Ini lho kuliah Jurusan IPA yang punya prospek bagus kedepannya, Kamu pilih yang mana?

Memilih jurusan kuliah IPA dewasa ini terkesan cukup krusial mengingat banyak lulusan yang pada akhirnya hanya menganggur alih-alih pilih jurusan yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Memilih jurusan pun bukan perkara peminatan saja namun juga prospek untuk persiapan masuk dunia kerja.

Banyak orang yang menilai lulusan IPA dan prospek kerjanya cukup bagus. Hal ini tak menutup kemungkinan mengingat ada banyak sekali jurusan yang didambakan siswa-siswa lulusan jurusan IPA ini.

Artikel Kita kali ini akan membahas kuliah jurusan IPA yang memiliki prospek kerja yang cukup menggiurkan.

Hal ini cukup penting mengingat lulusan SMA saja tak cukup untuk masuk dunia kerja professional. Perlu adanya persiapan masuk kerja yang spesifik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Berikut ulasan selengkapnya :

1. Jurusan teknik

Salah salatu jurusan yang paling banyak diincar oleh lulusan IPA adalah jurusan teknik. Tak salah memang mengingat saat ini kebutuhan ahli teknik semakin meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan riset Said Didu pada tahun 2011 pada tahun 2010 hingga tahun 2015 setidaknya dibutuhkan ahli teknik sebanyak 57.000 pekerja.

Sedangkan pada tahun 2015 hingga 2020 diproyeksikan kebutuhannya akan melonjak menjadi 90.500 pekerja di sektor teknik.

Jurusan teknik sendiri memiliki banyak sekali penjurusan mulai dari teknik informatika, jurusan teknik perminyakan, arsitektur hingga teknik kimia.

Memilih jurusan tersebut tentunya bukan hanya perihal suka tak suka namun harus tetap melihat mana yang prospektif kedepannya cotohnya teknik informatika yang lulusannya saat ini bisa dibayar mahal oleh perusahaan-perusahaan yang merekrutnya.

Hal ini mengingat daya tampung universitas terbaik untuk mahasiswa teknik selalu terbatas setiap tahunnya.

2. Pendidikan Kedokteran

Jika Kamu ditanya apa cita-citamu saat masih kecil bisa jadi salah satu cita-cita tersebut adalah menjadi dokter, bukan? Nyatanya biaya kuliah pendidikan kedokteran di Indonesia saat ini tidaklah murah.

Terlebih daya tampung setiap kampus pun terbatas karena universitas biasanya akan lebih mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas.

Perlu Kamu pahami, untuk mendapatkan gelar sebagai dokter setidaknya paling cepat Kamu menghabiskan waktu selama 7  tahun.

Berbeda dengan jurusan lain hal ini karena pilihan jurusan kuliah kedokteran memiliki tahapan-tahan pendidikan mulai dari S1 kedokteran, Koas, internship dan akan semakin lama jika Kamu mengambil spesialis. Biaya kuliah yang dikeluarkan pun tak sedikit, jadi Kamu harus benar-benar serius saat mempelajari ilmu kedokteran ya!

3. Teknik kimia

Jurusan kuliah IPA berikutnya yang bisa Kamu coba adalah jurusan teknik kimia yang umumnya masih merupakan bagian dari fakultas teknik.

Program studi atau jurusan teknik kimia sendiri adalah jurusan yang mempelajari ilmu tentang proses pengolahan atau pembuatan bahan mentah yang akan dipergunakan secara komersil yang memanfaatkan proses-proses kimia.

Jurusan ini tentunya cocok untuk anak IPA mengingat basis ilmu dasar dari IPA adalah fisika dan kimia yang tentunya akan bermanfaat pada saat masuk jurusan ini.

Jika Kamu baru lulus dari jurusan IPA tak perlu bingung lagi untuk memilih jurusan kuliah ini karena proseknya pun cukup cerah mengingat saat ini industri manufaktur di Indonesia tengah berkembang cukup pesat.

kuliah jurusan ipa

4. Jurusan desain

Fakultas teknik sebenarnya memiliki banyak sekali cabang ilmu yang bisa Kamu pilih, salah satunya dalah jurusan desain yang bisa menjadi pilihan anak IPA. Jurusan desain adalah jurusan yang mempelajari tentang semua dunia kreativitas mulai dari desain grafis, desain interior hingga desain komunikasi visual. 

Setelah lulus dari program studi yang tersedia di jurusan desain Kamu pun bisa menjadi desainer grafis yang saat ini cukup banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan.

kuliah jurusan ipa

5. Jurusan farmasi

Jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan jurusan IPA adalah jurusan farmasi. Jurusan farmasi adalah program studi yang mempelajari tentang obat-obatan.

Menariknya jurusan ini disebut-sebut sebagai program studi interdisipliner karena berkaitan pula dengan biologi, kimia hingga manajemen yang merupakan program studi dari turunan disiplin ilmu ekonomi. Jurusan farmasi ini tetunya cocok untuk anak lulusan dari IPA.

kuliah jurusan ipa

6. Sekolah pramugari/pramugara/ground staff

Pilihan berikutnya yang bisa dicoba untuk lulusan jurusan IPA adalah sekolah pramugari, pramugara maupun ground staff. Secara garis besar pekerjaan seorang pramugari, pramugara maupun ground staff adalah berkaitan dengan dunia penerbangan. Biaya kuliah yang rendah, dan sumber daya manusianya yang selalu dibutuhkan menjadi daya tarik tersendiri.

Prospek kerja dari lulusan SMK ataupun SMA yang sekolah menjadi pramugari ataupun ground staff pun sangat terbuka lebar mengingat saat ini mobilitas masyarakat cukup tinggi dengan menggunakan pesawat.

Bandingkan dengan kuliah di universitas yang memakan waktu setidaknya 3 tahun untuk sekolah vokasi dan 4 tahun untuk sekolah setingkat strata 1. Di sekolah pramugari Kamu akan diajarkan berbagai macam hal menarik dan tentunya Kamu dapat lulus hanya dalam waktu 3 bulan saja.

Selain itu Kamu pun akan di salurkan bekerja di maskapai-maskapai penerbangan yang bonafide seperti Garuda Indonesia, Lion Air dan lain sebagainya.

Memilih jurusan kuliah tentunya bukanlah perihal mudah. Keinginan untuk bisa cepat diserap di dunia kerja hingga gaji yang besar tentunya menjadi pertimbangan tersendiri. Hal yang paling mendasar tentunya prospek kerjanya dari jurusan yang Kita ambil.

kuliah jurusan ipa

Tentang Kami

Kami adalah Java Aviation academy yang merupakan sekolah pramugari, pramugara dan ground staff yang telah berpengalaman dibidangnya selama bertahun-tahun.

Untuk Kamu lulusan IPA yang tengah bingung dengan pilihan jurusan kuliah dan masih ragu dengan prospek kerjanya, sekolah pramugara, pramugari dan ground staff  di Java Aviation Academy adalah pilihan yang cocok.

Selain dididik oleh tenaga pengajar yang berpengalaman, Kamu juga akan disalurkan ke maskapai-maskapai penerbangan dan tentunya dapat segera bekerja setelah menempuh pendidikan selama 3 bulan.

Tunggu apa lagi, daftarkan diri Kamu sekarang karena daya tampung Kami sengaja Kami batasi untuk meningkatkan kualitas hasil lulusan dari Java Aviation Academy.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat