Daftar isi

Sebelum membahas apa saja Syarat Masuk Sekolah Pramugari, menjadi pramugari merupakan cita-cita banyak anak anak di Indonesia. Imej seorang pramugari yang cantik serta rapi, menjadikan profesi ini sebagai salah satu profesi populer di kalangan anak anak sekolah dasar. Banyak dari mereka yang kemudian mewujudkan mimpinya tersebut saat telah dewasa, menjadi seorang pramugari.

Mengapa Harus Menjadi Pramugari?

pelayanan pramugari

pramugari sebagai pelayan udara harus mampu memiliki sikap yang baik

Ada banyak alasan mengapa banyak orang sangat tertarik menjadi pramugari. Pertama, gaji yang ditawarkan cukup besar. Gaji pokoknya saja bisa mencapai 6 jutaan, terendah adalah 2 jutaan. Itu belum termasuk uang makan, tunjangan, uang lembur, serta bonus. Untuk maskapai besar sekelas Garuda Indonesia, total gaji seorang pramugari bisa mencapai 15 jutaan loh. Sangat besar bukan?

Selain nominal gaji yang cukup besar, dengan menjadi seorang pramugari kita juga berkesempatan untuk jalan jalan keliling dunia dengan gratis, tanpa biaya sepeserpun. Bahkan saat seorang pramugari diharuskan stay dan menginap di hotel, biaya akomodasi tersebut sudah ditanggung oleh maskapai. Status sosial juga menjadi alasan lain mengapa profesi pramugari dianggap cukup berkelas di kalangan masyarakat. Berseragam khusus, cantik, rapi, serta berwawasan menjadikan seorang pramugari sebagai sosok profesional.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang pramugari? Jangan ragu untuk mewujudkannya sekarang juga. Ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum mendaftar sekolah pramugari, antara lain:

  1. Berapa biaya sekolah pramugari?
  2. Berapa lama waktu tempuh Pendidikan pramugari?
  3. Apa saja syarat-syarat mendaftar sekolah pramugari?

Syarat-Syarat Menjadi Pramugari

Mempersiapkan semua persyaratan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebelum Anda pergi mendaftar. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon siswa sekolah pramugari, antara lain:

Usia Berkisar Antara 17-27 Tahun

Seorang calon siswa sekolah pramugari tidak boleh kurang dari 17 tahun dan lebih dari 27 tahun pada saat mendaftar. Ini adalah usia yang sangat produktif, sehingga baik sekolah maupun maskapai akan cukup mudah mengarahkan mereka yang masih memiliki semangat menggebu.

Berpenampilan Menarik

Seorang pramugari dituntut untuk berinteraksi dengan klien dari berbagai penjuru dunia. Penampilan yang menunjang akan membantu pekerjaan mereka, membuat penumpang nyaman dan senang. Cantik itu memang relatif, tapi penampilan menarik Anda bisa ditentukan dengan beberapa hal antara lain gaya rambut yang cocok, gigi yang rapi, serta dandanan yang sesuai. Untuk mendaftar sekolah pramugari, pastikan gigi Anda rapi dan tidak ada yang bolong

Sehat Jasmani dan Rohani

Kesehatan jasmani dan rohani adalah hal penting sebelum mendaftar ke sekolah manapun. Hal ini terkait dengan keselamatan Anda serta keselamatan orang lain saat penerbangan. Anda harus lolos uji kesehatan yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter sebagai salah satu syarat sekolah pramugari.

Memiliki Berat Badan dan Tinggi Badan yang Proporsional

Umumnya, tinggi badan minimal seorang pramugari adalah 160 cm. lalu bagaimana dengan berat badannya? Tidak ada panduan khusus, asalkan ideal dan proporsional. Jika Anda memiliki berat badan 160 cm sebagai contoh, maka berat ideal Anda ada di kisaran 50 hingga 55 cm. Anda bisa dengan mudah menghitung berat ideal Anda dengan menggunakan Body Mass Index.

Belum Menikah

Syarat penting lainnya bagi seorang calon siswa sekolah pramugari adalah belum menikah. Hal ini dimaksudkan agar siswa bisa fokus ke pendidikannya. Jika sudah menikah, dikhawatirkan saat hamil dan melakukan penerbangan, akan membahayakan ibu serta janinnya. Lalu kapan seorang pramugari diperbolehkan menikah? Itu tergantung kebijakan maskapai tempat ia bernaung.

Tidak Buta Warna

Penting sekali untuk seorang calon pramugari mengenali warna warna, sehingga calon siswa yang buta warna dipastikan tidak akan lolos seleksi.

Dapat Berkomunikasi dengan Baik.

Seorang pramugari juga dituntut memiliki keterampilan  Bahasa dan komunikasi yang baik. Mereka akan menemui berbagai klien/penumpang dari berbagai daerah dan penjuru dunia. Kemampuan komunikasi yang baik mempermudah pekerjaan mereka sekaligus memberi kepuasan kepada penumpang. Anda diharuskan menguasai Bahasa Inggris baik aktif maupun pasif.

Itulah beberapa persyaratan umum calon siswa sekolah pramugari. Jika Anda ingin lolos seleksi, pastikan Anda memenuhi semua syarat tersebut. Kunjungi sekolah pramugari handal seperti Java Aviation Academy untuk membantu mewujudkan impian Anda.

Perbedaan Orang yang Sekolah Pramugari vs Tidak

Orang yang sekolah pramugari, dengan yang tidak sekolah, beda nggak sih? Kalau dengar pertanyaan semacam ini, kalian pasti akan menjawab: tentu aja beda.

Ya betul… status dan tingkat pendidikan seseorang memang sangat mempengaruhi bagaimana karakter, wawasan dan keterampilan kerja seseorang.

Seorang pramugari yang bersekolah tentu akan lebih unggul secara bibit, bebet dan bobot. Daripada mereka yang tidak.

Sampai di sini, mungkin adik-adik banyak yang bertanya:

  • Apa benar ada pramugari yang tidak sekolah?
  • Bisa nggak jadi pramugari tanpa sekolah?

Jawab pertanyaan yang pertama dulu. Ya, kenyataannya beberapa pramugari memang tidak sekolah dulu. Mereka langsung nekad ikut seleksi masuk di Airlines, meskipun tak mengantongi ijasah dan sertifikat pelatihan pramugari di lembaga pendidikan.

Tentu jumlah mereka tidak banyak, tapi tiap tahun selalu ada. Biasanya anak calon pramugari yang “nekad” begini pun memang punya potensi, keyakinan dan kepercayaan diri yang tinggi. Sehingga mereka yakin mampu menarik perhatian pihak perusahaan Airlines untuk merekrut mereka.

Saingan anak-anak yang tidak sekolah ini tentu saja adalah kita. Para calon pramugari yang punya latar belakang pendidikan pramugari, seperti alumnus-alumnus Java Aviation Academy.

Kini mari jawab pertanyaan kedua. “Apakah bisa jadi pramugari tanpa sekolah?” Jawabannya adalah “bisa”, namun peluangnya tidak sebesar mereka yang sekolah dan ikut pelatihan pramugari dulu.

Peluang Kerja Lulusan Sekolah Pramugari VS yang Tidak Sekolah

Jangankan yang tidak sekolah pramugari. Mereka yang sekolah saja, masih banyak yang mesti sabar dan menggigit jempol karena gagal seleksi. Meskipun kegagalan ini biasanya disebabkan karena tingginya peminat lowongan kerja di suatu maskapai.

Mereka yang sudah mengantongi ijasah saja masih harus was-was menghadapi masifnya kontestasi. Kenapa malah ada yang bersikukuh tidak mau sekolah pramugari dengan beragam alasan?

Tentu alasan-alasan yang klasik, seperti:

  • Sekolah itu mahal
  • Nggak sekolah aja bisa lolos
  • Yang penting percaya diri dan yakin
  • Pasti bakal diterima karena body goals, cantik dan pintar

Mindset menolak masuk sekolah pramugari karena merasa diri sendiri sudah di atas. Seharusnya kini dibuang jauh-jauh.

Berdasarkan pengamatan JAA, kini pihak maskapai sendiri lebih memprioritaskan para alumni lembaga pendidikan pramugari. Ketimbang yang daftarnya langsung tanpa background.

Walaupun pada nantinya bakal ada training juga yang diberikan oleh pihak maskapai. Namun para lulusan pramugari dianggap lebih matang dan survive menghadapi segala tantangan kerja di dunia penerbangan.

Jika begini dapat dikatakan kalau peluang kerja lulusan pramugari itu lebih lebar daripada mereka yang tidak sekolah. Peluang ini juga terbuka dari bagaimana peran lembaga pendidikan dalam menjembatani dan menyalurkan para alumninya.

Perbedaan Mereka yang Sekolah dan Tidak

Mari kita jabarkan dengan lebih terperinci, perbedaan mereka yang sekolah dengan yang tidak. Terdapat setidaknya 4 perbedaan besar, dari pramugari yang merupakan alumni sekolah pramugari dengan yang tidak:

1. Mereka yang Sekolah Cenderung Lebih Percaya Diri

Walaupun mereka yang tidak sekolah sudah maksimal pedenya. Tetap saja jika diamati, tentu para alumni lembaga pendidikan jauh lebih pede.

Soalnya kan para alumni itu dibekali dengan segudang ilmu dan keterampilan. Sedangkan para “pramugari tak sekolah” itu hanya bermodalkan keberanian dan peruntungan hidup.

2. Mereka yang Tidak Sekolah Harus Mendaftar Sendiri Seleksi Kerja

Keuntungan masuk sekolah pramugari itu bakalan disalurin ke maskapai-maskapai secara langsung. Ini adalah benefit dari program magang kerja yang biasanya dilakukan.

Sedangkan mereka yang memilih jalur mandiri tanpa sekolah dulu. Tentu haruslah berjuang sendiri pula mencari informasi tentang rekrutmen-rekrutmen ini. Di mana informasi penerimaan pramugari ini cenderung sulit loh dicari.

Pernah buka situs website maskapai penerbangan? Adakah di dalam sana info pengumuman penerimaan pramugari? Tentu biasanya tidak ada.

Soalnya pengumuman ini cenderung tersembunyi. Kalaupun diberitakan melalui media online. Maka biasanya dilakukan dalam bentuk press release di media jurnalistik.

Beda kalau kamu sekolah pramugari dulu. Jangankan info lowongan kerja pramugari gini. Java Aviation Academy juga sanggup memberikanmu tips-tips biar melenggang lolos seleksi.

3. Mereka yang Sekolah Lebih Memiliki Keterampilan yang Pasti

Ya, sudah tentu keterampilan pramugari itu ada banyak sekali. Bayangkan kalau nggak sekolah? Apakah kiranya kita bisa langsung mahir melakukannya.

Sekolah pramugari itu nggak hanya mengajarkan teoritis. Namun juga bakal diajarkan tentang table manner dan lain sebagainya. Segala skill yang perlu dimiliki oleh seorang awak kabin pramugari itu apa aja sih. Semua bakal dipelajari.

4. Mereka yang Tidak Sekolah Kurang Pengalaman Kerja

Ya sudah jelas mereka yang nggak sekolah pastilah kekurangan pengalaman kerja. Sehingga mereka tidak akan begitu survive pada tahap-tahap awal pelatihan kerja.

Ketika kamu dinyatakan lolos sebagai pramugari. Belum tentu karirmu bakal bertahan lama. Ada banyak alasannya, salah satunya karena ketidakmampuanmu buat survive dalam lingkungan kerja ini.

Dengan kamu bersekolah, artinya kamu sedang mengupayakan masa depan karir yang lama dan cerah. Tentu pengin kan kelak jadi pramugari hingga senior?

Tips Menghadapi Biaya Sekolah Pramugari

Judul sub bab ini agak lucu “tips menghadapi”, seolah-olah biaya sekolah pramugari itu musuh.

Tapi emang benar sih, bagi sebagian orang, “biaya” ibarat musuh. Soalnya buat melawannya sangat sulit.

Kondisi keuangan saat ini yang pas-pas-an, membuat banyak di antara kita jadi mikir berat. Gimana kalau sampai nggak sanggup bayar biaya masuk sekolah?

Tapi tenang aja guys, tips-tips di bawah ini sebaiknya dibaca dengan saksama deh. Supaya kita jadi nggak ragu lagi buat masuk sekolah pramugari.

1. Persiapan Jauh-Jauh Hari Sebelum Mendaftar

Sebelum mendaftar sekolah, pastikan telah melakukan persiapan jauh-jauh hari. Beberapa langkah persiapannya yaitu:

  • Menentukan lokasi sekolah
  • Mengumpulkan atau menabung uang untuk membiayai sekolah
  • Menegakkan niat dan tekad bahwa menjadi pramugari memang cita-cita
  • Diskusi anak dan orang tua kalau keputusan masuk sekolah pramugari memang sudah tepat

Dari empat poin persiapan di atas, nampaknya perihal diskusi menjadi yang paling urgen. Pasalnya, banyak kasus di mana orang tua merasa berat bila anaknya jadi pramugari. Soalnya profesi ini sangat beresiko. Maka dari itu, butuh diskusi atau musyawarah dulu agar mencapai kesepakatan.

2. Melakukan Survey dan Perbandingan Harga

Langkah persiapan selanjutnya adalah melakukan survey dan perbandingan harga. Survey dilakukan untuk menentukan manakah di antara banyaknya sekolah pramugari yang bakal dipilih.

Sedangkan komparasi harga dilakukan untuk mengetahui di posisi manakah budget pendidikan kita berada. Maksudnya, kira-kira kita sanggupnya bayar biaya di lembaga pendidikan yang mana nih.

3. Menganalisis Kualitas Sekolah Pramugari

Penting sekali untuk mengenali dulu background sebuah lembaga pendidikan. Kualitas sekolah pramugari, misalnya Java Aviation Academy mestilah dipahami dulu. Biar semakin mantap.

Kita ambil contoh JAA. Kualitas kami bisa terlihat dari bagaimana proses pendidikan yang berjalan di lokasi gedung sekolah. Selain itu juga bisa terlihat dari bagaimana informasi profil kami yang ada di situs website ini.

Ada satu yang paling penting juga untuk dilakukan. Bahwa pastikan sekolah pramugarinya memiliki legalitas. Sehingga ijasah kalian nantinya sungguh-sungguh legal dan dapat digunakan untuk melamar kerja.

Mengapa JAA berkata seperti ini? Ini tak lain karena maraknya sekolah pramugari abal-abal. Korbannya adalah mereka yang terpengaruh iming-iming “kerja cepat” dan “gaji besar”. Sudah ikut pelatihan, tak tahunya malah korban penipuan.

4. Membayar dengan Sistem Cicilan

Jangan khawatirkan tentang biaya sekolah pramugari. Jika kita sekolah di Java Aviation Academy. Segala biaya pendidikan bisa dicicil. Sehingga akan sangat meringankan kita yang memang sedang dalam posisi sulit finansial.

Meskipun ini program cicilan, harganya tetap flat. Artinya harganya sama saja dengan bayar cash. Dan ini sangat cocok buat calon siswa-siswi yang memiliki rencana membiayai sendiri sekolahnya, sembari kerja.

Kan banyak tuh di zaman sekarang, seorang anak yang bekerja dan sekolah sekaligus. Tanpa sepeser pun minta supply dana dari orang tua.

5. Mendaftar Program Beasiswa

Meskipun kebanyakan sekolah pramugari berbayar. Namun ada juga program-program beasiswa untuk murid berprestasi. Rajin-rajinlah browsing informasi soal beasiswa ini ya.

Lumayan banget kok, kalau dapat beasiswa artinya uang sekolahnya bisa dipakai buat yang lain. Misalnya untuk biaya kos-kosan dan uang hidup selama bersekolah.

Biaya Sekolah Pramugari di Java Aviation Academy

Tahu nggak sih berapa biaya sekolah pramugari di Java Aviation Academy? Buat kalian calon-calon murid JAA, baca deh skema pembiayaan jurusan pramugari dan pramugara di JAA berikut ini

1. Sistem Pembayaran Cash di Java Aviation Academy

Total biaya pendidikan hingga lulus: Rp33.000.000

2. Sistem Pembayaran Cicilan di Java Aviaton Academy

Total biaya pendidikan hingga lulus: Rp35.000.000 dengan skema pembiayaan berikut:

  • Pembayaran ke-1 (pasca registrasi online): Rp5000.000
  • Pembayaran ke-2 (daftar ulang): Rp20.000.000
  • Pembayaran ke-3 (pasca 1 bulan belajar): Rp5000.000
  • Pembayaran ke04 (pasca 2 bulan belajar): Rp5000.000

Untuk melihat rincian lebih lengkapnya tentang skema pembiayaan ini, silahkan cek di tautan ini. Di sana juga ada informasi biaya dan skema pembayaran jurusan lain di Java Aviation Academy.

Keunggulan Sekolah Pramugari JAA Dibanding Lainnya dari Segi Pembiayaan

Berikut adalah beberapa keunggulannya yang bakal kita terima kalau sekolah di JAA. Ya, keunggulan ini memang bersifat sangat umum. Namun tentu wajib kita pertimbangkan sebelum memutuskan mendaftar.

  • JAA memberikan biaya dengan besaran rata-rata, artinya tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal
  • Biaya sekolahnya bisa dicicil sehingga meringankan
  • Bayar cash bakal lebih murah
  • Tanpa biaya tersembunyi (semua sudah full fasilitas)

Pada dasarnya masalah “biaya” ini relatif ya, tergantung pandangan kita terhadapnya. Jangankan sekolah profesi macam sekolah pramugari ini. Ketika kita les mata pelajaran teoritis di bimbel saja ada harga yang mesti dibayar.

Jadi intinya, kalau seseorang benar-benar menginginkan sekolah pramugari. Pastilah dirinya memiliki persiapan yang matang. Apalagi terkait dana sekolah yang bakal digelontorkan ini.

Cara Memilih Sekolah Pramugari

Sekolah pramugari banyak gimana memilihnya? Eits… nanti dulu, sebelum bahas tentang itu, kita bahas sebentar yuk tentang fakta di balik profesi pramugari ini!

Nggak bisa dipungkiri profesi di dunia penerbangan sejak dulu banyak diincar kawula muda. Terutama oleh mereka yang punya impian bisa keliling Indonesia dan dunia gratis. Sambil kerja, bisa sambil jalan-jalan, siapa yang nggak pengin?

Salah satu profesi yang diidam-idamkan perempuan remaja, terutama mereka yang suka bekerja dengan prinsip aktif, mapan, rapi, cantik dan cerdas adalah pramugari.

Ya, pramugari memang pekerjaan yang membutuhkan prinsip-prinsip tersebut, di samping keahlian lain yang hanya bisa dipelajari di sekolah pramugari.

Pramugari bukan pemandu wisata para penumpang pesawat. Bukan waitress yang memberi makanan dan minuman. Namun di dalam pesawat, mereka bisa memiliki wawasan dan keterampilan itu semua.

Namun tentu saja, tugas mereka lebih dari sekadar memandu para manifest dan melayani urusan mereka selama flight.

pramugari air asia

sekolah pramugari banyak gimana memilihnya, tips memilih sekolah pramugari, java aviation academy

Kalau boleh dikata, pramugari adalah profesi segala profesi. Tugas mereka aslinya kompleks banget. Seleksinya juga ketat karena itu butuh pendidikan khusus yang mampu memberikan pelatihan-pelatihan yang tepat , terampil dan tangguh.

Memang benar sih, sekolah pramugari banyak gimana memilihnya? Pastinya langkah pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah soal biayanya.

Untuk biaya sekolah pramugari di Java Aviation Academy sangat terjangkau loh. Cek di sini aja.

Sejak dulu rumor mengatakan biaya sekolah jadi pramugari itu mahal, kecuali kalau kamu mau mencoba program cicilan seperti yang ditawarkan oleh JAA. Itu loh, sekolah pramugari dan pramugara terkenal di Jakarta.

Jadi di Java Aviation Academy , kamu bisa nyicil biaya pendidikan selama 3 kali. Selisihnya dengan bayar cash cuma 2 jutaan aja, loh! Lumayan hemat lah, selagi kamu membujuk orang tua agar luluh hatinya untuk percaya padamu.

Percaya bahwa kamu benar-benar pengin banget jadi pramugari. Nah, berhubung sekolah pramugari banyak gimana memilihnya? Langsung aja deh, simak 6 tipsnya biar nggak kecewa:

1. Pilihlah Sekolah yang Udah Punya Alumni

Merebaknya sekolah pramugari membuat jadi bingung pilih sekolah yang mana. Sebenarnya gampang aja kok, tinggal lihat aja alumninya. Apakah sudah ada alumni?

2. Para Alumni Sudah Diterima Kerja di Maskapai Penerbangan Idaman

Sebagai calon pramugari maka impianmu adalah bisa kerja di maskapai idaman. Maka kamu harus melihat para alumnus itu, apakah di antara mereka benar-benar sukses semua dalam airlines job recruitment?

Jika ya, artinya sekolah pramugari ini sukses menjembatani proses pencarian kerja ini. Biar bagaimana pun, sebuah maskapai juga akan mempertimbangkan almamater dan jaringan alumnus ini saat menerimamu kerja kelak.

3. Kurikulum Pendidikan Praktek dan Teoritis yang Seimbang

Sekolah pramugari tidak seperti perkuliahan pada umumnya yang lebih banyak di kelas. Harusnya justru memberikan materi pelajaran melalui praktek langsung di lapangan.

Program visit dan magang bandara, table manners, beauty class seperti yang ditawarkan Java Aviation Academy tentu sangat bagus sebagai latihan praktek kerja nyata.

4. Sekolah yang Memiliki Standar dan Kualifikasi Peserta Didik

Memang benar, sekolah pramugari banyak gimana memilihnya? Sudah nggak perlu bingung-bingung. Kamu mesti ingat bahwa sekolah yang bermutu tinggi pasti memiliki standar.

Bukan standar kurikulumnya saja, melainkan juga standar peserta didiknya. Jadi nggak semua orang yang daftar bakal diterima. Sekolah pramugari yang baik mesti menerapkan sistem seleksi murid, terutama melalui walk in interview.

5. Mengapa Walk in Interview?

Proses interview secara langsung ini menandakan bahwa pihak sekolah pramugari menginginkan proses rekrutmen siswa-siswa unggulan secara langsung.

Menjadi pramugari bukan kisah tentang memiliki banyak uang buat sekolah. Tapi tentang memiliki bakat, minat dan kondisi diri yang sesuai untuk pekerjaaan sesulit pramugari ini.

6. Menjadi Pramugari Sulit karena Banyak Persyaratan

Kamu tidak hanya butuh uang saja buat sekolah. Tidak hanya butuh kecantikan dan tinggi badan saja buat diterima kerja. Namun kamu juga harus memiliki jasmani dan rohani yang sehat.

Selain itu mentalmu juga kudu kuat. Kerja di atas ketinggian awan, jauh dari orang tua. Dan mesti disiplin pula soal waktu. Itu semua kan butuh mental kuat. Di sekolah pramugari, mentalmu akan dilatih agar sekuat baja.

Selain itu, seorang pramugari harus bisa berenang, berbahasa asing (minimal bahasa Inggris), mengangkat beban berat (untuk membantu angkat bagasi kabin atau membuka pintu pesawat) dan tentu harus bisa memiliki jiwa melayani dan ramah kepada orang tak dikenal.

Dengan begitu, kamu membutuhkan sebuah sekolah yang memang bisa melihat potensi kamu untuk melakukan itu semua. Sekolah yang tidak sekadar mengajari, namun mengarahkan kamu di jalan yang paling lancar.

Nah, melihat tips di atas, kamu jangan lagi bertanya sekolah pramugari banyak gimana memilihnya, ya? Tapi tanyalah, apakah aku sudah siap mengemban profesi pramugari di masa depan?

Jika sudah, ijinkan JAA memandu jalanmu mewujudkan cita-cita. Cara daftar sekolah pramugari di JAA cek di sini aja.

Tips Sukses Sekolah Pramugari di Java Aviation Academy

Apa aja sih yang mesti dilakukan oleh para calon pramugari, biar sukses sekolahnya? Ingat ya guys. Kesuksesan karir itu bermula dari kesuksesan sekolah.

Berikut adalah beberapa kiat-kiat mencapai kesuksesan sebagai seorang murid calon pramugari:

  • Niat mengikuti pelajaran di kelas
  • Datang ke sekolah tepat waktu
  • Jangan pernah bolos dan kompromi terhadap bolos
  • Bersikap supel dan berusaha memiliki teman
  • Jika rumah jauh dari sekolahnya, usahakan untuk ngekos atau tinggal di dekat gedung sekolah. Biar selalu on time
  • Mempraktekkan ilmu yang diberikan oleh para pengajar
  • Selalu mengikuti kegiatan-kegiatan praktek lapangan
  • Menuruti prosedur atau himbauan yang diberikan oleh pihak sekolah. Misalnya saat penyaluran dan rekrutmen tenaga kerja

Jika tips sukses sekolah pramugari di atas dijalankan. Niscaya, setelah lulus bakal mudah dapat kerja. Meskipun pihak lembaga pendidikan sudah membantu menyalurkan. Namun bila kita tidak usaha meningkatkan nilai banding di hadapan Airlines. Tentu kita bisa tersingkir dalam persaingan tenaga kerja pramugari.

Halo, adik-adik Java Aviation Academy! Tahu nggak sih kenapa sekolah pramugari mahal? Apa benar semahal itu? Tahu dari mana, padahal belum daftar sekolah juga?

Buat yang udah pernah cobain pasti nggak bakal ngomong gini. Soalnya mereka udah tahu kalau sekolahnya itu eksklusif. Dan sebanding dengan apa yang mereka dapatkan setelah lulus.

Ada pepatah mengatakan bahwa “harga membawa rupa”, artinya “biaya sekolah yang mahal, memberikan jaminan kelulusan yang gemilang” pula.

Jadi jangan takut ya. Anggap aja ini investasi buat masa depan. Ngapain coba takut sekolah cuma gara-gara biayanya mahal. Padahal cita-cita udah digenggam di tangan, tinggal berlari aja ke dalam kelas pramugari buat belajar.

Ada banyak jalan menuju Roma dan ada banyak cara masuk ke JAA. Kalian tahu JAA, kan? Kami adalah sekolah pramugari yang berbasis di ibukota Jakarta.

Mumpung Jakarta masih jadi ibukota, yuk daftar sekolah pramugari di JAA. Siapa tahu bakalan sering mampir bandara Soekarno Hatta?

Loh, loh… Kok ceramahnya malah jadi seperti pantun begini ya. Udah kayak pramugari dan pramugara Citilink aja yang suka berpantun.

Alasan Kenapa Sekolah Pramugari Mahal

sekolah pramugari, pramugari cantik, Java Aviation Academy

Kenapa Sekolah Pramugari Mahal?

Tahu nggak sih kenapa sekolah jurusan pramugari mahal? Ya nggak gitu juga sih, semua tergantung bagaimana pemaknaan kita atas pembiayaan. Nih udah JAA susun, alasannya:

1. Profesi Pramugari itu Spesial, Nggak Semua Orang Bisa Daftar

Untuk menjadi seorang pramugari itu tidak semua orang bisa melakukannya. Hanya orang tertentu saja yang memiliki kondisi dan potensi memungkinkan.

Jika kamu berhasil masuk ke sekolahnya, artinya kamu memang salah satu orang beruntung yang spesial itu.

Buruan aja deh daftar di JAA, ya! Biar nggak ketinggalan sama anak-anak cantik calon pramugari lainnya itu. Biar bagaimana pun kalian itu kan kompetitor.

2. Materi Belajarnya Banyak, Ada Ilmu yang Mesti Ditebus

Tidak ada ilmu yang gratis di dunia ini karena semua orang berilmu pun memperoleh ilmunya dari pembiayaan yang besar pula.

Saat memutuskan sekolah penerbangan, maka kamu harus siap dengan segala risiko pembiayaan ini.

Kata siapa sekolah pramugari mahal? Ini kan persepsi masing-masing orang. Lagipula jika dilihat secara gaji, saat kamu sudah jadi pramugari kelak, segala biaya yang dikeluarkan bisa langsung dikembalikan dengan gaji 3-4 bulan pertamamu aja.

3. Biaya Seragam Ala Pramugari

Kalau masuk sekolah pramugari, biasanya ada uniformnya, kan? Itu loh seragam ala pramugari? Jangan-jangan biaya mahalnya itu karena pihak sekolah udah ngasih seragamnya sekalian.

Biar kece dan bisa bergaya di kamera selagi masih jadi siswi?

Hayoo, tebak… Kalau seragam Java Aviation Academy ada apa nggak? Kayak apa modelnya? Warnanya apa?

4. Praktek Kerja Nyata atau Magang

Biaya mahal dari sekolah pramugari juga dimungkinkan terjadi karena adanya praktek kerja nyata dan magang.

Nggak cuma perkuliahan di PTN dan PTS aja yang ada kegiatan seperti PKL dan KKN begini. Di sekolah jurusan pramugari juga ada.

Malah judulnya sekalian “magang”. Artinya jika perusahaan maskapai tempatmu magang suka sama kamu, ada kemungkinan kamu bakal sukses magangnya dan langsung ditarik jadi pekerja tetap. Asik nggak tuh?

5. Ati-Ati yang Murah itu Belum Tentu Membuahkan Hasil

Bukan maksud menakut-nakuti. Namun perlu kalian tahu kalau sekolah penerbangan yang murah-murah itu, apalagi yang jurusannya pramugari. Patut dikaji lebih dalam. Kenapa bisa murah di tengah iklim kompetisi dunia kerja begini?

Jangan-jangan malah cuma “image” doang, sekolah murah tapi malah ujung-ujungnya nggak kerja? Buat apa punya ijasah kalau ujung-ujungnya susah cari kerja?

Berapa Biaya Sekolah Pramugari di Java Aviation Academy?

Berapa Biaya Sekolah Pramugari?

Biaya sekolah pramugari, berapa?

Nah, sampai juga nih di sesi pembiayaan sekolah pramugari Java Aviation Academy. Udah tahu belum soal biaya di JAA?

Biaya Sekolah di JAA Cuma 33 Juta-an

Nggak usah panik dan cemas karena pembiayaan ini akan meringankanmu karena bisa dicicil sampai 3 kali, kalau misalnya kamu belum ada uangnya semua. Total biayanya sampai lulus cuma 33 juta-an aja, loh!

Bisa Cepat Balik Modal Kalau Rajin Nabung

Kalau mau hitung-hitungan, ini sih bisa balik modal dalam kurun waktu nggak sampai 6 bulan.

Maksudnya uang 30 juta-an ini bisa kembali padamu kalau kelak kalian udah digaji jadi pramugari Lion Air, Garuda Indonesia, Batik Air, Sriwijaya Air, Citilink atau Wings Air?

JAA kasih bocoran sedikit ya, gaji pramugari di Indonesia itu bisa tembus 25-30 juta per bulan loh? Sangat menggiurkan, kan?

Apa Iya Mahal?

Wah, wah. JAA sendiri juga masih suka heran. Kok ada ya calon pramugari ragu masuk sekolah karena dibilang biayanya mahal? Padahal gaji besar sudah menanti di depan mata.

Lingkungan Berubah, Nasib Juga Berubah

Dan pekerjaan sebagai pramugari ini cocok banget buat kalian anak muda yang pengin mengubah nasib dan lingkungan. Ada pepatah mengatakan, “nasib akan berubah, jika lingkungan sudah berubah.”

Lingkungan penerbangan itu akan mendidik mental siapa saja untuk selalu berani, disiplin, rapi, siaga dan luwes. Cocok banget buat orang-orang perfeksionis seperti kalian?

Rincian Biaya dan Pendaftaran Online Java Aviation Academy

Oh iya, untuk biaya sekolah di JAA, bisa coba klik di sini ya rinciannya. Kalau udah mantap buat daftar, bisa langsung daftar online.

Kalau masih bingung dan mau nanya-nanya, bisa langsung chat Whatsapp admin JAA di nomor ini +6281288989850. Kami tunggu, ya!

Semoga adik-adik beruntung dan sukses jadi pramugari masa depan Indonesia. Mari tingkatkan taraf hidup dengan masuk ke dunia penerbangan bersama JAA.

Apakah Sekolah Pramugari Menjamin Kerja?

Nggak ada yang namanya punya ijasah pasti ngejamin bisa kerja. Begitu pun dengan sekolah pramugari, itu nggak ngejamin sama sekali kamu bisa sukses dari tahap awal ngelamar kerja sampai akhirnya bisa terbang bersama maskapai kesayangan.

Kenapa begitu? Karena output atau hasil dari sekolah untuk masing-masing orang itu beda. Begitu pun nasibnya, ada yang beruntung dan ada pula yang kurang beruntung.

Tapi kita nggak boleh pasrah sama kondisi persaingan kerja yang nyebelin itu. Begitu pun pasrah sama takdir. Yang ada bakalan bikin maju-mundur, “iya apa nggak nih, aku bakal masuk sekolah pramugari?”

Sekolah Pramugari Ngejamin Kerja Nggak Sih?

Buat yang masih maju mundur karena bingung bikin keputusan, cuma gara-gara takut masa depan. Baiklah, sebaiknya kamu mundur aja sekalian. Karena mereka yang memutuskan sekolah pramugari hanyalah mereka yang bertekad kuat, berkemauan pasti dan senantiasa ingin memperoleh masa depan gemilang.

Optimisme harus dibangun sedini mungkin sebelum masuk sekolah jurusan apapun. Jangan sampai membuang umur hanya buat coba-coba. Nah, tapi pertanyaannya sekarang, sekolah pramugari ngejamin kerja nggak sih?

Simak baik-baik argumentasi dan opini di bawah ini. Kami sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan kerja pramugari hanya bisa memberikan wejangan seperti ini.

1. Mereka yang Sekolah Pramugari Pasti Kerja, Tapi Akhirnya Malah Keluar Sendiri

Nah, loh? Kok bisa? Ya namanya aja cewek. Ketika umur makin banyak, penginnya cepet-cepet married.

Fakta menunjukkan bahwa anak perempuan yang sekolah pramugari, kemudian jadi pramugari. Mereka pada akhirnya malah cuma kerja 2-3 tahun saja. Kemudian keluar karena alasan menikah.

2. Jadi Pramugari Kudu Tahan Jomblo

Menikah memang menjadi alasan yang paling sering membuat seorang pramugari gagal bertahan dalam profesinya.

Apalagi tuntutan dari maskapai pula bahwa seorang pramugari kudu berstatus jomblo, eh, maksudnya single!

Ya, mau bagaimana lagi, setidaknya kamu mesti tahan jadi jomblo sampai umur hampir 30 tahunan aja udah hebat.

Misalnya, kamu jadi pramugari di umur 19 tahun. Nikahnya di umur 27 tahun. Artinya masih ada waktu 8 tahun buat mengoleksi jam terbang dan tabungan kehidupan.

3. Sekolah Pramugari Ngejamin Kerja Nggak Sih|?

Ya elah,  nanya lagi. Nih, adik-adik JAA… Biar Kakak kasih tahu. Ya, kalau kalian sekolah di Java Aviation Academy pasti dijamin kerja karena networking kami bagus.

Kami bisa menjembatani kamu buat lolos seleksi kerja masuk ke maskapai impian. Ya, kami memang selalu berusaha menjembatani siswa-siswi untuk berhasil menjadi pramugari pesawat domestik maupun internasional.

4. Kenapa Bisa Ada Lulusan Sekolah Pramugari Malah Nggak Jadi Pramugari?

Kemungkinan itu bukan siswa-siswi JAA, ya! Karena kalau kalian sekolah di sini, kami akan berusaha menanamkan mindset bahwa sekolah itu harus membuahkan hasil.

Ngapain sekolah kalau ujung-ujungnya susah dapat kerja? Nah, buat kalian yang kebetulan lihat ada orang yang lulusan pramugari tapi nggak kerja. Tanya saja deh apa alasannya.

5. Masa Depan dan Jalan Hidup Ditentukan oleh Diri Sendiri

Ya, masa depan seseorang dan bagaimana jalan hidupnya itu yang menentukan diri sendiri. Sebuah lembaga pendidikan hanya mencoba menuntun langkah setelah penentuan cita-cita itu.

Di awal karir, tentu banyak pramugari junior yang merasa putus asa. Mereka terpaksa berhenti kerja demi nikah, demi menuruti keinginan ortu (yang mendadak pengin anaknya kerja di daratan aja), atau alasan lain.

6. Yang Bertahan yang Sekarang Kita Lihat Sebagai Pramugari Senior

Berapa umur seorang pramugari dan pramugara senior? Ya, umur mereka bermacam-macam. Bisa ada yang lebih dari 35 tahun. Jam terbang yang mereka kantongi sudah sangat banyak. Nggak kalah sama pilot dan kopilotnya, yang sekolah pilot di luar negeri itu loh.

Kenapa mereka bisa bertahan? Ini tak lain karena kebijakan dari maskapainya sendiri. Mungkin saja pramugari senior ini memiliki prestasi yang baik.

7. Apakah Ada Prestasi Kerja di Kalangan Pramugari?

Ya, ketika kalian memasuki dunia kerja. Prestasi kalian berbanding lurus dengan jam terbang kalian. Di mana jam terbang ini sangat mempengaruhi tingkatan gaji maupun penilaian kinerja di mata maskapai.

Setelah jam kerja, yang dinilai selanjutnya adalah attitude atau sikap. Selama seorang pramugari berkelakuan baik, maka selama itu pula ia akan dipekerjakan. Bahkan sekalipun ia telah menikah dan memiliki anak. Mereka tetap boleh kerja.

8. Tips Biar Bertahan Kerja Jadi Pramugari

Ada banyak kasus di mana seorang pramugari memutuskan menikah di usia muda. Padahal baru kerja selama 3 tahunan saja, selepas lulus sekolah.

Akhirnya mau nggak mau dia mesti resign. Tentu saja ini hal yang sangat disayangkan.

Bisa nggak sih pramugari junior menikah, tapi dia tetap kerja? Ya, sekali lagi ini tergantung kebijakan maskapai.

Larangan pernikahan itu akan tercantum di MOU surat kontrak kerja. Untuk menikah biasanya masih diperbolehkan di maskapai internasional. Hanya saja, jika hamil, tentu harus cuti. Sebab seorang ibu hamil dilarang naik pesawat terbang,

Tipsnya, biar bisa bertahan kerja adalah jangan pernah resign, jika pihak maskapai tidak melarang pernikahan.

Nikah ya nikah aja. Pas hamil cuti dulu. Ini tips yang ampuh buat bertahan hidup jadi pramugari. Ini tips yang dipraktekkan para pramugari senior.

Masalahnya adalah maskapai mana aja sih yang kayak gitu? Bolehin awak kabinnya nikah dan cuti?

Mau tahu? Kalau mau tahu, makanya sekolah dulu di Java Aviation Academy ya. Registrasinya gampang banget kok, bisa secara online di sini.

9. Berapa Gaji Pramugari?

Bicara gaji pramugari bakal bikin siapa aja bakal pengin punya profesi ini. Dan saat bicara gaji, kamu pasti mikir seribu kali buat resign, dengan alasan apapun.

Gaji pramugari di mana-mana cukup tinggi untuk menunjang kehidupan seorang perempuan muda.

10. Apakah Sekolah Pramugari Ngejamin Kerja?

Oke, setelah panjang dan lebar Q & A di atas, masuk poin terakhir. Ya, sekolah pramugari pasti menjamin kerja. Java Aviation Academy selalu ingin memberikan nasehat dan jalan terbaik bagi alumninya agar karirnya langgeng di maskapai.

Tapi semua juga tergantung pilihan hidup. Saat kalian yakin bisa mengemban profesi pramugari. Pasti kalian yakin bisa mempertahankannya.

Masuk jadi pramugari itu sulit. Jadi jangan menganggap bahwa jika kamu keluar, bakal bisa masuk lagi.

Infografis Rasio Kegagalan & Keberhasilan Lulusan Sekolah Pramugari Java VS Tidak Sekolah Pramugari

Sekolah Pramugari sedang digemari anak muda karena memberikan jaminan akan kelulusan yang pasti langsung diterima kerja.

Setidaknya itulah jargon yang diberikan oleh tiap-tiap lembaga pendidikan pramugari, kepada calon muridnya.

Tapi benarkah demikian? Apa benar mereka yang sekolah pramugari pasti dijamin kerja?

Kita tidak bisa menjawabnya dari sudut pandang yang sederhana seperti ini. Tapi harus melihat bagaimana sebenarnya peran sekolah pramugari dalam mengeluarkan output calon pramugari berkualitas.

Bahwa sekolah pramugari memang memberikan kesempatan untuk berkarir lebih mudah di masa depan. Namun bukan berarti tidak memiliki kendala.

Artinya, ada faktor “x”, “y” dan “z” yang menentukan lulusan pramugari berhasil kerja di maskapai impiannya atau tidak.

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Lulusan Sekolah Pramugari dalam Seleksi Kerja

Kerja di mana pun, tetap saja ada seleksinya. Termasuk kerja di maskapai penerbangan juga demikian.

Ketika seorang murid mempercayai lembaga pendidikannya sebagai “tempat penyaluran tenaga kerja” itu benar. Memang mereka menjamin para lulusannya untuk disalurkan dalam proses rekrutmen.

Namun proses rekrutmen di maskapai manapun mengenal prosedur. Jadi tidak ada kolusi dan nepotisme di sini. Semua murid dengan ijasah sekolah manapun diberi kesempatan yang sama untuk lolos sebagai pramugari.

Termasuk mereka yang tidak sekolah pramugari juga diberi kesempatan dan porsi yang sama. Hanya saja, untuk mereka yang tidak sekolah tentu harus berjuang lebih giat karena sama sekali tidak memiliki background pendidikan dan pelatihan.

Berikut adalah faktor-faktor xyz yang mempengaruhi lulusan pramugari diterima kerja atau tidak:

1. Faktor Psikologis

Dunia kerja pramugari tidak seperti dunia kerja lainnya yang hanya memerlukan keterampilan berpikir dan mengambil keputusan.

Faktor psikologis menyumbang peran besar diterima tidaknya lulusan sekolah pramugari dalam seleksi kerja.

Tim perekrut dari perusahaan maskapai akan melihat dulu bagaimana mental kita dan cara pandang kita terhadap profesi pramugari. Yang mana sebenarnya ini pertanyaan-pertanyaan untuk mengukur psikologi kerja.

2. Faktor Edukasi

Mereka yang berasal dari lulusan sekolah pramugari sudah pasti bakal ditanya tentang apa saja ilmu yang diperoleh selama sekolah.

Sekalipun tidak ditanya, pasti HRD akan melihat dulu apakah benar sekolah pramugari ini bisa dipercaya atau tidak. Maksudnya, almamaternya dari mana lembaga pendidikan mana nih?

Jika maskapai tersebut sudah memiliki alumni yang berasal dari lembaga pendidikan tersebut. Pastilah peluang diterima jadi lebih besar.

3. Faktor Packaging

Ini sangat penting diperhatikan bahwa maskapai penerbangan manapun sangat menilai packaging dari calon pramugarinya.

Packaging adalah bagaimana keseluruhan “look”, “skill”, “performa” dan “personality” dari calon pramugari.

Profesi pramugari menuntut kesempurnaan seorang pekerja dalam presentasi diri. Soalnya, para pramugari itu adalah garda terdepan dari komunikasi dan pelayanan kepada para penumpang pesawat.

Rasio Kegagalan dan Keberhasilan Lulusan Sekolah Pramugari dan yang Tidak Sekolah

Kita di sini akan fokus membahas bagaimana “keunggulan” sekolah pramugari dibandingkan tidak sekolah.

Apakah benar mereka yang sekolah jauh lebih berpeluang kerja dibandingkan tidak? Bagaimana rasio kegagalan dan keberhasilan lulusan sekolah pramugari?

Perhatikan infografis di bawah ini, terlihat bahwa mereka yang lulusan pramugari peluang kerjanya adalah 99%, dengan catatan mereka telah mengantongi faktor-faktor xyz seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Infografis Lulusan Sekolah Pramugari

Peluang Kerja Lulusan Sekolah Pramugari VS Tidak Sekolah

Sedangkan 1% lulusan pramugari yang mengalami kegagalan, kemungkinan karena sebab-sebab yang tidak bisa ditolerir, terutama:

  • Tingginya tingkat persaingan kerja
  • Jumlah kuota posisi pramugari yang sedikit, sedangkan pelamar pramugari sangat banyak
  • Lulusan pramugari belum memenuhi “standar packaging” dari maskapai yang bersangkutan

Mengapa mereka yang tidak sekolah pramugari menempati kemungkinan 15% diterima? Ini karena sebenarnya di dalam rekrutmen pramugari, tidak pernah disebutkan kalau pelamar harus punya ijasah sekolah pramugari.

Jadi mereka yang tidak sekolah juga bisa melamar. Tapi dalam prakteknya, jumlah pelamar yang tidak sekolah jauh lebih sedikit. Sehingga jumlah mereka yang diterima pun terkesan lebih sedikit.

Namun tentu saja, maskapai penerbangan akan melihat background pendidikan sebagai poin indikator yang penting pula. Pertimbangan mereka, para lulusan sekolah pramugari jauh lebih “matang”dan “siap kerja” daripada yang tidak.

Lulusan Java Aviation Academy dari Tahun ke Tahun

Sejak pertama kali buka pada tahun 2016, JAA telah menarik minat banyak remaja yang ingin berkarir sebagai pramugari.

Tiap tahun ada tren kenaikan jumlah peserta didik di Java Aviation Academy. Tentu saja ini terjadi karena lulusan JAA yang terbukti berhasil diterima kerja di maskapai-maskapai dalam negeri maupun luar negeri.

Berbagai testimoni telah diberikan oleh mereka untuk memberikan review tentang bagaimana proses pembelajaran di JAA telah mengubah hidup mereka dalam waktu singkat.

Bayangkan, hanya dalam waktu kurang dari satu tahun, para pemuda yang tadinya bukan siapa-siapa, mendadak berkarir cemerlang. Tentu ini adalah buah dari perjuangan mereka menempuh pendidikan di sekolah pramugari.

Infografis Rasio Kegagalan & Keberhasilan Lulusan Sekolah Pramugari Java VS Sekolah Pramugari Lainnya

Antara tingkat pendidikan dengan status pekerjaan memang saling berpengaruh.

Mereka yang sekolah jauh lebih mudah dapat pekerjaan, daripada mereka yang tidak. Apalagi kalau bicara tentang job-job formal yang terikat dengan institusi dan perusahaan.

Singkatnya, mereka yang ingin memiliki karir di perkantoran dan “berseragam”, sudah tentu syarat utamanya adalah memiliki gelar pendidikan yang sesuai.

Memang di era kemajuan ekonomi kreatif, pendidikan formal pun mengalami imbas stereotype. Di mana ada stigma yang mengatakan kalau “sekolah itu nggak perlu, yang penting kan punya skill.”

Ya, kalau ada common sense demikian di masyarakat milenial boleh saja. Masalahnya, tidak semua orang tergolong “jenius”, “gifted” dan “matang skill” begitu, kan?

Nggak semua orang adalah Ibu Susi Pudjiastuti yang dulunya hanya lulusan SMP, tapi berhasil mendirikan perusahaan maskapai penerbangan berkat kegigihan, keuletan dan kecerdasannya.

Jadi singkatnya, sekolah itu wajib, bagi yang mampu. Termasuk sekolah pramugari juga wajib, buat kalian yang mampu dan benar-benar ingin terjun secara profesional dan berkelas ke bidang pekerjaan ini.

Infografis Keberhasilan dan Kegagalan Lulusan Pramugari Java Vs Pramugari Sekolah Lain

Bagaimana ya perbandingannya, mereka yang sekolah pramugari di Java Aviation Academy dengan mereka yang sekolah di sekolah lain?

Kalian bisa melihatnya pada infografis di bawah ini:

Infografis Lulusan Pramugari Java Aviation Academy

Pramugari Lulusan Java Aviation Academy Mendominasi Lapangan Kerja di Maskapai

Dari infografis di atas terlihat bahwa lulusan Java Aviation Academy memang sanggup bersaing dengan lulusan sekolah lain saat memperebutkan posisi pramugari di berbagai maskapai.

Kalian udah siap belum nih menjadi bagian dari JAA? Yuk segera daftar aja. Caranya sangat mudah kok karena bisa daftar online di sini.

Tes & Kuis Kepribadian! Kamu Cocok Jadi Pramugari Nggak?

Tapi sebelum memutuskan masuk sekolah pramugari. Kita mesti mengecek dulu nih, kira-kira diri kita ini cocok nggak sih mengemban profesi pramugari?

Untuk mengukurnya, ayo ikuti tes dan kuis kepribadian yang udah Java Aviation Academy buat, khusus buat kalian.

Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan Berikut Ini dengan Jujur dan Santai
1.Saya pernah naik pesawat terbang
(Tidak Setuju)

(Setuju)

2.Saya tidak takut naik pesawat terbang

(Tidak Setuju)

(Setuju)

3.Saya Ingin Jadi Pramugari Karena Gajinya Besar

(Tidak Setuju)

(Setuju)

4.Saya Bercita-Cita Jadi Pramugari Sejak Kecil
(Tidak Setuju)
(Setuju)
5. Saya Suka Berpenampilan Rapi Tiap Saat

(Tidak Setuju)

(Setuju)

6. Saya Suka Mengobrol dengan Orang-Orang Baru

(Tidak Setuju)

(Setuju)

7.Saya Merasa Diri Saya Cantik dan Cocok Jadi Pramugari

(Tidak Setuju)

(Setuju)
8. Saya Fasih Berbahasa Inggris

(Tidak Setuju)

(Setuju)

9.Saya Merasa Diri Saya Disiplin dan Tepat Waktu

(Tidak Setuju)

(Setuju)

10.Saya Merasa Sempurna dan Cocok Sekali Sebagai Pramugari

(Tidak Setuju)

(Setuju)
Setelah jawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kini giliran kita hitung berapa skor kalian. Perhitungan poinnya begini:
  • Jawaban “Tidak Setuju” skornya: 1
  • Jawaban “Setuju” skornya: 2

Keterangan

  • Jika total skor kalian 18-20 poin, maka kalian sangat cocok jadi pramugari.
  • Bila skor 0-10 poin, artinya kalian tidak cocok jadi pramugari, sebaiknya pilih profesi lain
  • Bila skor 10-15 poin, artinya kalian berpotensi jadi pramugari, tapi masih ragu-ragu
  • Bila skor 16-20 poin, artinya kalian cocok banget mengemban profesi pramugari

Gimana nih teman-teman, usai ikut kuis dan tes kepribadian di atas? Makin mantap buat sekolah pramugari? Tapi baiknya kalian pelajarin dulu ciri-ciri sekolah pramugari yang terpercaya. Jangan sampai kalian salah masuk sekolah ya. Bisa brabeh urusannya nanti.

Ciri-Ciri Sekolah Pramugari Terpercaya

Gimana sih ciri-ciri sekolah pramugari yang terpercaya. Kalau yang ini, kita mesti berpegang teguh pada panduan analisis utama berikut ini:

  • Sekolah pramugari yang memiliki akta pendirian sehingga punya legalitas hukum. Ijasah sekolah yang berasal dari lembaga pendidikan pramugari begini otomatis “legitimate” alias “sah”
  • Sudah punya alumni dan terbukti lulusannya diterima bekerja
  • Memiliki biaya pendidikan yang normal dan wajar
  • Ditempuh dalam waktu yang logis, efektif dan efisien
  • Punya gedung sekolah fisik yang nyata ada

Mari kita ulas satu per satu poin kriteria di atas. Dimulai dari yang pertama, masalah akta pendirian ini sangat “urgen”.

Banyak orang menganggap bahwa seluruh sekolah pramugari itu legal. Padahal tidak… Kalian mesti hati-hati karena banyak “oknum” dan “sekelompok orang nakal” yang mengaku-ngaku sebagai balai pelatihan atau lembaga pendidikan pramugari.

Padahal mereka sama sekali tidak berkapasitas dan berkemampuan mengadakan pendidikan dan pelatihan sama sekali. Oleh karena “tidak punya akta pendirian”.

Sekolahnya tidak berbadan hukum, otomatis tergolong jenis sekolah abal-abal yang ijasahnya palsu dan “tidak terpakai” untuk melamar kerja.

Ngeri banget? Tapi kalian jangan khawatir kalau sekolah pramugari di Java Aviation Academy. Kami sudah mengantongi legalitas hukum. Mau lihat akta pendirian? Langsung buktikan sendiri dengan datang ke gedung pendidikan kami di Jakarta.

Infografis Biaya dan Fasilitas Sekolah Pramugari Java VS Sekolah A, B, C

Biaya berbanding lurus dengan fasilitas yang diperoleh. Itulah yang mesti kita ingat saat menjadi konsumen dari pelayanan publik.

Sekolah adalah lembaga pelayanan publik di bidang pendidikan. Maka sudah sewajarnya kita mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan biaya yang sudah kita keluarkan di sana.

Sekolah pramugari Java Aviation Academy juga memiliki fasilitas-fasilitas mumpuni yang membedakannya dari sekolah lain (selanjutnya kita sebut sebagai sekolah A, B, C).

Kami telah melakukan penelitian sederhana terkait pelayanan publik di Java Aviation Academy Vs tiga sekolah lain yang juga membuka jurusan pramugari.

Bagaimana perbedaan kami dengan mereka? Teman-teman akan bisa melihatnya dari infografis yang sudah kami siapkan di sini.

Infografis biaya dan fasilitas sekolah pramugari ini akan memudahkan kita dalam membandingkan “layanan” apa saja yang bisa kita dapatkan jika bersekolah di sini.

Infografis Biaya dan Fasilitas Sekolah Pramugari Java Aviation Academy Vs Sekolah Lainnya

Apa sajakah yang dapat diberikan Java Aviation Academy kepada para siswa-siswinya? Mari langsung kita simak infografis di bawah ini. Sebelum mengulasnya satu per satu.

Infografis Biaya dan Fasilitas Sekolah Pramugari Java Aviation Academy

Biaya dan Fasilitas Sekolah Pramugari di Java Aviation Academy

Di tengah menjamurnya sekolah pramugari di Indonesia, kami konsekuen dengan pertambahan jumlah murid tiap tahunnya. Bukan kami yang melonggarkan kuotanya. Namun para muridlah yang mempercayai kami membimbing mereka menjadi pramugari yang handal.

Alasan selanjutnya terbilang klasik, yaitu karena kami terletak di kota besar seperti Jakata Selatan sehingga mudah sekali dijangkau untuk seluruh siswa-siswi dari seluruh penjuru Indonesia. Oleh karena Jakarta masih menjadi tempat terbaik untuk menempuh pendidikan tinggi dan profesi.

Pembelajaran di JAA juga terasa sangat nyaman karena menempati gedung yang terpadu. Dilengkapi segala fasilitas yang membuat para murid betah belajar di sana. Seperti ruangan yang ber-AC dan format pembelajaran yang terkesan lebih friendly, dibandingkan perkuliahan profesi pada umumnya.

Segala pelayanan pendidikan ini dikemas dalam durasi yang singkat pula. Tidak memakan waktu lama, para murid bisa langsung lulus dalam waktu 3 bulan saja. Ini tentu sangat efektif karena dalam rentang 3 bulan, kurikulum pendidikan telah dipadatkan.

Pemadatan kurikulum ini dirancang dengan sistem yang memadukan teoritis 20% dan praktek 80%. Diharapkan skema ini bisa melahirkan calon pramugari yang sudah siap kerja.

Hal yang sangat dimiriskan dalam dunia kerja akhir-akhir ini adalah para lulusan sekolah pramugari terkadang masih dianggap masih mentah skill dan ilmunya oleh pihak maskapai.

Biasanya karena “murid” ini sendiri yang salah memilih sekolah. Mereka hanya termakan iming-iming “dapat kerja”. Tapi melupakan bahwa kesuksesan seorang pramugari itu dibentuk di dalam kelas yang memiliki kurikulum pembelajaran yang baik.

Rasio Keberhasilan dan Kegagalan Sekolah Pramugari Java Vs Sekolah A B C

Menghitung rasio keberhasilan dan kegagalan agak menantang. Soalnya ini bicara dalam bahasa marketing yang alot.

Kami tidak akan membahasnya dari sudut pandang lembaga sebagai penyelenggara pendidikan. Namun kami ingin mencoba mengajak kontemplasi, melihat kenyataan di luar sana.

Apakah kalian pernah mendengar ada lulusan sekolah pramugari yang tidak bekerja? Mereka punya ijasah tapi sulit mendaftar ke mana-mana?

Itu artinya ada kesalahan di masa lalu. Salah diri sendiri yang telah memilih sekolah tersebut. Hanya karena biayanya murah atau lainnya.

Inilah risiko yang harus ditanggung karena “asal pilih sekolah”. Tapi kami yakin, jika seseorang sedang membac artikel ini, artinya dia belum mengalami kegagalan di masa lalu ini.

Kami yakin, kalian adalah orang-orang yang baru pernah mau mendaftar sekolah. Untuk itu, kami ucapkan selamat datang di Java Aviation Academy. Jika membutuhkan informasi, semua informasi sudah tersedia di website kami.

Mana yang Lebih Baik? JAA atau Mereka?

Kami tidak bisa menyamakan persepsi dan pengalaman orang saat bersekolah. Tiap-tiap sekolah pramugari memiliki keunggulan masing-masing.

Tapi kami berharap, kita bisa menjadi satu keluarga di masa depan. Keluarga belajar menggapai masa depan yang cerah.

Jika ditanya, mana yang lebih baik? Java Aviation Academy atau mereka? Tentu kami akan menjawab kalau kami adalah yang terbaik.

Track record selama 4 tahun ini telah banyak mengajarkan kami sebagai lembaga tentang bagaimana harus menyambut murid baru tiap tahunnya.

Bukan hanya murid yang belajar kepada lembaga pendidikannya, namun lembaga pendidikan seperti JAA juga belajar kepada para murid-muridnya.

Kami memperhatikan bagaimana kemampuan dasar para calon pramugari dari tahun ke tahun. Selain itu kami juga mengamati bagaimana ekspektasi maskapai penerbangan terhadap para lulusan sekolah pramugari.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat