Bicara tentang maskapai Garuda Indonesian Airways atau disingkat Garuda, maka kita akan bicara mengenai salah satu ikon kebanggan Indonesia. Mengapa demikian? Karena perusahaan penerbangan milik pemerintah ini memiliki reputasi internasional melalui sederet prestasi dari berbagai pihak di tingkat dunia. Tidak hanya kebanggaan, tetapi maskapai ini juga menjadi harapan dari banyak wanita di Indonesia yang menggantungkan mimpi jadi Pramugari Garuda.

Apa Saja Prestasi yang Sudah Diraih Garuda Beberapa Tahun Terakhir Ini?

  1. Salah satu maskapai penerbangan terbaik di Asia untuk kategori Major Airline (2019)
  2. Top Ten Penerbangan Tepat Waktu di Asia Tenggara (2018)
  3. Maskapai Penerbangan Terbaik Indonesia (2018)
  4. Maskapai BIntang 5 selama 5 Tahun Berturut-turut (2014-2018).
  5. The World’s Best Cabin Crew 5 tahun berturut-turut (2014-2018)
  6. Perusahaan Paling Dibanggakan Untuk Bekerja (2018)

Wow, keren kan? Itu belum semua lho. Apalagi kalau kita lihat penghargaan yang diraih di tahun-tahun sebelumnya, maka daftar penghargaan di atas akan menjadi bertambah semakin panjang lagi.  Itulah mengapa kita sebagai masyarakat Indonesia patut berbangga dengan maskapai plat merah yang satu ini.

Di Balik Kinerja Moncer Garuda

Performa handal Garuda terutama tidak lepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) di dalamnya. Pola pengembangan  SDM yang diterapkan menghasilkan  kualitas yang juga mampu menghasilkan karya terbaik di bidangnya masing-masing.

Tidak heran kalau Garuda menjadi salah satu impian dari banyak putra-putri terbaik Indonesia untuk dapat bekerja di dalamnya. Persaingan menjadi bagian dari perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1949 ini sangatlah ketat. Ribuan kandidat saling berkompetisi tiap tahunnya untuk menyandang sebutan karyawan Garuda. Jadi tidak salah kalau Garuda mendapat predikat “Perusahaan Paling Dibanggakan Untuk Bekerja”.

Tidak terkecuali menjadi seorang Pramugari Garuda. Pramugari Garuda yang selalu tampil menarik dengan postur tubuh ideal berbalut seragam yang menawan. Belum lagi melihat sikap mereka selama melayani penumpang, senyum selalu tersungging di bibir saat melayani dengan keramahan dan kehangatan yang tulus akan selalu membekas di benak semua penumpang.

Itulah mengapa Pramugari Garuda seakan menjadi tolok ukur bagi banyak maskapai penerbangan di dalam negeri  Karena menjadi ‘seperti’ Pramugari Garuda sudah seperti jaminan mutu yang akan diakui hingga taraf internasional. Tidak akan sulit untuk berpindah tempat kerja atau bahkan mendapatkan pekerjaan  di bidang lain apabila seseorang pernah menjadi seorang Pramugari Garuda sebelumnya.

Mewujudkan Mimpi Jadi Pramugari Garuda Itu Tidak Mudah

Seperti pepatah “Ada Gula Ada Semut”, demikian pula dengan profesi Pramugari Garuda. Gambaran tempat kerja yang prestisius, tampil terdepan di mata penumpang, bepergian ke sana kemari hingga ke luar negeri. Belum lagi bayaran yang didapat saat baru masuk saja sudah dapat mencapai dua digit tentu akan menggiurkan banyak orang.

Tapi seperti halnya hukum alam “The Fittest of the Strongest”. Hanya mereka yang paling kuat akan berhasil. Yang terbaiklah yang akan berjaya. Demikian pula dengan seorang kandidat Pramugari Garuda. Ia  harus berjuang menghadapi ribuan pesaing dimulai dari tahap awal seleksi.

Ada dua cara untuk menjadi Pramugari Garuda. Yang pertama melalui cara mendaftar langsung dengan persyaratan administrasi yang harus dipenuhi dan yang kedua mendaftar dengan  bermodalkan sertifikat pendidikan calon pramugari yang sudah diikuti sebelumnya.

Hanya itu? Mudah sekali kalau begitu

Jangan salah.  Seleksi terdiri dari beberapa tahapan yang panjang dan berat bahkan dimulai pada tahap awal. Apabila seorang kandidat dirasakan sesuai dengan standar penampilan Garuda, maka ia akan dipastikan langsung tersingkir sesaat setelah menyerahkan persyaratan administrasinya.

Bahkan apabila seseorang sudah berhasil masuk ke dalam Pusat Pelatihan Garuda, tidak ada jaminan ia akan otomatis lulus dan langsung bekerja di Garuda dan grupnya. Karena pada tahap akhir akan ada penilaian layak terbang tidaknya calon pramugari tersebut. Kalau tidak memenuhi syarat, maka dipastikan 4 bulan lamanya pendidikan di Pusat Pelatihan Garuda akan terbuang sia-sia.

Lebih lengkapnya mari kita lihat keseluruhan tahapan seleksi yang panjang dan berat itu yang meliputi :

  1. Tes Penampilan
  2. Tes Psikologi
  3. Tes Wawancara User
  4. Tes Wawancara Kompetensi
  5. Tes Kesehatan
  6. Tes Aspek Keamanan
  7. Tes Pantuhir

Panjang bukan? Dan ingat, kandidatnya ada ribuan setiap periode penerimaannya. Jangan bermimpi untuk menjadi Pramugari Garuda kalau tidak siap menghadapi persaingan yang ketat dengan kandidat lainnya.

Cara Terbaik Mewujudkan Mimpi Jadi Pramugari Garuda

Tidak ada cara terbaik untuk menjadi seorang Pramugari Garuda selain megikuti Pendidikan dan Pelatihan Pramugari sebelumnya.

Tapi bukankah menjadi  siswa Lembaga Pendidikan Garuda saja sudah sedemikian berat? Ya, memang. Tapi ada jalan lain yang selalu terbuka yaitu bergabung dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pramugari di luar lembaga milik Garuda Indonesia.

Saat ini sudah banyak Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pramugari yang berdiri di Indonesia. Melalui Pendidikan dan Pelatihan Pramugari, kandidat akan menjadi lebih siap dalam menghadapi seluruh tahapan seleksi.

Tapi jangan salah pilih. Tidak semua Lembaga tersebut kompeten dalam menghasilkan lulusan yang sesuai disyaratkan oleh maskapai sebesar Garuda.

Mengapa Java Aviation Academy Menjadi Pilihan Yang Tepat Untuk Mewujudkan Mimpi Jadi Pramugari Garuda?

Salah satu Lembaga Pendidikan yang sudah teruji handal adalah Java Aviation Academy. Java Aviation Academy adalah sekolah khusus penerbangan yang di dalamnya menyediakan pula program pendidikan pramugari dan pramugara. Secara keseluruhan Java Aviation Academy juga menyediakan pula program Ground Staff dan program magang di bandara.

Lembaga yang berkantor pusat di Jakarta ini juga memiliki kantor cabang di Yogyakarta. Hal ini tentu akan memudahkan kandidat yang berminat mendaftar terutama bagi mereka yang berada di wilayah timur Indonesia.

Para Alumni Java Aviation Academy

Siswa akan mendapatkan fasilitas seragam, modul pelatihan, materi pramugari, pelatihan bahasa asing, table manners, beauty class, visit bandara, praktik terbang dan yang sangat menarik adalah kesempatan mengikuti seleksi di maskapai penerbangan.

Nilai lebih yang akan didapat adalah kualifikasi program pelatihan di Java Aviation Academy tidak hanya berstandar nasional tapi juga internasional. Sehingga lulusannya akan mampu bersaing dan sangat diperhitungkan oleh banyak maskapai top dunia termasuk Garuda Indonesia.

Dapat dikatakan bahwa Java Aviation Academy adalah Lembaga Pendidikan Penerbangan yang menyediakan program yang lengkap dan sangat membantu siswanya dalam merintis karir di dunia penerbangan.

Syarat Yang Harus dipenuhi Untuk Menjadi Calon Pramugari di Java Aviation Academy

Program Pendidikan dan Pelatihan di Java Aviation Academy berjalan selama 3 bulan. Persyaratan yang harus dipenuhi adalah kandidat harus berusia antara 17-25 tahun , tinggi badan minimal 160 cm, sehat jasmani dan rohani, pendidikan minimal SMA atau sederajat, tidak buta warna dan tidak bertato.

Cara Mendaftar Program Pramugari di Java Aviation Academy

Java Aviation Academy menyediakan cara pendaftaran yang sangat mudah. Buka link https://javaaviationacademy.com/pendaftaran/ dan kandidat akan dapat melakukan pendaftaran secara online dengan praktis dan cepat. Tidak sulit bukan?

Bagaimana, kamu masih berminat untuk menjadi Pramugari Garuda? Masih memiliki mimpi untuk bergabung menjadi  bagian dari Kru Kabin Maskapai Penerbangan Terbaik Dunia? Jangan mimpi jadi Pramugari Garuda, kecuali kamu wujudakn bersama Java Aviation Academy.