Pernah melihat flight attendant atau pramugari berhijab? Yah, sekarang ini, sudah bukan jamannya dimana penampilan bisa menghalangi seseorang untuk berkarir.

Kebanyakan wanita yang mengenakan tutup kepala saat ini dapat bekerja di perusahaan manapun termasuk menjadi salah satu staff penerbangan (airline staff/ staff airlines) yaitu menjadi pramugari berhijab.

Dulunya, wanita berhijab hanya menggandrungi segelintir pekerjaan saja seperti guru, pegawai bank dan lain-lain. Ada sebagian pekerjaan yang tidak memperbolehkan pekerja wanitanya memakai hijab. Salah satunya adalah menjadi pramugari berhijab.

pramugari berhijab
jilbab bukan halangan menjadi seorang pramugari

Sejak dulu, profesi pramugari sangat diminati karena gaji pramugari yang besar. Namun sayang, pramugari yang memakai hijab tidak diperbolehkan di Indonesia kecuali bila harus terbang dan menempuh perjalanan jamaah Haji dan Umrah.

Namun, semakin berkembangnya zaman, sebagian maskapai penerbangan Indonesia telah memperbolehkan pramugari berjilbab untuk bekerja dalam penerbangan regular. Itu artinya, pramugari bisa menggunakan hijab setiap bekerja.

Jadi tenang, bila kamu merupakan seorang wanita yang berkeinginan menjadi pramugari berhijab, kesempatanmu masih sangat besar kok.

Kamu bisa menggapai mimpimu menjadi pramugari berjilbab dengan tetap mengenakan pakaian yang sopan tanpa rok mini dan baju ketat loh.

Kenapa Pramugari Berhijab Masih Jarang?

Ternyata, pembatasan pramugari dalam berhijab di beberapa maskapai didasari pada beberapa alasan. Maskapai Indonesia memiliki anggapan sehingga membuat keputusan dan kebijakan untuk para pramugarinya. Ini nih alasannya.

Soal Kenyamanan Pramugari Berhijab

Nah, kenyamanan akan mempengaruhi kinerja dari pramugari. Semakin nyaman pramugari berpakaian, maka akan semakin baik pula kinerjanya dalam melayani penumpang. Bagaimana dengan pramugari berhijab?

Sebagai seorang pramugari dituntut harus bisa lincah, gesit, tanggap dan cepat dalam menjalankan tugas. Sehingga, pramugari yang memakai hijab dikhawatirkan bisa mengurangi keleluasaan dan gerak mereka.

Tapi tenang, kini beberapa maskapai sudah mengizinkan pramugari berhijab dalam penerbangannya.

Tentunya, karena berhubungan dengan kenyamanan dan kinerja, maka kamu calon pramugari berjilab harus mengenakannya senyamanmu ya.

hijab pramugari
pramugari menggunakan hijab tetap nyaman saat terbang

Pramugari yang memakai hijab tidak boleh memiliki sanggul setinggi gunung, tidak boleh mengenakan kain berlapis-lapis dan lain-lain yang dirasa akan mengganggu kenyamanan dalam bergerak.

Biasanya ada aturan pramugari berpakaian untuk mengenakan hijab yang diberikan pihak maskapai.

Awak kabin/ pramugari yang berhijab harus simple dan rapi misalnya memakai jilbab dalam baju seragam pramugari, meminimalkan penggunaan jarum dan lain sebagainya.  

Soal Bhineka Tunggal Ika

Indonesia memang Bhineka Tunggal Ika, jadi ada beberapa maskapai yang tidak meperbolehkan pramugarinya berhijab karena dianggap akan mendominasikan atau menonjolkan salah satu agama saja.

Tapi tenang, semakin hari, makna Bhineka Tunggal Ika semakin terkoreksi. Pramugari berjilbab kini banyak diperbolehkan.

Justru semakin beragamnya latar belakang pramugari, baik suku, agama dan lain sebagainya, maka akan semakin memperlihatkan dan memperkenalkan keberagaman Indonesia. Keberagaman yang bisa disatukan dalam sebuah maskapai penerbangan melalui pramugari berjilbab.  

Penampilan Menarik

Penampilan pramugari harus menarik. Bahkan, masing-masing maskapai punya seragam khas. Seragam pramugari garuda akan berbeda dengan seragam pramugari Lion Air, Air Asia dan lain-lain. Nah, selain identik dengan rok mini, keindahan lekuk tubuh dan make-up, tata rambut dari pramugari akan membantu menciptakan penampilan yang menarik.

Keunikan tata rambut pramugari menjadi sorotan khusus yang dianggap mampu menyumbang kecantikan dan penampilan menarik. Lantas bagaimana dengan pramugari berhijab?

hijab menarik
hijab pramugari membuat menarik penumpang nam air

Nah, semakin berkembangnya trend hijab, makin banyak penerbangan membolehkan pramugarinya berhijab.

Justru banyak pramugari berhijab yang tidak kalah cantik dan menariknya dengan pramugari lain yang tidak berhijab.

Jadi, kamu masih punya peluang untuk menjadi pramugari berhijab ya. Sebab, mengenakan hijab juga bisa terlihat cantik dan menarik loh.

Nah, itu beberapa hal yang membuat pramugari yang mengenakan hijab dipertimbangkan dalam sebuah maskapai penerbangan. Untuk saat ini, mengenakan hijab bukan lagi penghalang ya.

Pramugari Berhijab Luar Negeri

Ternyata banyak maskapai penerbangan luar negeri yang mengizinkan awak kabinnya mengenakan hijab bahkan mewajibkan pramugarinya mengenakan hijab.

Kebanyakan maskapai penerbangan yang memiliki pramugari berjilbab berasal dari negara timur tengah ataupun negara yang memang kental dengan syariat islam. Beberapa diantaranya adalah:

Saudia Arabia Airlines

Sesuai dengan namanya, maskapai ini berasal dari Saudi Arabia. Negara yang memang memberlakukan syariat islam ini mewajibkan seluruh pramugari berhijab.

Meraj Airlines  

Maskapai asal Iran ini memiliki kekhasan dengan pramugari hijab hitam dan topi biru.

Royal Brunei Airlines

Sebuah maskapai penerbangan milik Brunei Darussalam ini memiliki standar bagi pramugari berhijabnya yaitu mengenakan baju biru dengan jilbab warna pink salmon.

Rayani Airlines

Maskapai penerbangan yang berasal dari Malaysia ini justru menerapkan syariat islam. Tidak hanya dengan pramugari berhijab. Dalam penerbangan akan disediakan makanan halal dan tidak menyediakan minuman beralkohol. Namun sayang, saat ini Rayani Airlines sudah tutup.

Masih banyak lagi loh.

Bagaimana Pramugari Berhijab Indonesia?

Pramugari yang berhijab di Indonesia pertama kali diberlakukan di maskapai NAM Air Indonesia. Pramugari NAM Air boleh mengenakan jilbab dalam setiap penerbangan.

Perusahaan penerbangan yang merupakan anak dari Sriwijaya Air ini memperbolehkan pramugarinya berhijab sejak tahun 2013.

Kemudian, beberapa tahun kemudian, pramugari Sriwijaya Air dibolehkan mengenakan hijab mengikuti jejak anaknya. Maskapai Sriwijaya ini bahkan memperbolehkan pramugari berhijab dalam penerbangan regular.

Tidak hanya memperbolehkan pramugarinya berhijab saja, maskapai Sriwijaya juga terbiasa mengajak penumpangnya berdoa bersama sebelum penerbangan dilakukan.

Nah, sejak saat itulah, mulai banyak maskapai lain yang memperbolehkan pramugarinya berhijab misalnya maskapai Citilink.

pramugari nam air
pramugari nam air

Sementara itu, Garuda Indonesia masih hanya memperbolehkan pramugarinya berhijab dalam penerbangan non-regular, misalnya perjalanan Haji dan Umrah.

Jadi, untuk penerbangan dalam negeri dan luar negeri selain perjalanan haji dan umrah, pramugari Garuda Indonesia tidak diperbolehkan untuk berhijab ya.

Bagaimana dengan pramugari Batik Air, Batik Air dan pramugari Lion Air? Untuk kedua maskapai besar ini juga belum memperbolehkan pramugarinya berhijab.

Pramugari yang Mendarat di Aceh Harus Berhijab

Nah, ini adalah salah satu isu yang sempat viral beberapa tahun lalu. Tidak hanya penerbangan umrah dan haji saja yang mengharuskan pramugarinya berhijab. Penerbangan yang mendaratkan pesawatnya di Aceh juga harus mengenakan hijab loh.

Bandara Sultan Iskandar Muda merupakan bandara yang berada di Banda Aceh, Provinsi Aceh. Sesuai dengan pemberlakuan hukum dan aturan syariat islam di Aceh, maka berlaku pula peraturan untuk kewajiban berhijab bagi pramugari bila sampai ke Aceh.

Keputusan pemerintah Aceh tentang keharusan pramugari mengenakan hijab ini disetujui oleh seluruh maskapai yang memiliki penerbangan ke Bandara Sultan Iskandar Muda.

fa wajib hijab di aceh
pramugari wajib hijab di aceh

Jadi, hingga sampai saat ini, seluruh pramugari dari penerbangan maskapai manapun harus mengenakanberhijab saat landing di Serambi Mekah, termasuk maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air dan Air Asia ya.  

Itulah beberapa fakta terkait dengan pramugari berhijab. Dulu yang terasa lebih dibatasi, kini kamu yang berhijab tetap memiliki peluang untuk menjadi seorang pramugari yang mengenakan hijab ya.

Kamu tetap harus rajin mencari informasi pendaftaran pramugari di website resmi maskapai impianmu ya. Kamu harus mempelajari juga syarat menjadi pramugari. 

Jangan merasa terkucilkan dan dikesampingkan. Pramugari boleh berhijab kok. Selagi kamu memenuhi syarat pramugari hingga lolos tes kesehatan dalam seleksi pramugari (tes pramugari) serta memahami dunia penerbangan khususnya dunia penerbangan pramugari, kamu bisa menjadi kandidat kuat loh menjadi pramugari yang berhijab. Jadi, kamu harus terus mempersiapkan diri untuk skill dan kompetensimu ya. Sini, kami bantu.

Java Aviation Academy, Sekolah pramugari Indonesia 

Bila kamu telah bergabung bersama kami maka kami wajib membantumu. Kami adalah sekolah penerbangan/ lembaga pendidikan staff penerbangan/ sekolah pramugari yang bereputasi baik dan terbukti meluluskan siswanya menjadi pramugari pramugara. Dengan serangkain pola pendidikan yang kami berikan akan membuatmu menjadi kandidat pramugari berjilbab yang kuat.

Tidak perlu pesimis dengan hijabmu. Kami punya fasilitas pendidikan sekolah pramugari yang mumpuni. Java Aviation Academy akan memberikan pembekalan (pendidikan staff ataupun airline staff training) untuk  suskses melewati tes masuk/ tahapan tes menjadi pramugari yang profesional termasuk cara tes wawancara yang baik, berpenampilan yang menarik dan pembekalan kompetensi seorang pramugari..

Kamu tidak sendiri, kami sekolah pramugari berhijab yang punya link dan networking yang baik. Java Aviation Acedemy akan menjembatanimu untuk menggapai mimpimu menjadi pramugari terbaik di Indonesia.

Mulailah Bersama Kami, Masuk Sekolah Pramugari 

Nah, teruntuk kamu para pramugari berhijab soon-to-be, info pendaftaran, syarat pendaftaran (syarat masuk), biaya pendidikan (biaya sekolah penerbangan/ biaya sekolah pramugari) serta rangkaian pendaftaran sekolah pramugari dapat dilihat di website resmi Java Aviation Academy ya.

Syarat masuk sekolah dan pendaftaran sekolah penerbangan Java Aviation Academy tidak ribet kok. Kamu cukup mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu.

Informasi sekolah dan Informasi pendaftaran masuk sekolah pramugara dan pramugari termasuk syarat pendaftaran sekolah pramugari dan sekolah pramugara Java Aviation Academy lebih lanjut bisa diperoleh langsung di alamat kampus yaitu Haery 1 Building, Jl. Kemang Selatan No.151, Kota Jakarta Selatan 12560 atau hubungin panitia pendaftaran di +62 8128 8989 850 (Whatsapp/ Mobile).

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat