Tampilan menarik, bersih dan rapi harus selalu ditampilkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa. Tanpa kecuali bidang aviasi, ketika kamu bepergian menggunakan pesawat pasti menemukan baju pramugara, pramugari yang tampak fancy juga menarik.

Tidak heran para awak kabin yang bertugas seperti awak kabin garuda akan nampak seperti sedang berjalan di atas catwalk menampilkan seragam terbaiknya.

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas tentang baju pramugara atau awak kabin pada beberapa maskapai penerbangan. Mulai dari yang terlihat modern hingga tradisional ataupun perpaduan antara keduanya. Simak ulasannya berikut ini.

Baju Pramugara Hainan Airlines

Hainan Airlines adalah perusahaan yang sudah berdiri sejak 1989. Maskapai ini dinilai sebagai pemilik seragam pramugara paling fashionable. Sebenarnya maskapai penerbangan ini sudah mengganti design seragamnya sebanyak lima kali. Tetapi design seragam terbaru karya Laurence Xu cukup mendapat sorotan karena design nya yang unik dan fashionable.

pramugara hainan airlines

pramugara ganteng dari hainan airlines

Warna seragam yang ditampilkan oleh masakapai penerbangan ini adalah perpaduan antara warna abu-abu dan warna biru bukan warna oranye. Keunikan yang dihadirkan dan terlihat baru dari tema yang dihadirkan adalah klasik yang dipadukan dengan corak oriental asal negeri asalnya, Tiongkok.

Design oriental lebih banyak disematkan pada seragam pramugari dibandingkan pramugara, untuk seragam pramugara sendiri jas abu-abu dan celana panjang berbeda dengan china eastern yang memiliki warna tosca.

Tidak lupa Mr. Xu selaku designer yang merancang baju pramugara unik ini menggunakan design Chinese Murky pada seragam pramugara.

Baju Pramugara Turkish Airlines

Turkish Airlines, perusahaan maskapai penerbangan asal Turki ini sudah didirikan sejak 1933. Walaupun perusahaannya sudah berdiri cukup lama, Turkish Airlines terbilang baru dalam membuka penerbangan keluar benua.

seragam pramugara turkis airlines

pramugara ganteng dari turkis airlines

Baru pada tahun 2019 perusahaan ini membuka penerbangan ke Eropa, Asia, Afrika dan Amerika.

Seragam pramugara karya Ettore billotta untuk Turkish Airlines terdiri dari dua model. Model pertama adalah jas hitam dengan v-neck pada bagian kerah. Setelan jas tersebut juga ditambah dengan dasi berwarna merah darah yang melambangan identitas maskapai penerbangan.

Untuk design musim dingin, rancangan seragam pramugara ditambah dengan coat berwarna abu-abu yang sepadan dengan alternative warna seragam pramugari yang terdiri dari merah dan abu-abu.

Baju Pramugara Garuda Indonesia Airlines

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan nama maskapai asal Indonesia yang satu ini, Garuda Indonesia. Nama dengan filosofi berupa tunggangan Dewa wisnu pada mitologi India Kuno tersebut menjadi nama untuk maskapai terbaik Indonesia.

seragam pramugara garuda airlines

seragam pramugara garuda indonesia tercinta

Garuda Indonesia baru saja meluncurkan mengenakan seragam terbarunya. Warna seragam pramugari garuda indonesia pun cukup menarik untuk para awak kabin garuda.

Warna ungu dan abu-abu gelap mendominasi seragam terbaru maskapai ini menggantikan design yang apik karya Anne Avantie sebelumnya. Didiet Maulana selaku perancang busana pada seragam kali ini mampu mengkolaborasikan aksen modern dan tradisional khas Indonesia.

Didiet maulana dan Anne Avantie pun merupakan desiner seragam garuda yang cukup terkenal di kalangannya, karena desinnya stylish di dunia.

Seragam garuda memiliki detail kain tenun pada bagian lehernya. Sedangkan, pada bagian saku dada sebelah kiri terdapat corak tenun yang detail dan elegan. Sementara, untuk warna berwarna ungu yang kuat dipadukan dengan kutu baru dengan warna senada dan pramugara memakai seragam dengan warna jas abuabu

Baju Pramugara Singapore Airlines

Singapore Airlines yang sebelumnya bernama Malayan Airways adalah salah satu maskapai penerbangan komersil asal Singapura. Singapore Airlines sudah berdiri sejak 1 Mei 1947, saat ini sudah mengudara ke 62 destinasi di seluruh dunia.

seragam pramugara singapore airlines

seragam pramugara singapore airlines

Singapore Airlines dikenal sebagai salah satu maskapai penerbangan terbaik oleh Skytrax sebanyak empat kali tentu memiliki perbedaan warna seragam dengan pramugari garuda

Bukan hanya prestasi yang Nampak dari maskapai penerbangan ini, namun seragam pramugari maskapai juga juga memiliki keunikan yang bertahan sejak tahun 1968. Desain seragam ini masih mengenakan Rancangan seragam karya Pierre Balmain.

SQ mengenakan seragam atau Singapore Airlines terdiri dari setelan sarong kebaya berwana biru dan hijau, ini memiliki perbedaan warna seragam pramugari garuda. Sementara pramugara memiliki seragam berupa setelan jas dengan dasi kupu-kupu berwarna hijau zamrud.

Pada bagian kerah ditambah dengan aksen sarong kebaya senada dengan seragam pramugari agar stlish di dunia.

Korean Air

Korean Air Ltd. Co adalah salah satu airlines komersil yang dibangun pada tahun 1962. Perusahaan ini menggantikan maskapai sebelumnya yaitu Korean National Airlines. Setelah ‘berubah’ dan melakukan ekspansi, Korean Air mengudara untuk penerbangan internasional pertamanya ke Hong Kong, Taiwan dan Los Angeles.

seragam pramugara korean airlines

seragam pramugara korean airlines

Perusahaan yang berasal dari negeri ginseng ini memiih designer asal Italy Gianfranco Ferré. Seragam pramugara terdiri dari setelan jas berwarna hitam dengan dasi warna biru muda, bukan warna tosca. Warna seragam pramugari terdiri dari kombinasi warna putih tulang dan warna biru muda yang cerah.

Pada bagian dada sebelah kiri tersemat cetak timbul dari identitas perusahaan.

Emirate’s Airlines

Emirates, merupakan maskapai terbesar di timur tengah. Perusahaan yang memiliki based di Dubai ini memiliki 159 destinasi penerbangan sejak berdiri 35 tahun yang lalu pada 1985 Emirates dinobatkan sebagai empat maskapai tersebesar berdasarkan pendapatan dari jadwal penerbangan dan kilometres.

seragam pramugara emirates airlines

seragam pramugara emirates airlines

Seragam dari kru kabin di daerah timur tengah sendiri memiliki ciri Khas pada topi yang dikenakan oleh pramugarinya. Begitupun dengan Emirate’s.

Berbeda dengan seragam pramugara masih menggunakan setelan jas lengan panjang dengan dasi bercorak coklat merah bata yang senada dengan seragam pramugarinya, berbedakan dengan seragam pramugari indonesia.

Seragam pramugara dan pramugari dari Emirate’s cukup berbeda dengan seragam pramugari indonesia. Bukan hanya modelnya namun rancangan dari seragam maskapai ini dipercayakan pada perusahaan yang khusus merancang staff uniform asal Inggris yaitu SimonJersey berbeda ya tidak seperti air france.

Alaska Airlines

Alaska Airlines sudah berusia lebih dari 88 tahun. Maskapai asal negeri paman Sam ini telah mengudara ke 166 destinasi di seluruh dunia. Alaska Airlines juga dikenal sebagai maskapai yang memiliki highest customer satisfaction untuk maskapai tradisional yang di ranking oleh J. D Power and Associates.

pramugara alaska airlines

seragam pramugara alaska airlines

Untuk urusan baju pramugara Alaska Airlines mempercayakannya kepada Luly Yang.
Baju pramugara tediri dari tiga kombinasi.

Pertama adalah setelah tuxedo dengan dasi, kedua adalah setelan jas dark brown lengan panjang dengan dasi berwarna biru dan ketiga adalah tuxedo yang dipadankan dengan cardigan berwarna navy tidak seperti american airlines.

Itu dia beberapa ulasan mengenai desain seragam di beberapa maskapai penerbangan di dunia. Ulasan pada artikel ini semoga semoga menjadi salah satu penyemangat jika tertarik untuk berperan dalam bidang aviasi.

Banyak yang bermimpi untuk menjadi kru kabin, langkah yang bisa dilakukan untuk terjun dalam bidang aviasi adalah mendapatkan pendidikan dari institusi aviasi terbaik di Indonesia.

Kamu bisa mencoba untuk melanjutkan pendidikan vokasi di salah satu institusi di Indonesia.

Agar kamu bisa mengenakan seragam ala pramugari, tentunya dengan seragam pramugari paling stylish ya.

Sekolah aviasi sendiri jumlahnya cukup terbatas namun tersebar di hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Belajar Dari Rumah

Karena saat ini sedang pandemi covid19 / pandemi covid19 / virus corona melanda negara kita, namun tidak perlu khawatir. Karena dampak corona sistem belajar di Java Aviation Academy menerapkan belajar dari rumah, sebagai langkah social distancing untuk menghindari wabah corona. Tetap belajar dari rumah ya namun jangan khawatir materi tetap tidak akan terganggu melalui online. 

covid19

indonesia lawan wabah korona

Walaupun jumlah institusinya terbatas, tetapi jumlah sekolah aviasi negeri dan swasta di Indonesia terbilang cukup banyak, namun tidak semuanya memiliki teknologi seperti sekolah pramugari & pramugara Java Aviation Academy.

Bahkan beberapa institusi seperti java aviation menawarkan short course hingga magang dengan periode antara tiga hingga sepuluh bulan.

Sekolah aviasi juga merupakan sekoah khusus dengan bidang yang sangat spesifik. Sehingga permintaan akan kontribusi kamu tentu akan sangat dinantikan.

Selamat mencoba dan semoga berhasil untuk menjadi pramugari pesawat, semangat kartini. Karena semangat kartini tidak boleh takut karena virus corona / wabah corona / pandemi corona mudah-mudah2an segera bangsa Indonesia.

Tetap patuhi anjuran larang warga mudik ya dan mudah-mudahan segera mendapatkan alat tes agar dampak corona tidak semakin lama ya guys ! !

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat