Pramugara atau flight attendant pria alias awak kabin pria adalah salah satu profesi yang banyak digandrungi kaum muda pria. Apalagi bila bisa menjadi kru dalam salah satu maskapai komersil terkenal di Indonesia yaitu menjadi pramugara Batik Air.

Maskapai penerbangan Batik Air akan menyediakan fasilitas, gaji pokok dan tunjangan seperti uang terbang dan lain-lain yang menggiurkan untuk setiap pramugaranya sesuai jam terbang. Sehingga wajar bila menjadi seorang awak kabin Batik Air harus melewati tahapan seleksi masuk yang sulit.

pramugara batik air
pramugara batik ganteng

Tidak hanya itu, sangat sering pramugara Batik Air berjodoh dengan pramugari maskapai Indonesia juga loh, baik itu pramugari Lion Air, pramugari Sriwijaya, pramugari Citilink, pramugari Air Asia, Wings Air atau bahkan pramugari Batik Air itu sendiri. 

Biasanya nih, proses seleksi menjadi pramugara pesawat Batik Air diselenggarakan pihak maskapai secara walk in interview. Jadi, kamu akan bertemu langsung dengan ratusan kandidat lainnya. Tapi jangan ciut dulu ya.

Nah, di sini kamu akan mengetahui apa saja tahapan seleksi menjadi pramugara Batik Air, berikut dengan tips dan triknya loh.  

TB/BB Untuk Calon Pramugara Batik Air

Berhubung proses seleksinya dilakukan dengan walk in interview, maka setiap calon pramugara Batik Air termasuk kamu harus registrasi dulu ya.  Kamu akan diberikan nomor antrian oleh panitia pendaftaran.

Selanjutnya, berkas pendaftaran yang telah kamu siapkan dari rumah, diserahkan ke pihak panitia. Kamu bisa melihat syarat dan berkas yang harus dipenuhi di webste resminya Batik Air ya.

Nah, tes pertama yang dadakan adalah tes tinggi dan berat badan ya. Setiap kandidat pramugara Batik Air akan dipersilahkan masuk ke ruangan dan diukur TB/BB nya.

tinggi pramugara
jadi pramugara harus tinggi?

Untuk menjadi pramugara Batik Air, kamu harus memiliki minimum tinggi badan 170 cm. Tinggi badan segitu harus dibarengi dengan berat badan yang proporsional dan ideal ya.

Batik Air mengukur badan idealmu dengan mengikuti Body Mass Index. Kamu bisa mengukur apakah tubuhmu sudah ideal atau belum menggunakan BMI. https://www.calculator.net/bmi-calculator.html

Pada tahapan ini, banyak sekali calon kandidat yang terpangkas loh. 

Kandidat lolos akan diminta untuk mengisi formulir. Formulir yang harus diisi yaitu seputar data diri, pendidikan terakhir dan kesibukan saat melamar. Namun untungnya, kamu yang dinyatakn belum lolos bisa mengikuti tes lagi di perekrutan berikutnya.

Nah, agar lolos di tahap ini, kamu harus menjaga pola makanmu. Sembari menunggu jadwal perekrutan selanjutnya, olahraga yang direkomendasikan untuk menambah tinggi badanmu adalah berenang.

Selain badan ideal, seragam akan menunjukkan ciri khas dari masing-masing maskapai. Tentunya seragam pramugara Batik Air akan berbeda dengan pramugara lion air dan lain-lain. Ini nih Baju Pramugara di 7 Maskapai Penerbangan Terbaik.

Begitupun dengan seragam pramugari yang juga akan berebeda-beda, seragam pramugari batik air akan berbeda dengan seragam pramugari garuda, seragam pramugari sriwijaya air, seragam pramugari lion air. Bahkan seragam pramugari senior dan pramugari junior bisa berbeda. Nah, Ini Seragam pramugari Indonesia .

Wawancara Singkat Langsung

Dihari yang sama, kamu akan langsung mengikuti wawancara singkat. Setiap kandidat pramugara Batik Air akan ditanya berdasarkann isi formulir yang telah diisi. Komunikasi wawancara bisa menggunakan bahasa indonesia atau bahasa inggris tergantung si pewawancara.

Apa triknya? Di kesempatan yang singkat inilah kamu ‘menjual dirimu’. Jauh dari konotasi negatif, kamu harus mempromsikan dirimu dengan baik ya, jangan terlalu melebar dan terlihat angkuh.

Tes Performance ala Pramugara Batik Air

Bagi yang dinyatakn lolos, akan langsung mengikuti tes performance. Nah, apa yang diinilai ya? Pada tes ini, kondisi fisikmu akan dinilai.

Mulai dari kualitas kulit tangan, kulit wajah, kaki yang varises atau tidak, ada luka atau tidak, tato, tanda lahir, struktur bahu, punggung bungkuk atau tidak dan lain-lain. Penting nih, kamu sebaiknya bawa parfumnya, karena bau badan juga dipantau loh.

tes performance pramugara
tes performance harus memiliki trik

Sebagai calon pramugara batik air, cara senyum dan jalanmu akan dinilai juga. Jadi usahakan menampilkan yang terbaik ya.

Bukan hanya itu, penguji akan memberikan beberapa pertanyaan yang bervariasi, misalnya latar belakangmu, kesibukanmu, motivasimu menjadi pramugara, kenapa memilih maskapai mereka hingga rute penerbangan yang kamu tahu. Pengetahuanmu tentang safety, security dan service juga akan diuji.

Bahkan penguji meminta opinimu terkait dengan permasalahan dunia penerbangan, misalnya opinimu tentang pesawat jatuh.

Nah, kuncinya adalah memberikan bahasa tubuh yang rileks. Jawaban to the point dan jangan muter-muter. Usahakan jangan sombong dan mendominasi tentunya.

Tes Bahasa Inggris

Untuk menguji kemampuan bahasa inggrismu, ada 2 tes yang harus dilalui yaitu TOEIC dan wawancara.

Setelah tes TOEIC selesai, maka langsung dilakukan wawancara. Wawancara untuk menjadi pramugara Batik Air dilakukan secara ramai-ramai. Misalnya dalam satu ruangan ada satu pewawancara dengan lima kandidat.

inggris pramugara
pramugara harus bisa bahasa inggris?

Nnti kandidat akan membentuk setengah lingkaran. Terus pertanyaan yang diajukan berisi tentang ambisi dan aspirasi dari setiap kandidat. Ini cuma mau tau kemampuanmu merespon pembicaraan dalam bahas inggris.

Jadi, persiapkan bahasa inggrismu ya, walau masih belum lancar, coba untuk rileks dan percaya diri saja. Karena bahkan jika terlalu mendominasi justru kurang baik.

Psikotes Menuju Pramugara Batik Air

Nah, pada tahapan ini juga cukup sengit. Kamu akan menyelesaikan beragam soal untuk mengetahui psikologimu.

Kamu harus bisa hitung cepat dan menjawab beberapa pertanyaan seputar sikap dan sifat dari dirimu.

Tipsnya adalah lagi-lagi kamu harus rileks ya. Usahakan untuk konsisten dengan semua jawaban yang kamu berikan.  Dalam menjawab soal kamu harus berusaha jadi diri sendiri saja. Tidak perlu menutupi diri dan sifat.

Sebab bila kamu memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan kepribadianmu, itu yang bisa membuat jawabannu tidak konsisten. Jadi, hati-hati ya.

Tes Fisik dan Pantauan Direksi

Tes selanjutnya adalah tes fisik dan pantauan diireksi. Nah, sesuai dengan namanya, pada tes ini setiap kandidat pramugara Batik Air akan dihadapkan langsung dengan direksi maskapai.

Tenang, jangan gugup, kamu tetap menampilkan sikap terbaik ya. Perhatikan senyummu, cara berjalan dan berdirimu.

Namanya juga pantauan, direksi maskapai akan memantau kondisi fisikmu. Jadi, jangan kaget bila kamu diminta untuk berjalan bolak-balik atau disuruh mengangkat tanganmu untuk ngecek tato dan lain sebagainya. Pokoknya, lakukan saja apa yang diminta oleh direksi dengan baik ya.

Beberapa pertanyaan juga akan ditanyakan, misalnya, pernah operasi atau tidak, pernah jatuh dan menimbulkan luka atau tidak dan lain-lain.

Tesnya sederhana kok. Tipsnya adalah tetap tenang dan terlihat nyaman ya.

Medical Examination (Medex)

Nah, ini adalah tes terakhir ya. Tesnya tidak diadakan di rumah sakit, tapi di Balai Kesehatan Penerbangan. 

Kesehatanmu akan dicek secara keseluruhan loh, mulai dari cek mata (buta warna dan rabun), pendengaran, tekanan darah, tes urin, kesehatan jantung, paru-paru dan lain-lain.

Tenang, bila kamu merasa sehat, tes ini akan berjalan dengan sangat lancar. Bahkan, beberapa penyakit ringan masih bisa diberikan toleransi ya.

Nah itu serangkaian tahapan tes untuk menjadi pramugara Batik Air yang harus kamu lewati. Cukup sulit memang.

Maskapai harus mendapatkan pramugara yang berkualitas tentunya. Sebab, pramugara Batik Air merupakan icon pelayanan dari setiap penerbangan Batik Air. Jadi wajar bila susah. Jangan khawatir ya.

Sekolah Pramugara, Java Aviation Academy

Kamu harus bergabung bersama kami. Sekolah pramugara yang telah lama berdiri dengan telah banyak alumninya yang tersebar di berbagai maskapai Indonesia seperti Lion Air, Garuda Indonesia, Nam Air, Sriwijaya Air, Air Asia termasuk Batik Air, salah satu maskapai penerbangan komersil di Indonesia.

Bukan menjadi sebuah halangan besar untuk melewati serangkaian tes menjadi pramugara Batik Air. Kamu akan kami berikan bocoran dan tips lainnya yang menjadi kunci tembus sukses menjadi pramugara Batik Air loh.

Kami punya banyak sekali program dan menyediakan fasilitas pendukung untuk membantumu mengembangkan skillmu dalam dunia pramugara. Itulah yang menjadi nilai plus bagimu di antara kandidat pramugara Batik Air lainnya.

pramugara batik air
kami bisa membantumu menjadi pramugara batik

Berani bergabung bersama kami, maka kamu berani bekerja untuk salah satu maskapai komersil Indonesia ini menjadi Pramugara Batik Air.

Bagaimana mau sekolah pramugara di masa pandemi ini? Nah, informasi nih, berhubung jumlah positif corona yang banyak, kamu tetap bisa mejadi relawan corona dalam penanganan covid19 (virus corona) loh, dengan cara mematuhi protokol kesehatan dan sosial yang diberikan pemerintah. Bagaimana?

Java aviation academy (sekolah pramugari pramugara) akan memberikan program pendidikan dan pembelajaran dengan mematuhi social distancing juga. Bahkan, sangat memungkinkan dilakukan melalui online.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat