Saat ini, kuliah bukan hanya semata-mata mencari ilmu dan mengembangkan wawasan. Prospek kerja pun dapat dilihat ketika kamu tidak salah dalam menjatuhkan pilihan jurusan kuliah.

Coba kita hitung, saat ini ada berapa ribu kampus di Indonesia? Ada berapa total mahasiswanya? Tentu sumber daya melimpah dengan lapangan kerja yang tak sebanyak itu.

Bisa dibayangkan dong, ketika lulus kuliah nanti berapa ratus orang dengan keahlian serupa jadi saingan kamu dalam mencari pekerjaan.

Memiliki ijazah dengan nilai bagus saja tidak cukup menjanjikan kamu bakal mendapat pekerjaan impian. Maka dari itu penting memikirkan jurusan kuliah yang tepat mulai saat ini, bahkan sebelum kamu lulus sekolah.

Pilih jurusan jangan hanya modal ikut-ikutan teman ya, karena masa depan cerah akan kamu terima jika memperoleh pekerjaan yang menjanjikan. Pemilihan jurusan yang tepat adalah kunci kesuksesan.

Selin memilih jurusan yang tepat, saat mengenyam pendidikan di bangku kuliah kita juga harus rajin mencari link. Itu juga jadi salah satu modal kesuksesan.

Kira-kira jurusan kuliah apa saja ya yang masih relevan dengan perkembangan zaman di era digital seperti saat ini? Yuk sama-sama simak bocorannya.

Berikut ini macam-macam jurusan kuliah terfavorit yang dengan jaminan gaji besar.

Jurusan kuliah IT
Jurusan teknik informatika

Jurusan Teknik Informatika

Memilih jurusan kuliah yang satu ini memang tak pernah salah. Selain favorit, peluang kerjanya pun tinggi apalagi menyambut era digital. Bahkan kini jadi salah satu jurusan paling direkomendasikan oleh orangtua.

Bagaimana tidak, teknologi saat ini semakin maju dan prediksi kedepannya semua akan dikendalikan oleh mesin. Seperti yang terjadi di tengah pandemi Covid-19 ini, sebagian orang bekerja dari rumah memanfaatkan teknologi.

Pandemi ini bisa dibilang seperti pemanasan menuju era digital, semua serba digital. Sekolah, kerja, semua mengandalkan internet dan kecanggihan digital. Kalau enggak ada anak lulusan program studi teknik informasi mau gimana?

Tentu anak jurusan teknik informatika bakal jadi primadona. Semua perusahaan sudah tentu membutuhkan kemampuan mereka untuk membuat dan mengelola jaringan website.

Dijamin banyak perusahaan menunggu kedatangan tenaga-tenaga ahli di bidang informatika untuk memaintenance teknologi digital mereka.

Satu lagi, gaji lulusan teknik Informatika juga gak main-main loh. Jika terbukti bisa menciptakan sistem pasti angka minimal belasan juta bisa kamu kantongi per bulan.

Prospek kan?

Jurusan Kedokteran

Jurusan kuliah berikutnya yang nggak kalah menjanjikan adalah kedokteran. Meski kuliah kedokteran nggak pernah sepi peminat, namun rumah sakit di berbagai daerah pun terus dibuka dan membutuhkan tenaga ahli kesehatan.

Menariknya hampir di berbagai daerah memiliki kampus dengan jurusan kedokteran, baik swasta maupun negeri dengan jumlah mahasiswa yang tidak sedikit. Nggak mungkin bingung deh cari kampus kedokteran yang bagus.

Kuliah di jurusan kedokteran juga pasti bikin kamu bangga karena peluang kerjanya terbuka lebar. Bahkan jika kamu lelah bekerja di rumah sakit, bisa banget loh buka praktek sendiri di rumah.

Soal gaji nggak perlu ditanya deh! Apalagi jika kamu sudah jadi dokter spesialis, pingin beli apa juga kebeli.

jurusan kuliah akuntansi
Jurusan akuntansi

Jurusan Akuntansi

Sama seperti kedokteran, jurusan kuliah yang satu ini sudah jadi favorit sejak jaman dulu. Peminatnya nggak pernah turun karena lapangan pekerjaannya luas. Tidak heran jika jurusan akuntansi banyak dielu-elukan para orangtua.

Di era saat ini pun lulusan akuntansi masih sangat dicari. Jadi kamu bisa memilihnya, apalagi jika sudah cinta hitung-hitungan.

Untuk pendapatannya sendiri ga bisa diremehkan. Secara profesional, gaji akuntan sebulan cukup deh buat beli Iphone 2 biji.

Jurusan Teknik

Jurusan ini memiliki banyak cabang keilmuan, dan semua selalu jadi favorit. Kenapa? Karena peluang kerjanya tinggi.

Setiap keilmuan menjanjikan prospek karir yang berbeda tentu dengan resiko yang berbeda pula. Namun jangan berkecil hati, sebab jurusan ini pasti dicari-cari hampir di semua perusahaan di dunia.

Cabang keilmuan mencangkup teknik mesin, teknik elektro, teknik sipil, teknik nuklir, teknik industri, dan teknik kimia. Dan cabang keilmuan tersebut kerap kali jadi jurusan favorit cowok-cowok, meski wanita juga bisa.

Dengan prospek kerja yang cemerlang, sudah pasti jurusan kuliah teknik bisa mudah mengumpulkan pundi-pundi uang. 

jurusan hukum
Hukum

Jurusan Ilmu Hukum

Kuliah jurusan hukum nggak melulu jadi advokat aja. Banyak banget kesempatan lain dan itu masih sangat-sangat menjanjikan. 

Siapa tau kalau beruntung kamu bisa menjadi jurnalis hebat seperti Najwa Shihab yang latar belakang pendidikannya adalah hukum.

Perusahaan besar akan mencari seorang lulusan jurusan hukum sebagai tenaga profesional yang mengatur kelegalan urusan di dalam kantornya. 

Dan nggak usah khawatir, gaji lulusan hukum juga cukup besar kok. Lihat saya tuh Hotman Paris.

Jurusan Ilmu Bisnis

Jika yang lainnya menawarkan kesempatan menjadi tenaga ahli di perusahaan, jurusan yang satu ini malah bisa mengantarkanmu menjadi seorang entrepreneur.

Bisnis internasional juga tak kalah menarik karena kamu bisa mempelajari kultur dan daya bisnis antar negara yang pasti akan membuatmu mudah diterima kerja di mana pun.

Bayangkan di usia muda seperti Menteri Pendidikan Nadiem Makarim kamu busah bisa mendirikan perusahaan sendiri. Kalau sudah gitu kamu nggak usah repot mencari duit, duit yang nyariin kamu. 

Arsitektur
Jurusan kuliah arsitek

Jurusan Arsitektur

Seperti halnya teknik sipil, kuliah jurusan arsitektur juga menjanjikan kamu peluang masa depan yang cerah.

Menariknya ketika lulus kamu bisa langsung membuka usaha sendiri tanpa harus repot daftar ke sana ke mari.  Ditotal-total si penghasilannya bukan lagi cukup, tapi oke punya!

Jurusan Psikologi

Kenapa jurusan ini menjanjikan prospek kerja yang menarik? Diprediksi kedepan tenaga medis kesehatan fisik dan mental akan meningkat hingga 40% dari tahun sebelumnya. 

Hal ini erat kaitannya dengan kenaikan penduduk. Karena semakin populasi manusia tinggi maka pengaruh kesehatan mental pun akan makin mengerikan. Belum lagi kini kasus bullying semakin menjadi-jadi.

jurusan teknik penerbangan
Teknik penerbangan

Jurusan Teknik Kedirgantaraan atau Teknik Penerbangan

Apa sih jurusan teknik penerbangan? Apakah sama dengan pilot? Tentu bukan.

Teknik kedirgantaraan atau teknik penerbangan biasa dikenal dengan insinyur yang mempelajari tentang analisis perencanaan, pembuatan model, dan uji coba perencanaan pesawat terbang. Seperti jurusan yang diambil oleh mendiang B.J. Jusuf Habibie.

Jurusan ini sangat cocok buat kamu pecinta matematika, kimia dan fisika. Sebab hari-harinya kamu akan dijejali dengan mata kuliah yang berhubungan dengan ngitungin rumus. Detail sudah pasti jadi syarat utamanya.

Enggak heran jika lulusannya bakal memiliki masa depan yang gemilang.

Jurusan Manajemen

Jurusan kuliah yang satu ini memang nggak ada matinya. Ada kesempatan yang cukup lebar bagi kalian yang ingin menjadi lulusan manajemen.

Berbagai perusahaan membuka luas lowongan pekerjaan untuk lulusan jurusan manajemen, apalagi perusahaan-perusahaan swasta.

Jika mau lebih spesifik kamu juga bisa mengambil keilmuan manajemen pendidikan. Jaminan gaji cuma-cuma deh!

Jurusan sastra

Jurusan Sastra Inggris dan Hubungan Internasional

Kedua jurusan diatas digadang-gadang jadi jurusan yang paling fleksibel. Karena banyak perusahaan yang bisa menerima lulusan sastra Inggris dan hubungan internasional.

Bahkan keduanya bisa nyemplung ke berbagai divisi di perusahaan. Misal jadi penerjemah, jurnalis, trainer, bahkan jadi duta besar.

Jurusan Design

Mulai dari desain produk, fashion desain, dan desain visual ketiganya kini laris dikalangan anak muda. Jurusan ini cocok banget buat kalian yang punya jiwa kreatifitas tinggi.

Prospek kerja juga tinggi. Bahkan sejak kuliah kalian bisa membuka jasa freelance desain produk, fashion, atau desain visual.

Untuk desain visual biasanya jurusannya ada di komunikasi visual.

Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi merupakan jurusan kuliah yang menyenangkan. Di sana kamu akan diajarkan berbagai aspek komunikasi seperti publik speaking, desain, fotografi, jurnalis, membuat iklan, memproduksi program TV, bahkan membuat film.

Jurusannya anak muda banget apalagi yang ingin terjun menjadi broadcaster. Masa depannya pun cukup gemilang. 

Jurusan Administrasi

Ada berbagai jenis jurusan administrasi, ada administrasi bisnis yang dikenal dengan administrasi niaga dengan prospek kerja sebagai agen pembelian dan sekretaris eksekutif.

Administrasi fiskal yang lebih mendalami sumber kekayaan keuangan negara. Disana kamu akan mempelajari perpajakan sampai sistem sumber keuangan negara.

Keduanya jadi jurusan bonafit yang bisa kalian pilih.

Jurusan Tata Boga

Mau jadi chef? Mending kamu pilih jurusan kuliah tata boga. Prospeknya kelihatan dan bisa kamu kembangkan sendiri di rumah.

Apalagi kini wisata kuliner sedang jadi incaran turis. Sudah pasti restoran dan jajanan jadi sorotan wisatawan.

seragam pramugari wings air
Jurusan pramugari

Jurusan Pramugari Pramugara

Memilih jurusan kuliah ini sih emang udah paling bener. Sayang jurusan kuliah ini enggak ada di kampus-kampus biasa, tapi tenang saja prospek kerjanya dijamin nggak langka. Jika kamu memilih sekolah atau kampus yang tepat bahkan bisa langsung terjun jadi pramugari loh.

Tidak seperti jurusan lain yang kuliahnya bisa lebih dari 4 tahun, jurusan kuliah pramugari justru sebaliknya. Kebanyakan program pendidikannya dilakukan dengan kurun waktu kurang dari 1 tahun. Bahkan sda yang cuma 6 bulan.

Dengan waktu tempuh yang tergolong singkat kamu akan dibekali banyak ilmu terkait “dapur” pesawat. Mulai dari tata cara berkomunikasi, penampilan, melayani penumpang, dan lain sebagainya.

Memilih kuliah jurusan pramugari nggak mengharuskan kamu pandai hitung-hitungan, fisika, kimia, bahkan hafal undang-undang kok. 

Kamu cukup punya niat dan ga salah pilih sekolahnya. Salah satu rekomendasi sekolah pramugari bonafit adalah Java Aviation Academy.

Mengapa? Sebab lulusan dari Java Aviation Academy dijamin bisa langsung mendapat kerja di airlines idaman salah satunya Garuda Indonesia, Air Asia, Batik, Citilink, dan Lion Air.

Cari jurusan kuliah pramugari yang tepat akan jadi modal karirmu kedepan.

Masih kurang jelas? Kamu bisa cari tau informasi selengkapnya tentang syarat dan ketentuan sekolah pramugari di Java Aviation Academy dengan klik di sini.

Dari 16 jurusan di atas, kira-kira mana yang sudah jadi list jurusan kuliahmu? Tentunya pilihan terbaik adalah pendidikan penerbangan !

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat