sekolah pramugari, 7 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Pramugari

Sekolah Pramugari, Beragam hal pasti dirasakan oleh mereka yang berprofesi sebagai pramugari. Tak jarang hal-hal tersebut sering mendapat ‘kecemburuan’ dari mereka yang mendambakan profesi serupa. Namun bagi Anda yang sudah berprofesi sebagai pramugari, 7 hal di bawah ini pasti sudah kerap Anda lalui.

Label ‘cantik, rapi, ramah dan pintar’ sudah pasti disematkan para pramugari. Sosoknya yang menjadi pusat perhatian kala di pesawat juga nggak asing lagi. Tapi tahukah Anda, bahwa banyak hal-hal yang tidak semudah kelihatannya, bahkan stigma negarif tentang pramugari di masyarakat juga nggak sedikit.

Eits, meskipun demikian profesi ini sangat berjasa lho bagi para penumpang pesawat. Ketrampilan yang dibekalkan pada pramugari, membuat mereka sudah tahan menghadapi segala tantangan yang ada di pesawat, bahkan seperti membantu persalinan lho. Mau tau apa saja sih yang sering dialami pramugari, atau Anda perlu mempersiapkan diri sebagai pramugari? Simak 7 hal yang pasti akan dialami oleh pramugari di bawah ini yuk!

1. Survival di Sekolah Pramugari

Bekal utama yang harus dikuasai oleh pramugari adalah survival yang didapat dari latihan survival saat berada di sekolah pramugari. Apa guna latihan survival bagi pramugari? Bukan kah mereka selalu ada di dalam pesawat dan ruangan?

Latihan survival yang dipelajari di sekolah pramugari berguna untuk bertahan dalam kondisi apapun. Termasuk kecelakaan atau suatu hal yang tidak diinginkan lainnya. Meskipun namanya adalah latihan survival, tentu tiap masing-masing sekolah pramugari, seperti JAA (Java Aviation Academy) sudah menyiapkan latihan survival yang sesuai dengan siswa-siswa mereka.

sekolah pramugari, 7 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Pramugari

Latihan Survival Pramugari

2. Terbiasa Tampil Rapi & Cantik lewat Sekolah Pramugari

Pramugari terbias tampil rapi serta cantik. Hal ini memang sudah merupakan standar yang harus dipatuhi oleh setiap pramugari. Selain cantik, pramugari juga harus ramah. Maka dari itu, mereka, calon pramugari yang telah lebih dahulu mengenyam pendidikan di sekolah pramugari tentu sudah terbiasa.

Baca  7 Syarat Utama Menjadi Pramugari

Sekolah pramugari yang terbaik dan mengikuti perkembangan jaman tentu sudah ‘katam’ untuk tampil cantik, rapi dan ramah, seperti JAA. Di JAA, tiap-tiap siswanya akan dibekali dengan table manners dan beauty class. Apalagi JAA juga memberikan kebebasan bagi setiap muridnya untuk menggunakan produk beauty class yang sesuai dengan mereka.

sekolah pramugari, 7 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Pramugari

Pramugari Selalu Berpenampilan Rapi

3. Berseragam Sesuai Maskapai

Penampilan pramugari juga harus sesuai satu sama lain, karena itulah setiap maskapai akan menyiapkan seragam untuk para pramugari mereka. Setiap pramugari juga harus menjaga pola makan mereka, sehingga penampilan mereka tetap terlihat ideal dan cantik.

Meskipun demikian, mereka tidak diharuskan untuk melakukan diet. Jadi tenang saja, pramugari tidak se-menyeramkan cerita-cerita di internet kok!

sekolah pramugari, 7 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Pramugari

Seragam Pramugari Garuda Indonesia

4. Melakukan Brifing Sebelum Bertugas

Yap benar, sebelum pramugari dan kru pesawat lainnya bertugas, mereka akan melakuka brifing. Brifing digunakan untuk memastikan kesiapan setiap personel yang ada di pesawat, sehingga saat pesawat akan take off nantinya tidak ada yang tertinggal atau lupa melakukan suatu hal.

Biasanya, saat melakukan brifing, pramugari akan diberikan 2 pertanyaan, yaitu hal terkait medis serta hal yang harus dilakukan saat pesawat ataupun penumpang dalam kondisi darurat.

sekolah pramugari, 7 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Pramugari

Briefing Sebelum Take Off

5. Berasal dari Berbagai Pekerjaan dan Berakhir di Sekolah Pramugari

Tahukah Anda, bahwa pramugari tidak hanya berasal dari mereka yang lulus SMA atau kuliah saja?

Pramugari berasal dari beragam profesi, seperti perawat, guru, dosen atau pengacara dan sejenisnya. Mereka yang memutuskan keluar dari pekerjaan sebelumnya juga tetap harus mengikuti sekolah pramugari, seperti JAA. Hal ini bertujuan untuk memberikan pendidikan secara mendasar kepada mereka tentang seluk-beluk menjadi pramugari yang sebenarnya.

sekolah pramugari, 7 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Pramugari

Beragam Profesi Bisa Jadi Pramugari

6. Ucapan “Terima kasih” yang Jarang di Dapat

Nah ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan ketika naik pesawat. Yap, benar, megucapkan terima kasih kepada pramugari. Pramugari sering kali hanya mendapat kritikan dan omelan dari penumpang serta jarang mendapatkan ucapan terima kasih. Padahal, sedikit senyum dan ucapan terima kasih sangat berarti bagi pramugari.

Baca  4 Tips Penting Memilih Sekolah Pramugari Terbaik

Meskipun begitu, pramugari akan tetap bersikap ramah kepada setiap penumpang. Strong banget ya mereka itu!

sekolah pramugari, 7 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Pramugari

Tanggung Jawab Pramugari

7. Mampu Membantu Proses Persalinan

Satu hal lagi yang perlu Anda apresiasi atas kemapuan pramugari, yaitu mereka dapat membantu proses persalinan saat di udara. Proses persalinan juga dilakukan saat pesawat mengudara. Bagaimana? hebat bukan?

sekolah pramugari, 7 Hal yang Pasti Dirasakan Oleh Pramugari

Persalinan di Pesawat

Demikianlah 7 hal yang pasti dirasakan oleh pramugari. Ingat pilihlah sekolah pramugari yang pasti kualitasnya, sehingga Anda tidak salah jalan, seperti JAA. See you soon ya!

error: Content is protected !!
WhatsApp chat