Sebarapa mahal sih biaya sekolah pramugara itu? Memiliki pekerjaan sebagai flight attendant atau pramugari mau pun pramugara menjadi hal yang banyak diimpikan kaum muda. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, profesi sebagai staff penerbangan, pramugari atau pramugara juga aviation security merupakan pekerjaan mentereng. 

Apalagi gaji pramugari dan pramugara cukup besar. Kini mereka yang ingin menjadi pramugari dan pramugara pun berbondong-bondong mengikuti pendidikan sekolah pramugari pramugara.

Namun mereka yang masih awam, biasanya akan merasa minder duluan karena mereka beranggapan total biaya mengikuti sekolah pramugari pramugara teramat mahal. 

Belum lagi mengenai syarat pendaftaran sekolah pramugari pramugara yang mitosnya terlalu susah untuk lolos seleksi pramugari pramugara. Meski demikian, ternyata biaya sekolah pramugara dan tes interview serta tes pramugari itu tidak semahal dan sesusah seperti yang kalian pikirkan selama ini. 

Tidak percaya? Simak saja rincian biaya pendidikan pramugari pramugara di Java Aviation Academy, selaku lembaga sekolah pramugari terbaik di Indonesia.

Biaya Sekolah Pramugara

Di Indonesia sendiri sebenarnya ada beberapa lembaga pelatihan dan sekolah pramugari-pramugara yang juga tersebar di sejumlah wilayah. Tentunya karena masalah perbedaan wilayah ini, biaya sekolah pramugara itu juga berbeda-beda tarifnya. 

Hal yang paling utama sebagai faktor pembeda adalah biaya hidup ketika menjalani pelatihan. Seperti yang diketahui, rata-rata jangka waktu jadwal pendidikan sekolah pramugara dan pramugari berkisar 3 sampai 4 bulanan. 

Sehingga ketika menjalani pelatihan dalam kurun waktu tersebut, dibutuhkan sejumlah biaya tambahan yang juga harus dipikirkan. Beberapa biaya di luar anggaran pendidikan sekolah pramugari pramugara itu seperti :

  • Biaya tempat tinggal atau kos sementara
  • Biaya makan sehari-hari
  • Biaya transportasi
  • Dan biaya akomodasi lain (pulsa dan hiburan)

Jadi jika melihat sejumlah faktor di atas, untuk biaya sekolah pramugara di Jakarta dibandingkan biaya sekolah pramugara di Surabaya tentu pada akhirnya juga memiliki angka yang berbeda pula.

Di mana ongkos pendidikan awak kabin di Surabaya bisa lebih membengkak dibandingkan biaya sekolah pramugara di Jakarta.

biaya sekolah pramugari pramugara
Awak kabin Garuda Indonesia

Biaya Sekolah Pramugara Garuda Indonesia Sebagai Tolak Ukur

Rupanya, penyedia layanan pendidikan pramugara itu tidak hanya disediakan oleh lembaga pihak ketiga. Sejumlah maskapai penerbangan pun juga menyediakan layanan sekolah penerbangan untuk menjadi pramugari atau pramugara. 

Karena sudah memiliki brand atau nama yang cukup dikenal masyarakat, maka biaya sekolah pramugara dari maskapai penerbangan ini layak untuk dijadikan sebagai tolak ukur. Kita bisa mengambil contoh rincian biaya pendidikan pramugara Garuda Indonesia misalnya.

Biaya Sekolah Pramugara di Garuda Indonesia Tidak Bisa Diangsur

Garuda Indonesia memiliki lembaga pendidikan untuk staff penerbangan dan pramugari mereka sendiri yakni bernama Garuda Indonesia Training Center (GITC). Menurut penjelasan dari pihak Garuda Indonesia, biaya pelatihan di tempat mereka dipatok sebesar Rp 35 juta. 

Sayangnya, pihak Garuda tidak memberikan layanan pembayaran secara angsuran. Tentu saja ini membuat biaya kuliah atau pendidikan di tempat mereka terasa amat mahal. 

Sertifikat Pelatihan Tidak Menjamin Diterima Kerja

Terlebih lagi, dengan rincian biaya cukup mahal karena tidak bisa dibayarkan secara angsuran, nantinya mereka yang telah lulus dan mendapatkan sertifikat itu tidak serta merta bisa diterima kerja. 

Sertifikat yang dikeluarkan hanya sebagai bukti jika mereka telah selesai mengikuti pelatihan sebagai awak kabin. 

Hal ini bisa terasa semakin berat, lantaran dengan memiliki nama yang cukup besar sebagai maskapai penerbangan nasional, seleksi dan ujiannya pun juga berat. Pasalnya, tingkat persaingan dan standarisasinya terlalu tinggi, sehingga pada akhirnya bisa membuat biaya yang anda keluarkan membengkak untuk kepentingan pribadi di luar biaya sekolah itu sendiri.

pramugara maskapai indonesia
Pramugara Air Asia

Lebih Mudah dan Murah di Java Aviation Academy

Hal yang berbeda bisa kalian dapatkan jika mengikuti pelatihan awak kabin yang diselenggarakan oleh Java Aviation Academy. Pasalnya sebagai salah satu lembaga pendidikan pramugara – pramugari terbaik di Indonesia, ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan. 

Apalagi jika dibandingkan dengan pendidikan sekolah pramugari faast penerbangan, Lion Air atau Garuda Indonesia.

Pendaftaran Secara Online

Untuk memudahkan para calon siswa, Java Aviation Academy juga membuka pendaftaran online sekolah pramugari yang bisa diakses melalui website javaaviationacademy.com. Di website kami kalian bisa mendapatkan informasi pendaftaran, biaya pendaftaran, informasi pembayaran, rincian biaya sekolah pramugari hingga syarat menjadi pramugari.

Pengajar Profesional

Di Java Aviation Academy ini, kamu akan dilatih oleh tenaga pengajar yang handal dan profesional. Sehingga ketika selesai menjalani pelatihan, kamu sudah terbekali dengan ilmu-ilmu penting sebagai seorang Flight Attendant, yang mampu memberikan yang terbaik kepada para penumpang. 

Biaya Sekolah Pramugara Lebih Terjangkau

Java Aviation Academy menawarkan biaya pendidikan pramugari pramugara yang sangat terjangkau, jika dibandingkan lembaga pelatihan lainnya, seperti pendidikan sekolah pramugari faast penerbangan. 

Total biaya pendidikan sekolah pramugari pramugara yang ditawarkan di Java Aviation Academy sebesar Rp 33 juta utuk pembayaran tunai. Namun jangan khawatir, karena di sini juga menawarkan pembayaran secara bertahap atau sistem angsuran. 

Berikut ini rincian untuk pembayaran biaya sekolah pramugara secara angsuran di Java Aviation Academy :

  • Pembayaran biaya pertama setelah pendaftaran sekolah : Rp 5.000.000
  • Pembayaran biaya kedua (daftar ulang) : Rp 20.000.000
  • Pembayaran biaya ketiga : Rp 5.000.000
  • Pembayaran biaya keempat : Rp 5.000.00

Jadi total biaya pendidikan jika dibayarkan secara mengangsur menjadi Rp 35.000.000

awak kabin garuda Indonesia
Pramugara dan pramugari maskapai

Ada Program Beasiswa

Kemudahan yang ditawarkan Java Aviation Academy tidak hanya berupa pembayaran biaya sekolah pramugara secara cicilan. Java Aviation Academy rupanya juga menyediakan program khusus yang bisa semakin mempermudah pembiayaan yang dikeluarkan. 

Pihak Java Aviation Academy memberikan beasiswa spesial bagi calon siswa di bawah 19 tahun. Nantinya calon siswa dan siswi bisa mendapatkan potongan biaya program pelatihan dalam jumlah tertentu. Ini menjadi perwujudan komitmen Java Aviation Academy dalam membentuk skill kaum muda dalam dunia penerbangan. 

Bagaimana cara untuk mendapatkan program beasiswa ini? Gampang, untuk mendapatkan info pendaftaran, update  biaya pendidikan, kalian tinggal menghubungi melalui Whatsapp di nomor 0812 8898 9850 saat melakukan pendaftaran. 

Tersedia Jaminan Kerja

Satu hal lagi yang ditawarkan Java Aviation Academy dan pasti tidak ingin kalian lewatkan. Jika lembaga-lembaga lain, bahkan yang sudah memiliki nama besar, hanya sekedar menyediakan layanan pendidikan sekolah pramugari pramugara, Java Aviation Academy berani memberikan jaminan!

Jaminan tersebut berupa jaminan mendapatkan pekerjaan setelah kalian selesai mengikuti tes pendidikan pramugara – pramugari di Java Aviation Academy. Bentuk jaminan mendapatkan pekerjaan itu yakni, kalian bisa mendapatkan kembali biaya sekolah pramugara yang telah kalian keluarkan di Java Aviation Academy, jika selepas mengikuti pendidikan staff penerbangan kalian tidak diterima di maskapai manapun. 

Menarik? Bangeeeet! Karena dimana lagi kalian bisa mendapatkan jaminan perlindungan seperti ini. Bahkan di lembaga pelatihan seperti pendidikan sekolah pramugari faast penerbangan, Lion Air atau Garuda Indonesia dengan nama besar itu.

Syarat Mengikuti Pendidikan Pramugara

Jika kalian tertarik untuk mengikuti sekolah pramugari – pramugara yang disediakan oleh Java Aviation Academy, tentu ada beberapa syarat kelayakan dan dokumen yang wajib disiapkan sebelumnya.

Jangan berkecil hati dulu dengan syarat kelayakan yang diminta, karena di Java Aviation Academy syarat kelayakan yang dipatok jauh lebih mudah. Dan tujuan utamanya digunakan agar para trainer bisa mengetahui background dan bakat yang kalian miliki.

Sehingga saat masuk sekolah, menjalani pendidikan pramugari nanti bisa jauh lebih mudah untuk dipahami.

Syarat Kelayakan dan Latar Belakang

  • Pria & Wanita
  • Usia minimal adalah 17 tahun dan maksimal 25 tahun
  • Tinggi badan minimal 160 cm dan 170 cm
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Minimal pendidikan tingkat SLTA dan sederajat
  • Tidak buta warna dan tidak memiliki tato
  • Mengisi formulir pendaftaran online
  • Bersedia menjalani pendidikan pramugari dengan mengikuti aturan yang ada
  • Lulus proses wawancara dan mengikuti tes pramugari yang dilakukan oleh Java Aviation Academy

Syarat Pendaftaran Sekolah Pramugari Pramugara

  • Kartu Tanda Penduduk yang berlaku
  • Kartu Keluarga
  • Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) yang masih berlaku
  • Foto 3 x 4 sebanyak 2 lembar dengan background merah
  • Foto 4 x 6 sebanyak 2 lembar dengan background merah
  • Akta Kelahiran
  • Ijazah Pendidikan Terakhir
  • Passport, bisa diserahkan menyusul
pramugara lion air
Pramugara Lion Air

Fasilitas Pendidikan yang Disediakan 

Sesuai biaya sekolah yang telah keluarkan, maka di Java Aviation Academy pun akan menunjang kebutuhan calon pramugari dan pramugara dengan baik. Para siswa yang mengikuti pendidikan staff penerbangan di sini mendapatkan sejumlah fasilitas pendidikan di antaranya;

Setiap siswa akan mendapatkan seragam dari Java Aviation Academy yang dipakai saat menjalani pelatihan. Siswa mendapatkan modul pelatihan untuk mempermudah proses pembelajaran. Kemudian juga akan mendapatkan sejumlah materi menjadi pramugari yang juga tersedia dalam bahasa asing. 

Selain itu para siswa juga akan mendapatkan ilmu mengenai table manners hingga kelas kecantikan. Pihak Java Aviation Academy juga akan mengajak siswanya mengadakan kunjungan ke sejumlah bandara, jika memang memungkinkan dan juga perekrutan maskapai baik domestik dan internasional sebanyak 1 kali.

Gimana? Biaya sekolah pramugara yang kalian keluarkan ternyata menghasilkan banyak keuntungan bukan?

Kesimpulan Terkait Biaya Sekolah Pramugara

Jadi, jika melihat dan membandingkan dari sejumlah lembaga yang menyediakan layanan sekolah pramugari-pramugara seperti faast penerbangan, biaya mahal dan nama besar pun tidak bisa menjamin para siswanya mendapatkan pekerjaan setelah lulus. 

Justru, di Java Aviation Academy yang memiliki skema biaya sekolah pramugara – pramugari yang terjangkau dan memudahkan, bisa memberikan fasilitas, materi dan jaminan mendapatkan pekerjaan setelah lulus. 

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat