Syarat Masuk Sekolah Pramugari, Apa Saja Syarat Masuk Sekolah Pramugari?

Menjadi pramugari merupakan cita-cita banyak anak anak di Indonesia. Imej seorang pramugari yang cantik serta rapi, menjadikan profesi ini sebagai salah satu profesi populer di kalangan anak anak sekolah dasar. Banyak dari mereka yang kemudian mewujudkan mimpinya tersebut saat telah dewasa, menjadi seorang pramugari.

Mengapa Harus Menjadi Pramugari?

Syarat Masuk Sekolah Pramugari, Apa Saja Syarat Masuk Sekolah Pramugari?

Ada banyak alasan mengapa banyak orang sangat tertarik menjadi pramugari. Pertama, gaji yang ditawarkan cukup besar. Gaji pokoknya saja bisa mencapai 6 jutaan, terendah adalah 2 jutaan. Itu belum termasuk uang makan, tunjangan, uang lembur, serta bonus. Untuk maskapai besar sekelas Garuda Indonesia, total gaji seorang pramugari bisa mencapai 15 jutaan loh. Sangat besar bukan?

Selain nominal gaji yang cukup besar, dengan menjadi seorang pramugari kita juga berkesempatan untuk jalan jalan keliling dunia dengan gratis, tanpa biaya sepeserpun. Bahkan saat seorang pramugari diharuskan stay dan menginap di hotel, biaya akomodasi tersebut sudah ditanggung oleh maskapai. Status sosial juga menjadi alasan lain mengapa profesi pramugari dianggap cukup berkelas di kalangan masyarakat. Berseragam khusus, cantik, rapi, serta berwawasan menjadikan seorang pramugari sebagai sosok profesional.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang pramugari? Jangan ragu untuk mewujudkannya sekarang juga. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mendaftar sekolah pramugari, antara lain:

  1. Berapa biaya sekolah pramugari?
  2. Berapa lama waktu tempuh Pendidikan pramugari?
  3. Apa saja syarat-syarat mendaftar sekolah pramugari?

Syarat-Syarat Menjadi Pramugari

Mempersiapkan semua persyaratan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum Anda pergi mendaftar. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon siswa sekolah pramugari, antara lain:

Usia Berkisar Antara 19-21 Tahun

Seorang calon siswa sekolah pramugari tidak boleh kurang dari 19 tahun dan lebih dari 21 tahun pada saat mendaftar. Ini adalah usia yang sangat produktif, sehingga baik sekolah maupun maskapai akan cukup mudah mengarahkan mereka yang masih memiliki semangat menggebu.

Berpenampilan Menarik

Seorang pramugari dituntut untuk berinteraksi dengan klien dari berbagai penjuru dunia. Penampilan yang menunjang akan membantu pekerjaan mereka, membuat penumpang nyaman dan senang. Cantik itu memang relatif, tapi penampilan menarik Anda bisa ditentukan dengan beberapa hal antara lain gaya rambut yang cocok, gigi yang rapi, serta dandanan yang sesuai. Untuk mendaftar sekolah pramugari, pastikan gigi Anda rapi dan tidak ada yang bolong

Sehat Jasmani dan Rohani

Kesehatan jasmani dan rohani adalah hal penting sebelum mendaftar ke sekolah manapun. Hal ini terkait dengan keselamatan Anda serta keselamatan orang lain saat penerbangan. Anda harus lolos uji kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter sebagai salah satu syarat sekolah pramugari.

Memiliki Berat Badan dan Tinggi Badan yang Proporsional

Umumnya, tinggi badan minimal seorang pramugari adalah 160 cm. lalu bagaimana dengan berat badannya? Tidak ada panduan khusus, asalkan ideal and proporsional. Jika Anda memiliki berat badan 160 cm sebagai contoh, maka berat ideal Anda ada di kisaran 50 hingga 55 cm. Anda bisa dengan mudah menghitung berat ideal Anda dengan menggunakan Body Mass Index.

Belum Menikah

Syarat penting lainnya bagi seorang calon siswa sekolah pramugari adalah belum menikah. Hal ini dimaksudkan agar siswa bisa fokus ke pendidikannya. Jika sudah menikah, dikhawatirkan saat hamil dan melakukan penerbangan, akan membahayakan ibu serta janinnya. Lalu kapan seorang pramugari diperbolehkan menikah? Itu tergantung kebijakan maskapai tempat ia bernaung.

Tidak Buta Warna

Penting sekali untuk seorang calon pramugari mengenali warna warna, sehingga calon siswa yang buta warna dipastikan tidak akan lolos seleksi.

Dapat Berkomunikasi dengan Baik.

Seorang pramugari juga dituntut memiliki keterampilan  Bahasa dan komunikasi yang baik. Mereka akan menemui berbagai klien/penumpang dari berbagai daerah dan penjuru dunia. Kemampuan komunikasi yang baik mempermudah pekerjaan mereka sekaligus memberi kepuasan kepada penumpang. Anda diharuskan menguasai Bahasa Inggris baik aktif maupun pasif.

Itulah beberapa persyaratan umum calon siswa sekolah pramugari. Jika Anda ingin lolos seleksi, pastikan Anda memenuhi semua syarat tersebut. Kunjungi sekolah pramugari handal seperti Java Aviation Academy untuk membantu mewujudkan impian Anda.

error: Content is protected !!
WhatsApp chat