jangan bingung setelah lulus sma, Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Daftar Sekolah Pramugari

Bingung mau melanjutkan sekolah kemana setelah lulus SMA? Jika Anda memiliki tinggi badan minimal 160 cm, berpenampilan menarik dan bisa berkomunikasi dengan baik, yuk ikuti pendaftaran sekolah pramugari. Ada peluang besar menanti Anda untuk menjadi pramugari handal Indonesia yang bekerja di maskapai besar seperti Garuda Indonesia atau Lion Air?

jangan bingung setelah lulus sma, Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Daftar Sekolah Pramugari

5 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Mendaftar Sekolah Pramugari

Jika Anda tertarik, berikut ini 5 hal penting yang wajib Anda ketahui sebelum mendaftar sekolah pramugari. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Syarat-Syarat Menjadi Siswa Sekolah Pramugari

Ketahui terlebih dahulu syarat-syarat menjadi siswa sekolah pramugari, apakah Anda sudah memenuhi syarat atau belum? Berikut ini syarat-syaratnya;

  • Wanita
  • Tinggi badan minimal 160 cm
  • Usia maksimal 21 tahun (saat mendaftar)
  • Pendidikan minimal SMA/sederajat
  • Belum pernah menikah. Hal ini penting karena jika seorang pramugari hamil saat bertugas, akan mengganggu kinerja serta membahayakan diri ibu dan bayinya.
  • Bisa berenang
  • Bisa berbahasa inggris baik aktif maupun pasif
  • Bisa berkomunikasi dengan baik
  • Memiliki berat badan ideal dan bentuk tubuh proporsional.

 

Berapa Biaya Sekolah Pramugari

Hal berikutnya yang wajib sekali diketahui sebelum Anda memantapkan diri untuk mendaftar sekolah pramugari adalah berapa besar biayanya. Biaya sifatnya sangat sensitif dan krusial, tidak semua orang mampu membayar biaya sekolah dalam jumlah tertentu. Bagi sebagian orang mungkin angka tersebut kecil, namun bagi sebagian lagi jumlah tersebut terhitung fantastis.

Maka dari itu, perlu dilakukan perencanaan yang matang sebelum Anda mendaftarkan diri ke sekolah pramugari. Lakukan diskusi bersama orang tua tentang besaran biaya, dan bagaimana prosedur pembayarannya, apakah boleh diangsur atau harus sekaligus?

Besaran biaya sekolah pramugari akan bervariasi tergantung Lembaga penyelenggara. Kisarannya antara 15 juta hingga 30 juta selama masa Pendidikan.  Biaya ini hanya biaya yang masuk ke Lembaga, belum termasuk biaya hidup sehari-hari dan biaya lainnya seperti biaya magang. Jumlah ini tentu sebanding dengan potensi penghasilan yang akan didapat setelah menjadi pramugari nanti. Gaji besar dan fasilitas menarik tentunya sudah menanti.

Berapa Lama Durasi Pendidikan Sekolah Pramugari

Mengapa sekolah pramugari sangat direkomendasikan? Salah satu alasannya karena durasi pendidikannya yang singkat bahkan jauh lebih singkat jika disbanding Pendidikan formal lainnya yang membutuhkan waktu dua hingga lima tahun. Pendidikan pramugari hanya membutuhkan waktu tiga hingga enam bulan saja, biasanya kurang dari satu tahun para siswa sudah siap bekerja. Dengan durasi Pendidikan yang singkat, memungkinkan siswa untuk terjun ke dunia kerja lebih cepat sehingga mampu menghasilkan uang lebih cepat pula.

Lokasi Sekolah Pramugari

Berikutnya, ketahui juga mengenai lokasi sekolah pramugari. Saat ini, sekolah pramugari sudah menyebar di seluruh Indonesia dan sudah ada hampir di setiap kota. Ketahui lokasi sekolah pramugari yang Anda minati. Jika sekarang Anda berada di kota Yogyakarta, Anda bisa datang ke lokasi Java Aviation Academy di Ruko Dr. Sarjito, Jl. Prof. DR. Sardjito No.Kav. E, Terban, Gonokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223. Bagi Anda yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya, sekolah pramugari Java Aviation Academy hadir sebagai pilihan ekslusif bagi Anda yang ingin mewujudkan cita-cita menjadi seorang pramugari.

Legalitas Sekolah Pramugari

Hal penting lainnya saat Anda hendak mengikuti pendaftaran sekolah pramugari adalah legalitas dan akreditasi sekolah tersebut. Penting sekali bagi setiap sekolah atau Lembaga Pendidikan untuk memiliki legalitas yang menandakan bahwa sekolah tersebut sah/diakui secara hukum. Legalitas dari Lembaga terkait bisa dari kementrian Pendidikan, kementrian ketenagakerjaan serta kementrian perhubungan.

Selain legalitas, nilai akreditasi juga menjadi hal penting lainnya yang akan menjadi bahan pertimbangan. Sekolah pramugari harus telah lulus akreditasi atau uji kelayakan akademis yang diselenggarakan oleh BAN-PT atau Lembaga sejenisnya. Pastikan Anda mendaftar ke sekolah pramugari dengan nilai akreditasi A atau setidaknya B.

WhatsApp chat