Menjadi seorang flight attendant pria atau pramugara merupakan mimpi banyak pria. Betapa tidak? Gaji yang diberikan untuk seorang flight attendant atau pramugara cukup menggiurkan. Banyak juga fasilitas yang diperoleh selama menjadi seorang pramugara loh.

pramugara citilink
crew pramugara citilink

Apalagi bila menjadi pramugara di salah satu maskapai penerbangan/ industri penerbangan besar di Indonesia misalnya maskapai ini. Citilink Indonesia yang identik dengan warna hijau ini merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia.

Nah, buat kamu yang punya mimpi untuk menjadi pramugara satu ini, kamu harus baca artikel ini sampai habis. Ada banyak hal penting yang harus kamu ketahui terkait dengan pramugara di maskapai ini.

Apakah menjadi pramugari itu sama? Baca juga 5 Trik menjadi pramugari Citilink 

Untuk menjadi seorang pramugara di maskapai Citilink, kamu harus memiliki sifat-sifat tertentu. Apa saja itu?

Pramugara Harus Berani

Flight attendant pria adalah sebuah pekerjaan yang memiliki resiko tinggi. Bahkan, kemungkinan resiko terbesarnya adalah kematian. Sehingga, untuk menjadi seorang pramugara maskapai penerbangan harus memiliki keberanian yang besar.

keberanian pramugara citilink
pramugara harus memiliki keberanian

Pramugara Harus “Seksi”

Seksi di sini maksudnya tidak harus menggunakan kaos ketat dengan menunjukkan otot ya. Nah, seksi yang harus dimiliki pramugara tentunya berbeda. Setiap pramugara Citilink harus berpenampilan menarik dan ramah dengan tutur kata yang santun.

Ini akan meningkatkan “keseksian” dari pramugara Citilink loh.  Bahkan pria ganteng akan kalah dengan pria yang “seksi”. 

Jadi, untuk menjadi pramugara Citilink, kamu tidak perlu ganteng ya, cukup perlihatkan “keseksian”-mu.

pramugara seksi
pramugara harus seksi, bukan konotasi negatif ya

Maskapai Citilink Butuh Pramugara Yang Peka

Yah, kamu bukan harus peka sama perasaan pacarmu saja. Dalam penerbangan Citilink pasti ada beberapa penumpang yang malu atau takut untuk meminta tolong atau untuk sekedar bertanya saja.

Biasanya banyak penumpang pada penerbangan Citilink yang cuma memberikan kode-kode tersendiri untuk mendapatkan bantuan.

Nah. Sebagai seorang pramugara, kamu harus peka dengan gelagat penumpang yang seperti itu ya. Bahkan tidak hanya itu, pramugara Citilink juga harus peka dengan tindakan atau perilaku penumpang yang mencurigakan.

Bisa-bisa justru malah membahayakan penerbangan Citilink nantinya.

Pramugara Harus Ceria

Ini salah satu sifat yang sangat penting bagi seorang pramugara Citilink. Keceriaan akan menjadi sebuah senjata seorang pramugara di maskapai Citilink.

Kenapa?

Sepanjang menjalankan tugasnya, seberat apapun masalah yang dihadapai, pramugara Citilink dituntut harus tetap bekerja dengan ceria karena jarang pulang kampung salah satunya. Hehe

pramugara ceria
jadi pramugara harus ceria

Pramugara dalam penerbangan Citilink yang selalu terlihat ceria akan memberikan kesan menyenangkan pada penumpang.

Bila pramugara Citilink membawa masalahnya saat bertugas, selain mengganggu kinerjanya, pramugara lainnya juga akan merasakan hal yang sama. Jadi bila kamu orang yang ceria, kamu cocok jadi pramugara Citilink.

Siap Punya Dompet Tebal

Yah, bila kamu mau menjadi pramugara Citilink, maka kamu harus siap punya dompet dan uang yang banyak.

saldo atm pramugara
saldo atm pramugara

Besaran gaji untuk seorang pramugara Citilink sangat lumayan loh.

Bahkan tunjangan yang akan diperoleh juga sangat banyak mulai dari tunjangan FATA (Flight Allowance and Travel Allowance) hingga tunjangan kerajinan dari PT Citilink Indonesia.

Siap Dilirik Banyak Cewek 

Ini juga hal yang patut dipertimbangkan. Cukup susah bila kamu dilirik banyak cewek. Maka, kamu harus benar-benar siap menerima konsekuensi bila menjadi pramugara Citilink.

pramugari bisa jadi jodoh kamu
tidak sedikit pramugari bisa jadi jodoh kamu jika jadi pramugara

Kamu akan dihadapi dengan godaan banyak cewek yang menghampirimu loh. Are you ready?

Berusaha dan Pantang Menyerah

Kenapa harus pantang menyerah? Iyalah, kamu harus tau bahwa kamu memiliki banyak saingan untuk menjadi seorang pramugara pesawat garuda indonesia group ini.

Peminat untuk mejadi pramugara di maskapai penerbangan Indonesia ini sangat banyak, sehingga persaingan akan sangat sengit.

Maka, kamu harus pantang menyerah. Secara tidak langsung, saat membaca artikel ini, kamu sedang berusaha untuk mencapai mimpimu loh.

Nah, untuk membantumu berusaha dalam mencapai mimpimu menjadi pramugara maskapai penerbangan Citilink, kami akan memberikan tips dan trik dalam seleksi penerimaan pramugara Citilink.

Simak baik-baik ya. Perlu diketahui bahwa PT Citilink Indonesia tidak mengenakan biaya pada calon pramugara Citilink yang mendaftar ya. 

Tahap pengukuran tinggi dan berat badan 

Tinggi dan berat badan seorang pramugara Citilink sangat diperhatikan. PT Citilink Indonesia mematokkan minimal tinggi yang dimiliki adalah 170 cm.

Wajar bila Citilink Indonesia tidak hanya meminta foto close up ukuran 3 x 4, tapi juga foto badan ukuran postcard saat mengumpulkan berkas selain fc kartu keluarga, fc KTP dan lain-lain. 

Tinggi badan yang sesuai dengan kualifikasi harus dibarengi dengan berat badan ideal. Bila tinggi badanmu 170 cm, maka berat badan proporsionalmu adalah 70 cm.

tinggi pramugara
pramugara memiliki fisik yang tidak berlebih dan tidak kurang

Untuk menjadi pramugara pesawat Citilink, berat badan ideal itu apabila tinggi dan berat badan memiliki selisih 100. Bagaimana tubuhmu? Silahkan dihitung sendiri ya.

Tahap performance 

Kamu harus berpenampilan menarik dan ramah. Tata krama, cara berjalan, cara senyummu hingga cara berdirimu akan dinilai oleh pihak maskapai Citilink.

bahasa mandarin
bahasa mandarin menjadi bahasa no 2 di dunia

Tidak hanya itu, kamu diminta untuk memperkenalkan dirimu dengan berbahasa asing seperti berbahasa inggris dan mandarin jepang korea secara singkat, apabila diperlukan.

Pada tahap ini, kamu harus terlihat ceria dan ramah, tentunya dengan batas wajar.

Berikan senyuman terbaikmu ya. Ingat, sebaiknya kamu tidak mengaktifkan telepon genggam.

Psikotes dan Bahasa Inggris 

Tahap ini dilakukan untuk melihat tingkat emosi yang kamu miliki. Biasanya, psikotes dilakukan dengan memberikan soal untuk menghitung cepat.

Tidak hanya itu, maskapai Citilink akan memintamu untuk menggambar sesuatu yang kamu senangi untuk melihat bagaimana kerapianmu.

Jadi, kerjakan dengan tenang dan santai ya, jangan terburu-buru.

Seorang pramugara Citilink dituntut unutuk bisa berbahasa asing, terutama berbahasa inggris. Jadi, setelah psikotes, kamu akan diminta untuk menyelesaikan soal bahasa inggris sekitar 50 soal.

Semua soal bahasa inggris yang diberikan berkaitan dengan dunia penerbangan terutama tentang pramugara dan maskapai Citilink.

Jadi, belajar ya.

Interview

Tahapan ini juga yang paling ditakuti oleh kebanyakan calon pramugara Citilink.

Betapa tidak? Kamu akan dihadapkan dengan Direksi PT Citilink Indonesia dan orang-orang penting lainnya.

Sepanjang wawancara, kamu akan diajak untuk berbahasa inggris.

interview pramugara
interview pramugara harus bisa mengendalikan mental ya

Pertanyaan yang diberikanpun cukup banyak.

Mulai dari biodata pribadi, alasan ingin bergabung, pengalaman hidup, nama-nama bandar udara di Indonesia hingga pertanyaan seputar dunia pramugara.

Pewawancara juga menguji pengetahuanmu tentang maskapai Citilink misalnya apa baju pramugara maskapai Citilink, apa saja tugas pramugara Citilink, kemana saja rute penerbangan Citilink dan lain sebagainya.

Jadi, sebelum kamu melakukan wawancara, sangat dianjurkan untuk belajar ya.

Perdalam pengetahuanmu tentang dunia penerbangan Indonesia terkhusus pramugara Citilink.

Pelajari informasi tentang PT Citilink Indonesia. Kamu juga harus perkuat alasan kenapa ingin menjadi pramugara Citilink. Satu hal yang perlu kamu ingat saat wawancara, tetaplah tenang dengan memberikan jawaban terbaikmu.

Tebarkan senyuman “terseksimu” ya.

Ingat sebaiknya jangan mengaktifkan telepon genggam ya.

Medical Check Up 

Pada tahap ini, kesehatanmu akan diperiksa secara keseluruhan, mulai dari kesehatan mata (buta warna), gigi, pendengaran, tekanan darah, jantung, paru-paru, urin hingga pernapasan.

medex pramugara
medex pramugara di balkes dinas perhubungan udara

Tenang, PT Citilink Indonesia masih ada toleransi untuk kamu yang memiliki penyakit ringan seperti asma dan lain-lain.

Namun, bila kamu memiliki penyakit yang tergolong berat, kamu tidak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Jadi, mulai sekarang, jaga pola hidupmu biar sehat jasmani dan rohani ya.

Pantukhir (Pantauan Akhir) 

Ini merupakan tahap terakhir yang cukup singkat tapi asli bikin mendebarkan bagi calon pramugara Citilink. Biasanya kamu akan mulai dinilai saat masuk kedalam ruangan, bagaimana sikap dan etikamu.

Selanjutnya kamu diminta untuk memperkenalkan diri secara singkat. Terkadang kamu juga ditanyai beberapa pertanyaan kecil.

Kamu ikuti saja instruksi dan tentunya memberikan sikap yang baik pada pihak maskapai Citilink ya.

Nah, itu tadi tahapan seleksi yang harus kamu jalani untuk menjadi pramugara maskapai penerbangan. Walaupun sulit, kamu tetap harus berusaha dan pantang menyerah ya.

Bila ada kemauan pasti ada jalan. Bila kamu pantang menyerah, pasti selalu ada jalan dan solusi.

Solusi Pasti Menjadi Pramugara

Kami, Java Aviation Academy, membantumu menggapai mimpi 

Java Aviation Academy adalah sekolah flight attendant atau pramugara yang bisa membantumu meraih mimpi.

alumni java aviation bersama tim pengajar
alumni java aviation bersama tim pengajar java aviation yang sudah lebih dari 20th di dunia penerbangan yang akan membantu kamu. Sumber dokumentasi kita, bukan dari akun twitter balikpapanku ya 😀

Kami telah lama berdiri dengan telah banyak meluluskan alumni yang kini bekerja di berbagai maskapai penerbangan Indonesia termasuk maskapai penerbangan PT Citilink Indonesia.

Selain membantumu dalam membekalimu akan pengetahuan untuk menjadi flight attendant zero hour yang professional, kami juga akan menjembatanimu untuk menjadi bagian dari PT Citilink Indonesia.

Java Aviation Acdemy akan mengasah kemampuanmu dalam bidang pramugara.

Tentunya, dengan 7 trik di atas yang kamu miliki, kami akan membantumu semakin dekat untuk memperoleh pekerjaan yang kamu mimpikan yaitu menjadi seorang pramugara pesawat garuda indonesia group itu bersama sekolah pramugari pramugara terbaik

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat