Bingung cari jurusan kuliah IPS? Ini Alternatif yang bisa Kamu coba

Sebagai fresh graduate dari SMA jurusan IPS Kita sering kali memikirkan jurusan kuliah dan prospek apabila Kita hendak mengambil pilihan jurusan kuliah. Sayangnya dewasa ini banyak sekali fresh graduate jurusan IPS yang salah ambil jurusan alih-alih mengambil jurusan yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Memilih jurusan kuliah yang cocok untuk anak fresh graduate pun perlu pertimbangan matang.

Tak hanya menyoal biaya kuliah tapi juga pilihan jurusan yang benar-benar bermanfaat kedepannya untuk jenjang karir.

Jika jurusan IPA sering kali dinilai lebih banyak memiliki jurusan kuliah yang menarik, nyatanya jurusan IPS pun memiliki pilihan jurusan kuliah yang tak kalah menarik dan tentunya memiliki peluang yang sama untuk meningkatkan kualitas hidup. Berikut ini adalah beberapa pilihan jurusan kuliah atau rekomendasi jurusan kuliah untuk lulusan  IPS yang cocok untukmu :

Jurusan kuliah IPS

1. Ilmu ekonomi

Salah satu jurusan yang banyak diminati fresh graduate jurusan IPS adalah ilmu ekonomi. Di jurusan ekonomi Kamu akan belajar banyak hal mengenali ilmu perekonomian.

Setelah menempuh semester tertentu Kamu pun bisa memilih jurusan yang merupakan turunan dari ilmu ekonomi seperti jurusan manajemen, analis keuangan,  atau jurusan administrasi bisnis yang saat ini banyak sekali peminatnya.

Saat ini sudah ada banyak sekali universitas terbaik untuk jurusa ilmu ekonomi baik universitas negeri maupun swasta. 

Universitas terbaik untuk jurusan ini pun cukup banyak mulai dari universitas negeri seperti Universitas Indonesia, hingga universitas-universitas swasta jurusan dan akreditasi yang mumpuni. 

jurusan kuliah ips
Jurusan kuliah IPS jadi Psikolog

2. Jurusan Psikologi

Untuk kamu yang sedang mencari jurusan kuliah dari jurusan IPS menjadi psikolog adalah salah satu pilihan menarik yang bisa Kamu pertimbangkan. Kuliah jurusan psikologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari tentang mental, perilaku manusia, dan pikiran.

Menariknya di sini Kamu akan mempelajari juga tentang alur berfikir seorang manusia dan alasan dilakukannya tindakan.

Lulusan jurusan psikologi yang ditempuh selama 4 tahun pun bisa memiliki profesi sebagai psikolog konseling.

Jurusan kuliah IPS jadi lawyer

3. Ilmu Hukum

Pilihan berikutnya Kamu yang lulus dari jurusan IPS, Kamu bisa mengambil ilmu hukum. Jurusan ilmu hukum adalah jurusan kuliah yang mempelajari perundang-undangan di mana di dalamnya termasuk ilmu hukum dasar seperti hukum perdata, hukum tata negara, pidana, hingga hukum tata pidana.

kuliah jurusan ips
Jurusan IPS jadi humas

4. Ilmu Komunikasi

Salah Satu jurusan paling banyak diminati oleh anak jurusan IPS adalah ilmu komunikasi. Kuliah jurusan Ilmu komunikasi sendiri adalah studi yang mempelajari tentang komunikasi baik interpersonal, intrapersonal, psikologi komunikasi, hingga bagaimana cara membangun citra perusahaan yang baik dan benar.

Turunan dari ilmu komunikasi pun cukup banyak, beberapa diantaranya adalah public relations atau hubungan masyarakat, dan jurusan jurnalistik.

Lulusan jurusan program studi ilmu komunikasi memiliki peluang yang tak kalah besar dengan lulusan ilmu ekonomi. Kamu bisa menjadi seorang spesialis desain komunikasi visual, public relation, dan masih banyak lagi. 

kuliah jurusan ips

5. Hubungan internasional

Jurusan kuliah dan prospek yang cukup menjanjikan berikutnya adalah jurusan hubungan internasional. Ilmu hubungan internasional adalah ilmu yang mempelajari tentang upaya sebuah negara menjalin hubungan dengan negara lain mulai dari segi perdagangan, masalah keamanan, masalah meningkatkan kualitas hidup dan lingkungan global, serta kerja sama antar negara.

Mahasiswa jurusan hubungan internasional akan belajar mengenai bagaimana negara-negara merumuskan sebuah keputusan penting di mana salah satunya adalah melalui sidang PBB. 

kuliah jurusan ips

6. Sekolah Pramugari

Jika sebelumnya adalah jurusan-jurusan yang sifatnya ditempuh melalui sekolah formal dan ditempuh dengan waktu yang lama yakni setidaknya 3 tahun untuk vokasi dan 4 tahun untuk setingkat strata berbeda dengan sekolah pramugari yang hanya ditempuh cukup dalam waktu 3 bulan saja.

Sekolah pramugari tentunya cocok untuk anak IPS yang ingin sukses dengan cepat. 

Kamu bisa mencoba peluang dengan sekolah pramugari karena prospek lulusan sekolah pramugari tak tanggung-tanggung. Setelah lulus Kamu akan disalurkan ke maskapai penerbangan dan tentunya gaji yang Kamu dapatkan dengan profesi sebagai pramugari akan jauh lebih besar dibandingkan seorang fresh graduate dari Strata 1 atau S1.

Bandingan dengan lulusan S1 yang diharuskan mencari pekerjaan sendiri dan harus dimulai dari nol untuk bisa menikmati gaji yang besar dan tentunya peluang untuk bisa keliling Indonesia bahkan dunia!

Jika dilihat dari segi biaya kuliah tentunya sekolah pramugari akan jauh lebih kecil dengan peluang untuk sukses yang sangat terbuka lebar. Selama menempuh pendidikan di sekolah pramugari Kamu akan dilatih untuk menjadi pramugari yang profesional, mulai dari penampilan, aviation knowledge, kemampuan berkomunikasi hingga bahasa inggris untuk mendukung profesionalitas Kamu.

kuliah jurusan ips

Tentukan Sekolah Pramugari yang Tepat dari Sekarang!

Untuk Kamu fresh graduate dari jurusan IPS tak perlu berkecil hati untuk jadi seseorang yang sukses. Mulailah dengan memilih sekolah pramugari yang tepat dari sekarang karena semua jurusan termasuk IPS bisa menjadi siswa siswi di Java Aviation Academy. Java Aviation Academy adalah sekolah pramugari yang berpengalaman bertahun-tahun dibidangnya.

Untuk urusan biaya tak perlu kawatir, Kamu bisa mencicil pembayaran dan mengeceknya disini. Jadi memilih jurusan setelah lulus sekolah tak lagi menjadi problem, bukan? Ini adalah salah satu kuliah terbaik untuk anak IPS yang wajib Kamu coba tentunya. Persiapan masuk yang mudah, biaya yang ringan dan peluang sukses yang sangat besar. 

Di Java Aviation Academy, Kamu akan dididik untuk menjadi seorang pramugari, pramugara dan ground staff yang professional dan tentunya akan disalurkan pada maskapai penerbangan besar seperti Lion Air, Batik Air, bahkan Garuda Indonesia. Tunggu apa lagi? Daftarkan diri Kamu sekarang karena quota menjadi siswa Kami selalu terbatas.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat