Berbicara tentang pramugari tentu tidak lepas kaitannya dengan seragam yang dikenakan. Setiap maskapai pasti memiliki seragam yang berbeda. Jadi, mengapa selalu berbeda?

seragam-pramugari-lion-air

Pramugari di dalam Pesawat

Setiap seragam pramugari mengilustrasikan keunikan serta ciri khas maskapai tempat ia bekerja, semisal maskapai Garuda Indonesia memberikan ilustrasi ‘lereng garuda Indonesia’. Lain lagi dengan maskapai Lion Air yang juga menggambarkan bahwa Lion Air adalah milik Indonesia.

Kira-kira apa saja fakta unik yang ada di balik seragam pramugari Lion Air? Simak 6 faktanya di bawah ini.

1. Ukiran dan Motif Batik Melambangkan Lion Air adalah Milik Indonesia

Jika menelisik secara lebih detail, seragam pramugari Lion Air dihiasi dengan motif batik hampir di seluruh permukaannya serta ukiran khas Indonesia di bagian kerahnya.

Penempatan serta pemilihan motif dan ukiran bukannya tanpa alasan. Motif batik dipilih karena menciptakan kesan Indonesia asli serta bordir ukiran Jawa dipilih untuk memberikan nuansa Jawa di seragam yang dikenakan.

Jadi nggak asal pilih warna dan motif aja lo!

2. Perpaduan Merah dan Garis Biru

Selain motif batik serta ukiran, coba perhatikan warna yang mendominasi seragam pramugari Lion Air. Lion Air menggunakan warna merah sebagai dasarnya yang dikombinasikan dengan garis vertikal berwarna biru.

Warna ini disesuaikan dengan logo dari Lion Air sendiri, meskipun semenjak tahun 2000 lalu logo dari maskapai ini telah resmi berubah warna menjadi merah yang lebih cerah.

3. Rusdi Kirana Merancang Seragam Pramugari Lion Air Sendiri

Banyak maskapai yang berlomba menggunakan jasa designer untuk merancang seragam mereka. Namun, hal yang berbeda dilakukan oleh Lion Air.

Seragam maskapai ini dirancang dan didesain sendiri oleh Rusdi Kirana, pendiri Lion Air. Bukannya enggan menggunakan jasa desainer, tetapi Kirana percaya bila pemilik dan pendiri paling tahu karakteristik yang tepat untuk busana yang menjadi ciri khas maskapai.

Satu hal lagi, ternyata Kirana juga mendesain logo Lion Air sendiri. Dipilihnya matahari karena matahari adalah kebutuhan setiap makhluk hidup, sedangkan Kepala singa mewakili keberanian dan semangat dari Lion Air.

Penuh makna, bukan?

4. Di Balik Belahan Samping Rok Seragam Pramugari Lion Air

Saat kamu kali pertama melihat belahan samping pada rok pramugari Lion Air, apa yang ada di pikiranmu? Belahan yang terlalu seksi? Belahan yang cukup tinggi?

Tahukah kamu bahwa belahan yang cukup tinggi itu dibuat sebab ada tujuannya. Edward, CEO Lion Air mengklaim bahwa belahan samping yang tinggi pada rok tersebut meningtkan fleksibilitas gerak. Belahan rok yang tinggi memudahkan pramugari ketia harus berlari pada kondisi tertentu.

Tiap pramugari yang baru akan diminta untuk melakukan proses fiting, sehingga setiap pramugari akan nyaman dan pas dengan apa yang  mereka kenakan saat bekerja.

5. Mengadopsi Model Cheongsam

Terakhir, pasti kamu juga sudah hafal bahwa seragam pramugari Lion Air mengadopsi Cheongsam, model baju asal Cina.

Cheongsam sendiri dipilih Kirana karena keberadaan model ini tak lekang oleh waktu. Mulai dari awal abad ke 20 hingga sekarang Cheongsam masih tetap eksis dan sering dipakai saat upacara tertentu.

Meskipun mengadopsi gaya tersebut, seragam mereka jauh dari kesan udik. Perpaduan warna, motif dan ukiran serta model yang dipilih oleh Kirana tepat menggambarkan citra dan keunikan dari maskapai tersebut.

Itu dia 5 fakta unik tentang seragam pramugari Lion Air. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu. Oh iya, jika kamu sedang mencari seolah pramugari yang terbaik dengan fasilitas super lengkap serta prospek kerja yang terarah, segera hubungi kami, JAA. Sampai bertemu lagi.

error: Content is protected !!
WhatsApp chat