribadian kamu yang sebenarnya. Jenis psikotes yang diberikan berupa tes koran atau tes kraepelin yang harus dikerjakan dengan waktu yang cepat.

Setelah rangkaian psikotes selesai, maka akan dilanjutkan langsung dengan tes bahasa inggris. Kamu akan diberikan sejumlah soal bahasa inggris yang tentunya berkaitan dengan pramugari.

Nah, hasil dari tes ini akan dikabarkan selanjutnya. Kamu perlu menunggu beberapa hari untuk mengetahui lolos atau tidak ke tahap selanjutnya.

Sukses Menjadi Pramugari Citilink

Sedikit berbeda dengan tahapan seleksi pramugari lion air. Tahapan background check diletakkan dipertengahan tahapan seleksi dan dilakukan bersamaan dengan wawancara user dan wawancara kompetensi. Sehingga, pada tahap ini merupakan tahap yang cukup rumit untuk dilewati.

Kamu akan diminta membawa dan memberikan berkas-berkas lengkap mengenai kamu. Baik itu berkas-berkas berupa foto copy hingga dokumen asli yang tentunya harus lengkap. Selain mengumpulkan berkas dan dokumen yang telah kamu bawa, kamu juga diminta untuk mengisi beberapa data mengenai keluargamu secara lengkap.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui latar belakang keluarga dari calon pramugari Citilink secara lengkap dan benar.

Interview Pramugari

Setelah tahapan background check, kamu akan dihadapkan dengan interview pramugari atau user. Pada tahapan ini kamu ditanya oleh pewawancara seputar kepribadian kamu. Hal ini dilakukan untuk melihat kesesuaian antara apa yang kamu jelaskan saat wawancara dengan berkas dokumen pada backround check.

Jadi, sebaiknya mengisi data, mengumpulkan dokumen dan menjawab pertanyaan dengan sejujur-jujurnya ya. Contoh jika kamu lahir di jawa timur jawablah secara jujur sesuai akta yaitu di jawa timur

Belum selesai, kamu harus melewati tahapan wawancara kompetensi. Pada tahapan ini kamu akan ditanyai pengetahuan seputar dunia penerbangan termasuk profil dari Citilink. Nah, sebelum melamar menjadi seorang pramugari Citilink, sebaiknya kamu belajar dan menambah wawasan tentang dunia pramugari. Akan lebih bagus bila kamu telah mendapatkan pendidikan pramugari dari sekolah pramugari.

Hampir terakhir, Medical Check Up (Medex)

Tahp selanjutnya adalah Medical Check up atau yang biasa disebut dengan tes medex (medical examination). Kesehatanmu akan diperiksa secara keseluruhan. Mulai dari tes kesehatan jantung, urin, paru-paru, pernapasan, gigi, pendengaran, hingga tes buta warna.

medex pramugari

medex pramugari citilink di dinas perhubungan udara

Seberapa penting sih? Tentunya tahapan ini akan sangat penting. Seorang pramugari Citilink akan menemui jadwal dan jam terbang yang cukup padat. Sehingga sangat dibutuhkan kondisi tubuh yang selalu fit dan bugar.

Lolos Tes Pantukhir (Pantauan Akhir)

Nah, pantukhir adalah tahap terakhir dalam serangkaian seleksi menjadi pramugari Citilink loh. Pada tahapan ini, setiap calon pramugari akan diminta untuk berhadapan langsung dengan direksi dan pimpinan-pimpinan Citilink. Tidak perlu takut. Kamu hanya butuh tenang dan tentunya menampilkan etika yang baik. Kamu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dan menunjukkan penampilan terbaik.

Sebagai informasi, tahapan ini yang akan menentukan apakah kamu sudah cocok untuk menjadi seorang pramugari Citilink atau belum. Jadi, apabila diajak berkomunikasi dengan direksi dan pimpinan, usahakan untuk berkomunikasi dengan tenang dan leluasa. Biasanya ada beberapa pertanyaan yang ditanyakan mereka seputar dunia penerbangan. Lontarkan selalu senyuman hangat yang wajar dan tidak berlebihan.

Nah, itu dia serangkaian tahapan yang akan dilalui bila kamu ingin menjadi seorang pramugari Citilink. Bagaimana mnurutmu? Tidak terlalu sulit, tapi juga tidak mudah. Kamu bisa melewatinya apabila dibekali dengan persiapan yang matang.

Tips Lolos pramugari Citilink!

Tips lolos seleksi sebenarnya mudah, untuk lolos seleksi kebanyakan maskapai, termasuk Citilink, akan lebih menyukai calon pramugari yang sudah memiliki bekal terkait dengan sekolah pramugari atau sekolah penerbangan, jadi lebih mudah dalam tes pramugari meliputi tes interview pramugari.

pramugari cantik citilink

pramugari cantik citilink

Walaupun setelah lulus menjadi pramugari Citilink, kamu akan menjalani training lebih dulu, tapi tetap saja calon pramugari yang memiliki kompetensi pramugari yang dibuktikan dengan sertifikat pramugari akan lebih dilirik maskapai.

Nah, Java Aviation Academy bisa menjadi solusi kamu. Java aviation academy merupakan sekolah pramugari yang akan membantu kamu dalam persiapan menjadi pramugari Citilink. Kami akan membekali kamu dengan segudang pengetahuan baik softskills maupun hardskills untuk menjadi pramugari yang professional.

Fasilitas Pendidikan Java Aviation Academy

Peluang untuk menjadi pramugari Citilink akan sangat kecil dikarenakan banyaknya orang yang mendaftar. Untuk mengatasi ketakutanmu itu, bergabunglah bersama Java Aviation Academy.

Karena persyaratan pramugari itu tidaklah mudah…

pengajar java aviation

siswa-siswi saat selesai belajar bersama instruktur pramugari salah satu maskapai terbesar di indonesia

Selain membekali pengetahuan pramugari, kami juga akan membantumu untuk bergabung menjadi pramugari Citilink. Kami telah memiliki alumni yang kini bekerja di maskapai terkenal itu, Citilink. Sehingga kami punya relasi dan networking yang sangat baik dengan Citilink, walaupun kamu lulusan SMA

Sekolah Pramugari Faast Penerbangan

Bila kamu yakin dan memiliki tekat yang bulat untuk menjadi pramugari Citilink, kami akan lebih yakin bisa membantumu untuk menjadi pramugari Citilink, menjadi bagian penting dalam maskapai penerbangan terkenal di Indonesia. Selanjutnya pendaftaran faast penerbangan

Pendaftaran Faast

Biaya pendaftaran di Java Aviation Academy sangatlah terjangkau yaitu 300rb dan biaya sekolah atau biaya pendidikan nya pun cukup terjangkau, formulir pendaftaran bisa kamu isi langsung di website kami untuk pendaftaran online.

pengajar java aviation

siswa java aviation bersama pengajar yang merupakan pramugari senior di salah satu di salah satu maskapai di indonesia

Kami pun tidak mewajibkan para calon siswa bisa berbahasa asing karena kami akan latih di kelas untuk bisa berbahasa asing seperti mandarin jepang korea karena kamu tau gaji pramugari citilink

Informasi Pendaftaran

Informasi sekolah pramugari bisa menghubungi panitia pendaftaran whatsaapp 081288989850 syarat pendaftaran minimal sma sederajat & sehat jasmani namun jika kamu masih SMA kamu bisa melakukan pendaftaran online dari sekarang untuk pendaftaran sekolah pramugari.

pengajar java aviation

siswa bersama pengajar bahasa inggris terbaik dan memiliki kompetensi tinggi sehingga kamu bisa fasih berbahasa inggris

Namun saat ini kami belum dapat melayani kartu prakerja ya, mungkin dalam waktu ke depan kami bisa melayani kamu yang ingin menggunakan kartu prakerja di pendidikan sekolah pramugari java aviation academy.

Pendidikan Sekolah Pramugari

Pendidikan sekolah pramugari pun cukup singkat, hanya 3 bulan. Disini kamu akan mempelajari metode wawancara pramugari dari instruktur batik air, lalu visit bandar udara, sampai dengan pertolongan CPR dari tenaga medis langsung

pengajar java aviation

siswa bersama pengajar java aviation yang merupakan pramugari senior di timur tengah

Sekedar informasi walaupun saat ini sedang pandemi corona kami tetap melakukan kegiatan belajar dengan cara online dengan teknologi yang kami miliki & tidak di miliki oleh sekolah manapun. Sebagai salah satuh cegah corona, agar siswa kamu tidak menjadi pasien covid19 🙂

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat