Tahapan Tes Seleksi Pramugari di Indonesia, 7 Tahapan Tes Seleksi Pramugari di Indonesia">

Pramugari merupakan salah satu profesi yang banyak diinginkan oleh para wanita remaja. Selain mendapatkan salary yang tingi, pramugari juga berkesempatan untuk keliling Indonesia bahkan dunia tanpa harus mengeluarkan dana dari kantong pribadi. Oleh sebab itu profesi ini sering menjadi perebutan banyak wanita. Tidak sedikit dari mereka gagal dalam lulus menjadi pramugari. Didalam menjadi pramugari, seorang pendaftar harus lulus di setiap tes masuk pramugari. Ada beragam jenis tes seleksi pramugari yang ada di Indonesia. Setiap tahanpan tes berlaku sistem gugur, dimana jika ada satu tahapan saja yang tidak lulus maka pendaftar tersebut akan gugur atau gagal menjadi pramugari. Oleh sebab itu diperlukan kesiapan mental, fisik, pengetahuan dan sebagainya untuk menghadapi tahapan tes seleksi pramugari. Pada artikel ini akan dibahas tentang 7 tahapan tes seleksi pramugari di Indonesia.

Tes seleksi pramugari ini merupakan salah satu cara dalam menghasilkan pramugari – pramugari yang ramah, berkualitas dan terpercaya. Seorang pendaftar harus lulus di setiap tahapan tes seleksi untuk bisa menjadi seorang pramugari. Jika kamu bercita – cita menjadi pramugari maka anda harus mempersiapkan sedemikian rupa agar lulusdi setiap tahapan tes seleksi pramugari. Berikut ini 7 tahapan tes seleksi pramugari di Indonesia, antara lain:

1.     Tes Penampilan Pramugari

Setiap pramugari diwajibka untuk ramah dan berpenampilan menarik. Tes tahapan ini menilai calon pramugari dengan melihat berat badan, tinggi badan, make up, gaya komunikasi cara berpakaian dan bahkan cara kamu berjalan juga dinilai oleh tim penilai.

Suasana Tes Pramugari Garuda Indonesia

2.     Tes Psikologi Pramugari

Selain penampilan menarik, soerang pramugari harussehati secara jehat secara rohani. Psikotes ini pada dasarnya seperti tes psikologi lainnya. Tes ini juga ditambahkan dengan tes kemampuan berbahasa inggris. Untuk tes psikologi sendiri berupa tes menggambar, tes kepribadian, dan tes bakat.  Tahapan tes ini sering menjadi momok orang dalam mengikuti seleksi pramugari. Hal ini dikarenakan tes ini yang paling banyak orang gagal untuk mengikuti tahapan tes seleksi pramugari selanjutnya.

Suasana Tes Psikotes Pramugari

3.     Tes Wawancara User

Tahapan seleksi pramugari selanjutnya adalah tes wawancara user. Tes ini biasanya ditanyakan terkait seberapa jauh kamu mengenal maskapai penerbangan yang kamu lamar. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu persiapkan terlebih dahulu pengetahuan dan pemahaman kamu terkait maskapai penerbangan yang kamu lamar. Hal ini akan membantu kamu jika kamu nantinya ditanya oleh user.

Suasana Menunggu Tes Wawancara

4.     Tes Wawancara Kompetensi

Selain tes wawancara user, tahapan selanjutnya juga masih ada tes wawancara yaitu tes wawancara kompetensi. Dimana tes wawancara ini, nantinya kamu guys akan ditanya terkait pengalaman pribadi kamu. Dari pengalaman tersebut, seorang interviewer akan mengetahui kemampuan kamu sehingga nantinya akan terlihat apakah kamu layak menjadi pramugari atau tidak.

Suasana Tes Psikotes & Biasanya dilanjutkan Wawancara Kompetensi

5.     Tes Kesehatan

Tahapan tes selanjutnya yang tak kalah penting adalah tes kesehatan. Untuk bekerja sebagai pramugari diwajibkan sehat jasmani dan rohani, sehingga setiap orang yang melamar menjadi pramugari akan dilakukan tes kesehatan. Tes kesehatan untuk menjadi pramugari mulai dari ECG ( untuk kesehatan jantung), mata, darah, urine, paru – paru, pernapasan, gigi, pendengaran, tulang dan kesehatan secara fisik.

Suasana Calon Pramugari Tes Kesehatan

Jika Lulus Medex (Medical Examination) Calon Pramugari Mendapatkan Sertifikat, Sebagai Syarat Wajib Untuk Terbang

6.     Tes Aspek Keamanan (Background Check)

Tes aspek keamanan ini meliputi pemeriksaan data, dokumen – dokumen pribadi seperti KTP, ijazah, surat keterangan belum nikah dan surat izin dari orang tua yang telah ditandatangani diatas materai. Pada tahapan tes ini terdapat beberapa pertanyaan terkait wawasan nusantara seperti NKRI, pancasila, undang – undang dan sejenisnya.

Dokumen-Dokumen Pendukung Syarat Wajib Bagi Pramugari, Untuk Memastikan Background atau Keturunan Bukan Teroris atau Jaringan ISIS (Dan Sejenisnya)

7.     Tes Pantuhir

Tahapan tes terakhir untuk menjadi pramugari ini yang paling menegangkan karena tes ini akan berhadapan langsung dengan jajaran direksi. Jajaran direksi ini langusng dari maskapai penerbangan yang kamu lamar. Meskipun kamu langsung ketemu dan ditanya oleh bosnya, kamu harus tetap tenang dan sopan dalam menjawab setiap pertanyaannya guys.

Suasana Tes Pantukhir Calon Pramugari Garuda Indonesia

Seperti itulah 7 tahapan tes seleksi pramugari di Indonesia. Jika kamu ingin menjadi pramugari maka kamu harus mulai sekarang mempersiapkan diri agar kamu bisa lulus dan menjadi pramugari guys. Karena persiapan untuk menjadi pramugari tidaklah mudah namun ada TRIK untuk mempersiapkannya, kamu bisa bergabung bersama Java Aviation Academy yang akan membantu kamu mempersiapkan menjadi seorang pramugari / pramugara professional!

error: Content is protected !!
WhatsApp chat