Memang benar, masuk ke dunia kerja itu makin hari makin susah aja. Itu karena persaingan tenaga kerja yang selalu meningkatkan standarnya tiap saat.

Termasuk di dunia penerbangan, makin kesini susah-susah gampang masuknya. Apalagi buat yang modal nekad doang. Maksudnya coba-coba daftar pramugari tanpa sekolah dulu.

Padahal kalau kamu belajar di sekolah khusus, seperti sekolah pramugari misalnya. Kamu akan diajari soal standar kualifikasi itu. Jadinya pas tes rekrutment bisa lolos sampai tahap pantukhir yang biasanya menghadirkan jajaran direksi perusahaan.

Pramugari Java Aviation Academy

Alumni Sekolah Pramugari Java Aviation Academy

Kalau nggak benar-benar punya “skill”, “lucky” dan “personality” yang bagus, maka agak susah buat tembus lolos kerja.

Anggap aja perbandingannya cuma 2:10.

Dari 10 pelamar kerja, cuma dua orang yang lolos.

Dan yang dua ini memang punya keterampilan, keberuntungan dan kepribadian yang menyenangkan di mata perusahaan.

Di era sekarang, punya gelar sarjana pun belum menjamin bisa dapat kerja. Iya, kan?

Pasti kalian pernah menggerutu, kuliah lama-lama ujung-ujungnya susah cari kerja?

Buat kalian yang sedang merasakan betapa sulitnya cari kerja. Baca deh uraian di bawah ini, siapa tahu membuka wawasanmu. Bahwa dunia nggak sesempit itu. Masa depan masih memungkinkan buat menjadi hari bahagiamu sebagai anak muda mapan.

1. Pengin Jadi Pramugari? Langsung Sekolah Pramugari Aja

Pengin jadi pramugari itu nggak perlu muter-muter dulu, pakai kuliah dulu, baru jadi pramugari.  Karena ini kurang efisien waktu, walaupun bagus juga buat nambah ilmu.

Pokoknya siapa saja yang pengin jadi pramugari, syaratnya nggak mesti gelar sarjana, kok! Lulus SMA langsung aja daftar di sekolah pramugari.

Tapi buat kalian yang udah terlanjur kuliah, nggak apa-apa kok. Nggak ada ilmu yang sia-sia.

Seandainya kamu memang pengin kuliah sambil sekolah pramugari. Usahakan jurusan kuliahmu yang mendukung karir terbangmu kelak, ya! Misalnya mengambil jurusan ilmu komunikasi atau hubungan internasional.

2. Susah Dapat Kerja Belum Tentu Nggak Kompeten

Gini guys… Terkadang saat kita terlalu sering ditolak melamar kerja. Pasti rasanya kecewa banget, kan?

Dunia serasa runtuh dan kita menjadi orang paling nggak berguna dan bodoh. Ini adalah negative thinking yang banyak menjangkiti siapapun.

Tapi jangan putus asa dulu ya! Susah dapat kerja belum tentu nggak kompeten. Bisa jadi emang belum nemu bidang pekerjaan yang cocok aja.

3. Cobain Sekolah Pramugari

Prospek sekolah jurusan pramugari memang bagus. Karena tiap siswa diajari untuk fokus belajar pada satu rumpun bidang aja, yaitu bidang pramugari.

Bayangkan dengan kuliah. Meskipun jurusannya cuma satu, tapi materi yang dipelajari sangat banyak. Inilah yang menyebabkan outputnya tidak sama.

Maksudnya, nggak semua lulusan sarjana itu menguasai semua bidang studi yang ia ambil. Dan nggak semua lowongan kerja membutuhkan penguasaan pula atas bidang itu.

Artinya, kuliah hingga detik ini masih banyak menghadirkan kurikulum yang pada akhirnya kurang bisa dipakai di lapangan kerja nyata.

4. Sekolahnya Cepat, Dapat Kerja Juga Cepat

Jika kalian kuliah D3, minimal menghabiskan waktu 3 tahun. Sedangkan untuk S-1, paling cepat 3,5 tahun atau normalnya 4 tahun.

Beda deh kalau sekolah pramugari, ini benar-benar cepat banget. Cuma 3 bulanan aja udah bisa lulus dan daftar kerja. Kerjanya pun disalurin sama lembaganya, seperti Java Aviation Academy ini.

5. Training di Java Aviation Academy, Mumpung Belum Terlambat

Jika usiamu sekarang baru 20-21 tahun-an, masih besar potensimu buat mengubah arah kehidupan dengan menjadi pramugari.

Baik kamu sudah mengantongi ijasah sarjana maupun belum, semuanya bisa kok daftar training di JAA. Untuk mendaftar Java Aviation Academy gampang banget loh.  Kamu nggak perlu ke Jakarta, cukup daftar online aja di sini.

6. Ikutan Event Seleksi Walk in Interview, Yuk!

Nggak semua sekolah pramugari mengadakan Walk in Interview. Tapi tiap tahun Java Aviation Academy mengadakannya loh di kota-kota besar di Indonesia.

Seperti di tahun 2020 ini, JAA mengadakan seleksi langsung di 5 kota Indonesia, yaitu: Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar dan Medan.

Jadi buat kamu yang tinggal di dekat kota-kota ini, bisa langsung ikut tesnya di Favehotel setempat. Infonya ada di sini juga.

Untuk update jadwal Walk In Interview JAA ini, sebaiknya kalian pantau informasinya terus melalui Instagram di @Javaaviationacademy. Biar kalau ada perubahan jadwal bisa langsung tahu.

7. Apa yang Bakal Kalian Dapetin Kalau Sekolah Pramugari di JAA?

Jangan tanya ini dulu deh sebelum kalian melihat langsung bagaimana proses belajar di JAA yang intensif.

Kami memadukan pembelajaran praktek di lapangan dengan teoritis di kelas. Jadi kelak kalian bakal gampang cari kerjanya.

Biar bagaimana pun, untuk menjadi pramugari itu seleksinya ketat banget.

Secanggih apapun sebuah lembaga pendidikan pramugari dalam menjembatani proses rekrutmen kerja di Airlines, semua hasilnya tergantung pada kemampuanmu.

8. So, Belum Ada Kata Terlambat Buat Belajar

Daripada kuliah lama-lama, ujung-ujungnya susah cari kerja.

Mending juga langsung sekolah pramugari dan langsung dapat kerja, kan?

Secara biaya juga nggak beda jauh dan bahkan malah lebih murah daripada kuliah. Jadinya nggak bakal beratin keuangan.

Jangan patah arang ya! Karena semangat kemajuanmu ibarat obor yang menerangi kegelapan masa depan.

Mari berjalan dalam cahaya kehidupan yang terang, yaitu kehidupan orang-orang yang sukses bekerja di penerbangan.

Sebelum menutup sesi ceramah kali ini, JAA mau ngasih pesan buat adik-adik.

Tips-tips di atas bukan berarti kami melarang kalian buat kuliah.

Kalau kalian bisa kuliah sambil sekolah pramugari, itu juga akan sangat bagus di mata maskapai kelak.

Soalnya pramugari zaman sekarang dituntut buat multitasking dan smart.